Unisnu Menjadi Nomine 1 Penghargaan Prasidatama 2020

Unisnu Menjadi Nomine 1 Penghargaan Prasidatama 2020

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menjadi Nomine 1 dalam ajang Penghargaan Prasidatama 2020 kategori Penggunaan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Prasidatama 2020 merupakan penghargaan yang diberikan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah kepada instansi atau lembaga, dan tokoh yang dinilai berpengaruh dan berkomitmen untuk memartabatkan Bahasa dan Sastra Indonesia. 

Penghargaan Prasidatama diberikan Balai Bahasa Jateng setiap tahun untuk memeriahkan Bulan Bahasa yang diperingati setiap Oktober. Penghargaan Prasidatama tahun 2020 sedikit berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya, di mana tahun ini Prasidatama juga diberikan kepada tiga lembaga, yakni rumah sakit kabupaten/kota, kepolisian resor, dan perguruan tinggi di wilayah Provinsi Jawa tengah. 

Penyerahan penghargaan Prasidatama 2020 dilaksanakan di Hotel Patra Jasa Semarang pada Rabu, (21/10/2020). Kepala UPT Pusat Bahasa Unisnu Jepara Nina Sofiana.,S.Pd., M.Pd. hadir sebagai perwakilan Unisnu Jepara. Penyerahan Penghargaan Prasidatama 2020 juga disiarkan langsung melalui kanal YouTube dan media sosial Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah.

“Alhamdulillah bisa menjadi nomine 1. Meskipun belum jadi pemenang, dan hanya di posisi nomine 1 (juara 2), akan tetapi ini bisa memotivasi kita untuk selalu memperbaiki diri menjadi lebih baik, sesuai dengan makna Prasidatama -menjadi lebih baik-” Ujar Kepala UPT Pusat Bahasa Unisnu Jepara Nina Sofiana.,S.Pd., M.Pd.,. Lebih lanjut beliau juga berharap kedepannya Unisnu tetap istiqomah berkomitmen untuk memartabatkan Bahasa Indonesia, karena bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa. “Sesuai dengan amanat UU No.24/2009, UPT Pusat Bahasa akan menjalankan intisari dari undang – undang tersebut yakni Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing” Pungkasnya.

Selain kategori instansi atau lembaga, tahun ini Prasidatama juga diberikan kepada tiga buku sastra terbaik, yakni kategori antologi puisi, antologi cerpen, dan novel. Kategori yang terdapat dalam Prasidatama adalah kategori perguruan tinggi, Kategori Kepolisian Resor, Kategori Rumah Sakit, Kategori Puisi, Kategori Novel, dan juga Kategori Cerpen.