Workshop SPMI Tahun 2022: Bersama Mengawal Mutu

Workshop SPMI Tahun 2022: Bersama Mengawal Mutu

UNISNU.ac.id – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Universitas Islam Nahdaltul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA) mengadakan kegiatan Workshop Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Tahun 2022 dengan tema “Bersama Mengawal Mutu”. Senin (8/8/2022) di Ruang Seminar Gedung Pascasarjana Unisnu Jepara. Kegiatan ini juga ditayangkan secara langsung di kanal YouTube Unisnu Jepara Channel (Klik - Workshop SPMI 2022)

Workshop SPMI 2022 dilaksanakan dengan tujuan memberikan persepsi yang sama terhadap pimpinan di lingkungan Unisnu Jepara terkait tugas dan wewenang masing-masing dalam upaya melakukan penjaminan mutu, memberikan gambaran terbaik tentang pengelolaan penjaminan mutu serta peran pimpinan Perguruan Tinggi dalam mengawal mutu, menyiapkan konsep tindak lanjut hasil evaluasi (AMI) yang efektif, menyiapkan konsep tentang metode evaluasi ketercapaian standar, dan menjelaskan teknis penyusunan IKT UPPS (Fakultas).

Kegiatan yang dihadiri oleh 57 peserta dari unsur pimpinan Unisnu Jepara, mulai dari Rektor, para Wakilo Rektor, para Kepala Biro, Direktur Program Pascasarjana, para Dekan, para Ketua Prodi, Ketua UPM dan Ketua GKM dilingkungan Unisnu Jepara. Workshop SPMI 2022 mengahdirkan narasumber ahli dan berpengalaman dalam bidang penjaminan mutu, yakni Prof. Dr. Intiyas Utami, SE.,M.Si.,Ak., CA.,CMA.,QIA. Beliau merupakan Kepala LPM Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Periode 2020-2022, Asesor BAN PT, dan pada 30 Juli 2022 lalu terpilih sebagai sebagai Rektor UKSW Salatiga periode 2022-2027.

Workshop SPMI 2022 (LPM Unisnu Jepara) C

Narasumber menyampaikan beberapa materi dalam 2 (dua) sesi, diantaranya: Teori tentang Tata Kelola Penjaminan Mutu PT, Teori tentang Audit Mutu Internal dan Tindak Lanjutnya dan Teori dan Praktik Penyusunan IKT UPPS (Fakultas). Sehingga, selain teori juga akan diberikan praktik terkait penyusunan dokumen IKT Fakultas.

Kepala LPM Yanto, S.E., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu harapan dan tujuan dalam pelaksanaan Workshop SPMI 2022 adalah meningkatkan semangat dalam melakukan penjaminan mutu menuju Unisnu Unggul. Beliau juga menambahkan bahwa kondisi penjaminan mutu saat ini dibaratkan seperti senapan yang sudah kehabisan peluru, sehingga perlu diisi peluru atau amunisi  kembali. “semoga dengan workshop ini dapat menambah semangat kita dalam melakukan penjaminan mutu di Unisnu jepara sehingga dapat membawa unisnu menuju unggul.” ujar beliau.

Rektor UNISNU Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan selamat atas terpilihnya Prof. Dr. Intiyas Utami, S.E., M.Si sebagai Rektor UKSW Salatiga Periode 2022-2027. Selain itu, Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan Workshop SPMI 2022 seperti ini adalah salah satu upaya membangun paradigma keteraturan atau kesetiaan atau dengan kata lain Istiqomah. Sehingga diharapkan dalam melakukan penjaminan mutu dapat selalu istiqomah dan berkelanjutan.

Workshop SPMI 2022 merupakan upaya awal untuk membangun dan menata kembali pengelolaan penjaminan mutu di Unisnu Jepara. Sinergitas dan komitmen pimpinan perguruan tinggi menjadi catatan penting dalam Workshop, sehingga dalam siklus PPEPP tidak hanya selesai pada evaluasi tetapi dapat di tindaklanjuti pada pengendalian dan peningkatan untuk menuju perguruan tinggi yang unggul.