UPT Pengembangan Bahasa Adakan English Camp, 10 Mahasiswa UNISNU JEPARA Jadi Trainer

UNISNU.ac.id – UPT Pengembangan Bahasa UNISNU JEPARA mengadakan "English Camp" untuk siswa tingkat SMP/SMA. Senin-Rabu, 26-28 Desember 2022, dilaksanakan di dua tempat yakni Laboratorium UPT Pengembangan Bahasa dan Rumah Kaligrafi Pink El Surayya Art, Jepara. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari  Genius Bahagia (Gen A), Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah Jepara (FOSIS) dan E-Cho homemade food

English Camp merupakan agenda rutin setiap tahun yang diadakan UPT Pengembangan Bahasa UNISNU JEPARA, tujuan diadakannya kegiatan tersebut yakni memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk mengasah keterampilan mengajar Bahasa Inggris.

Kegiatan ini diikuti 20 peserta yang berasal dari berbagai kota mulai dari Jepara, Kudus, Pati hingga Bogor. Terdapat sepuluh trainer yang terpilih, yakni Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) setelah lolos seleksi yang dilaksanakan UPT Pengembangan Bahasa UNISNU JEPARA, kriteria seleksi yang dilakukan yakni kemampuan bahasa Inggris aktif dan pasif, pengalaman mengajar, kemampuan mengaplikasikan teknologi sebagai media pembelajaran, dan kreatif serta inovatif.

Kesepuluh Mahasiswa tersebut yakni, Dina Alifia Nisa', Nailatul Aziza, Muhammad Najih Al Azizi, Muhammad Danis Sayogo, Syayidah Maulidatul Ulya, Yuliatus Sholihah, Rizka Nur Awwaliyah, Amna Falak Awan, Indah Nuraini, Devin Bilvaaza.

kepala UPT Pengembangan Bahasa UNISNU JEPARA Aprilia Riyana Putri, M.Pd., menyampaikan bahwa bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi serta berinteraksi di kancah Internasional. Hal ini merupakan kebutuhan dasar yang perlu di miliki sebagai bekal untuk menghadapi tantangan dan perubahan zaman.

"Kegiatan English camp yang hanya terhitung tiga hari ini banyak sekali benefit yang di dapatkan. Peserta mendapatkan program menarik yang sudah di susun oleh para trainer, diawali dengan watching movie di Laboratorium UPT Pengembangan Bahasa, dilanjutkan di Rumah Kaligrafi Pink El Surayya Art dengan agenda program listening to music, interactive games, speaking time dan juga farewell party sebagai malam inagurasi”. Terang Kepala UPT Pengembangan Bahasa.

Tidak hanya itu, peserta English Camp mendapatkan tips dan trik beasiswa ke luar negeri dan belajar bahasa Korea dasar dari pemateri Nihayatus Sa'adah, S.Pd. yang merupakan lulusan Prodi PBI UNISNU JEPARA angkatan pertama yang berhasil meraih beasiswa S2 di Korea.

Peserta juga mendapatkan kesempatan belajar bahasa Inggris melalui cooking class yang didampingi chef Elvira Muna dari Echo homemade yang juga jago berbahasa Inggris, dan masih banyak program seru lainnya.

Amna Falak Awan, salah satu trainer mahasiswa prodi PBI yang berasal dari paskistan mengungkapkan bahwa lolops seleksi menjadi trainer pada kegiatan English camp merupakan pengalaman yang luar biasa. “Senang sekali menjadi bagian dari program English camp karena selain mendapatkan pengalaman, kenalan baru, juga mengasah ketrampilan dalam mengajar”. Ungkapnya

Menurut Nizar Rafi Ashidiq, salah satu peserta English Camp mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat seru dan menyenangkan. "Saya mendapatkan teman baru, ilmu dan pengalaman yang menyenangkan seperti mondok. Jika ada event seperti ini lagi tentu saya akan mengikutinya karena sangat menyenangkan," ujarnya. (Milla/Zak)