Unisnu Terjunkan Peserta KKN Angkatan XIII

Unisnu Terjunkan Peserta KKN Angkatan XIII

Senin (25/7), dilaksanakan upacara pengarahan dan penerjunan Program Kuliah Kerja Nyata Unisnu Jepara Angkatan XIII Tahun 2022 yang dihadiri secara virtual oleh Bupati Jepara, Demak, dan Blora, serta secara luring oleh Rektor Unisnu Jepara, Wakil Rektor, Dekan, Kepala Lembaga, Kepala Biro dan segenap pejabat Struktural Unisnu Jepara, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), serta sejumlah 528 mahasiswa peserta KKN. KKN Unisnu Jepara Angkatan XIII Tahun 2022 akan berlangsung pada tanggal 25 Juli sampai dengan 31 Agustus 2022.

Bertemakan “Membumikan Nilai Aswaja An-Nahdliyyah Melalui Pemberdayaan Ekonomi, Sosial, Inovasi Teknologi, dan Literasi Masyarakat”, kegiatan upacara penerjunan diselenggarakan di Lapangan Basket Unisnu Jepara dan secara daring pada platform Zoom dan kanal Youtube Unisnu Jepara Channel. 

Laporan Kepala LPPM oleh Dr. Sisno Riyoko, M.M., pada angkatan ini, Unisnu Jepara menerjunkan 528 mahasiswa KKN yang dibimbing oleh 36 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Program ini akan dilaksanakan di 3 Kabupaten yaitu Jepara (24 Desa), Demak (8 Desa), Blora (4 Desa), dengan rincian jumlah mahasiswa: 60 Mahasiswa di Kecamatan Kunduran Blora, 120 mahasiswa di Kecamatan Wedung Demak, dan 348 mahasiswa di 4 Kecamatan Kabupaten Jepara.


“Semangat adalah bekal yang kita miliki, bersifat ruhaniyah dan akan diaktualisasikan. Ketika nanti akan menerapkan program-program KKN, harapannya mahasiswa memegang teguh nilai-nilai cendekia dan berakhlakul karimah berlandaskan Ahlusunnah wal jamaah (Aswaja).” Ujar Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., Rektor Unisnu Jepara. Dalam arahannya, Rektor Unisnu Jepara mengajak mahasiswa untuk update kreatifitas mencari solusi, dan tidak melupakan memberi salam, ta'aruf dengan masyarakat, serta senantiasa membumikan nilai-nilai aswaja lainnya. Semata-mata untuk meraih ridho Allah.

Dilakukan penyematan atribut KKN kepada perwakilan peserta dilakukan oleh Rektor, Wakil Rektor, Kepala LPPM, dan Ketua Panitia Pelaksana KKN Unisnu Jepara. Sebagai bentuk pemberian dukungan, dan kepercayaan kepada peserta KKN untuk memberi kontribusi secara nyata dalam menyelesaikan berbagai persoalan di masyarakat. Acara ditutup dengan penerjunan secara simbolis dengan melepas balon udara oleh Rektor Unisnu Jepara. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan Do’a.

Sinergitas pihak Perguruan Tinggi, Pemerintah, dan Masyarakat dengan konsep pemberdayaan ekonomi, sosial, inovasi teknologi, dan literasi diharapkan mampu menjawab berbagai tantangan zaman.  (Panitia KKN)