Unisnu Jepara Gelar Wisuda ke-17 secara Drive Thru

Unisnu Jepara Gelar Wisuda ke-17 secara Drive Thru

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar Wisuda ke-17. Selasa – Rabu (7-8/12/2022). Wisuda ke 17 ini masih dilaksanakan secara Drive Thru seperti tiga wisuda sebelumnya, mengikuti prosedur pandemi covid-19 di Kabupaten Jepara yang belum memungkinkan untuk menggelar kegiatan dengan jumlah masa banyak. 

Prosesi wisuda diawali dengan sidang senat terbuka yang dilaksanakan secara terbatas di ruang seminar perpustakaan Unisnu Jepara lantai 3. Sidang senat terbuka juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Unisnu Jepara Channel. Prosesi sidang senat dihadiri oleh Bupati Jepara yang diwakilkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Jepara Drs. Dwi Riyanto, M.M.,  Ketua Umum Yaptinu Jepara yang diwakilkan oleh Ketua Bidang Akademik Yaptinu Jepara Dr. H. Fathul Mufid, M.S.I., anggota senat Unisnu Jepara dan juga wisudawan terbaik dari masing-masing program studi. Sidang senat terbuka juga memutarkan Video sambutan dari Koordinator Kopertais Wilayah X Jateng Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag., dan Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, D.E.A.



Rektor Unisnu Jepara, Dr. H. Sa'dullah Assaidi, M.Ag., dalam sambutannya dihadapan peserta sidang senat terbuka menyampaikan bahwa wisuda hari ini merupakan klimaks ritual kehidupan akademik di kampus. “Pada saat yang penuh berkah ini, kami menyerahkan kembali para lulusan S1 dan lulusan S2 kepada keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Dengan harapan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang mereka peroleh mendapatkan ridla Allah Tuhan Yang Mahakuasa, menjadi berkah bagi mereka sendiri serta lingkungannya, dan bermanfaat bagi masyarakat nusa dan bangsa.” Ujarnya

Lebih lanjut, Rektor Unisnu Jepara  juga mensyukuri eksistensi UNISNU yang berpengaruh untuk kemajuan kehidupan masyarakat yang berperadaban dengan arif bijaksana. "UNISNU Jepara memiliki spirit Cendekia dan Berakhlakul-karimah telah tampil sebagai wadah kaum berilmu yang mengembangkan ilmu-ilmu keagamaan Islam, ilmu-ilmu sosial, sains dan teknologi, pemikiran tafsir Al-Qur'an dan Sunnah Nabi. Ini semua untuk melihat berbagai peristiwa masa lalu, sekarang dan yang akan datang mengenai kehidupan umat manusia." Imbuhnya.

“Perjalanan intelektual UNISNU Jepara ditandai dengan berprinsip pada ajaran Islam dengan haluan Ahlussunah wal-jama'ah, melakukan modernisasi dengan semangat rasionalisasi yang mengedepankan analisis keilmuan, dan keharusan pembaharuan cara pandang dengan prinsip merawat nilai-nilai ajaran lama yang baik dan mengambil nilai-nilai baru yang lebih baik. selaras dengan sifat Risalah Nabi Muhammad menjadi Rahmatan lil-'alamin (rahmat bagi seluruh alam) yang membawakan Islam di Indonesia selalu kontekstual, hingga perjalanannya selalu relevan dengan kebutuhan masyarakat luas.” Pungkasnya

Peserta Wisuda ke-17 berjumlah 430 dengan rincian Program Pascasarjana berjumlah 72 lulusan, Fakultas Syari’ah dan Hukum, 34 lulusan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan 109 lulusan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 20 lulusan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 117 lulusan, dan Fakultas Sains dan Teknologi sejumlah 78 lulusan. Alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara dengan gelar Magister sebanyak 503 orang, dan 10.719 orang bergelar Sarjana. Jadi jumlah alumni sampai bulan Desember 2021 pada wisuda Ke-17  adalah 11.222  Alumni.