Unisnu Jepara Ngalap Berkah Peringati Malam Nuzulul Quran

Unisnu Jepara Ngalap Berkah Peringati Malam Nuzulul Quran

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara adakan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an, buka puasa, dan santunan Yatama bersama segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unisnu dan yaptinu Jepara. Berlangsung di Masjid Ar Robbaniyyin kampus Unisnu Jepara, Senin (18/4/2022), kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahun di bulan Ramadan ini dihadiri oleh sekitar 350 keluarga besar yang terdiri dari pejabat struktural, dosen, mahasiswa dan karyawan baik dari Yaptinu dan Unisnu Jepara.

Acara buka bersama dibuka dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Dr. K.H. Ahmad Barowi, M.Ag, sambutan Rektor Unisnu, sambutan Ketua Umum Yaptinu, dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada 80 anak yatim. Santunan diberikan secara langsung oleh Ketua Umum Yaptinu Dr. H. Shodiq Abdullah, M.Ag dan Wakil Rektor Bidang 3 Unisnu Jepara Ir. Gun Sudiryanto, M.M.

Mantan Bupati Jepara K.H. Ahmad Marzuqi, S.E. hadir memberikan mauidhoh hasanah, Dalam tausiyahnya, Beliau menyampaikan bahwa Mulianya manusia adalah karena hati dan ilmunya, “Mari kita jadikan bulan puasa ini menjadi guru kita masing-masing, misalnya bagi para mahasiswa bisa mengambil puasa sebagai guru kedisiplinan mahasiswa. Ketika kita berpuasa, sudah ada imsak, maka kita sudah mulai menahan semua yang membatalkan puasa, sampai berkumandang azan maghrib. Maka untuk mendapatkan ilmu, bagi mahasiswa, disiplinlah dalam belajar” Ujarnya

Lebih lanjut, beliau juga berpesan kepada mahasiswa ketika disiplin belajar harus bisa mencari ridho dosen, dan terakhir, disiplin dalam menuntut ilmu adalah disiplin untuk berkhidmah kepada guru, kiai dan berkhidmah kepada ilmu itu sendiri “Ilmu itu akan ditancapkan kepada Allah dalam hati dan pikiran kalian manakala kalian itu mau memodali dengan belajar, belajar dan belajar.” Pungkasnya.


Senada dengan K.H. Ahmad Marzuqi, S.E , Rektor Unisnu Jepara Dr. Sa;dullah Assa’idi mengatakan bahwa Keluarga besar Unisnu Jepara menggunakan momen ini, peringatan Nuzulul Qur'an untuk ngalap berkah turunnya Al Qur'an. Untuk Mengambil manfaat, untuk meningkatkan disiplin sebagai pengamal dari ajaran Al Qur'an.

“Kita memang dianjurkan oleh Al-Qur'an, oleh Rasulullah untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an dan menghafalnya, tapi yang tidak kalah penting adalah mengamalkannya, oleh krn itu tadabbur adalah suatu keniscayaan bagi kita semua“ Ujarnya