UNISNU JEPARA Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan Pemkab Pati

UNISNU.ac.id – Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA) menindaklanjuti kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pati. Tindak lanjut tersebut diwujudkan dengan jalinan kerja sama yang disepakati oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNISNU JEPARA dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pati.

UNISNU JEPARA telah melakukan penandatanganan MoU secara desk to desk dengan Pemerintah kabupaten Pati pada 5 November 2021 tentang Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Pati. Untuk membangun dan memperkuat sinergitas jalinan kerja sama tersebut, LPPM UNISNU JEPARA menyepakati perjanjian kerja sama dengan Bappeda Kabupaten Pati.

Kesepakatan antara LPPM UNISNU JEPARA dengan Bappeda Kabupaten Pati ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama oleh kepala LPPM UNISNU JEPARA Dr. Sisno Riyoko., S.E., M.M., dengan Kepala Bappeda Kabupaten Pati Dr. Muhtar, S.I.P., M.M., Selasa (20/12/2022) di ruang seminar gedung rektorat Unisnu Jepara. Obyek Perjanjian ini adalah pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata di Kabupaten Pati.

Prosesi penandatanganan perjanjian kerja sama dihadiri oleh Rektor UNISNU JEPARA Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., Wakil Rektor Bidang I, Wakil Rektor Bidang III, Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksanaan KKN, Kepala Biro Bidang Hukum dan Kerja Sama UNISNU JEPARA, serta dari unsur Bappeda Kabupaten Pati yakni Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Rektor UNISNU JEPARA bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas terlaksananya penandatanganan perjanjian kerja sama antara LPPM UNISNU JEPARA dengan Bappeda Kabupaten Pati. “Merupakan suatu kemajuan yang patut disyukuri, karena ruang lingkup Tri Dharma UNISNU JEPARA akan semakin meluas, kolaborasi dan kemitraan merupakan suatu keniscayaan yang tentunya perlu dikembangkan”. Ungkap Rektor

“Harapan kami, kedepan tidak hanya kerja sama dalam pelaksanaan KKN, tetapi bisa berkembang ke ranah penelitian, atau pengabdian yang lain karena UNISNU JEPARA juga mempunyai sekolah BUMDes yang bisa diaplikasikan di Kabupaten Pati”. Pungkas Rektor .

Sementara itu Kepala Bappeda Kabupaten Pati mengemukakan harapannya. “Semoga kerja sama ini menjadi keberkahan bagi kita semua, menumbuhkan sinergitas yang berada pada simbiosis mutualisme”.

“Kedepan tidak hanya dalam ranah KKN, karena saya yakin bahwa akademisi mempunyai banyak kompetensi yang bisa dioptimalkan dalam rangka mendukung percepatan pengembangan di daerah. Daerah juga  mempunyai potensi yang bisa dikolaborasikan dalam rangka mendukung percepatan dan pengembangan program di kampus”. Terang Kepala Bappeda Kabupaten Pati.

UNISNU JEPARA akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata angkatan XIV Tahun 2023 dengan tema “Meneguhkan Peran Kader Aswaja An-Nahdliyyah dalam Pemberdayaan Masyarakat” yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Januari - 28 Februari 2023. Dalam hal ini, tiga Desa di Kecamatan Cluwak, Pati akan menjadi lokasi mahasiswa UNISNU JEPARA untuk mengabdikan diri, ketiga desa tersebut adalah Mojo, Payak dan Sirahan.

Sebanyak 776 peserta KKN angkatan XIV UNISNU JEPARA Tahun 2023 akan didistribusikan untuk mengabdikan diri di Kabupaten Jepara, Rembang, Kudus, Pati dan Demak. (Zak/Humas)