UNISNU JEPARA Adakan Program Pengabdian E -SCM bagi UMKM

UNISNU JEPARA Adakan Program Pengabdian E -SCM bagi UMKM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian Berbasis Hasil Penelitian di Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Program Kemitraan Masyarakat Kelompok UMKM Kartini Mandiri Tentang Electronic Supply Chain Management (E -SCM) bertempat di Ruang Galeri UMKM Kartini Mandiri Kamis (23/12/2021). Program ini hibah dari DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat) Kemendikbud-Ristek

Program pengabdian ini merupakan hilirisasi dari salah satu penelitian unggulan yang dilaksanakan dosen Unisnu Jepara. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 dan dibuka langsung oleh Ibu Dr. Aida Nahar, S.E., M.Si selaku wakil rektor Bidang II UNISNU JEPARA.

Dalam sambutannya, Ibu Aida menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap TIM LPPM dan Tim pengabdian yang telah melaksanakan kegiatan pengabdian yang bermitra pada kelompok UMKM Kartini Mandiri. ”Semoga dengan adannya program ini, pelaku UMKM dapat menerapkan ilmu-ilmu yang didapat dan adanya peningkatan dalam penjualan pada usahanya,” tutur Aida.

Peserta pada program ini yaitu 30 pelaku usaha di bawah naungan paguyuban Kartini Mandiri. Materi pertama disampaikan Fatchur Rohman, SE. M.Pd. M.Si., CADE., CAAT yang juga ketua Pengabdian dalam program ini. Dia menyampaikan perlunya sebuah manufaktur yang terintegrasi untuk mendukung pola usaha yang berbasis digital di UMKM. Maka dibuatlah sebuah sistem yang bernama Electronic Supply Chain Management (E -SCM). Hasil pengamatan permasalahan UMKM di antaranya modal usaha, distribusi, pemasaran, izin resmi, dan tidak adanya mentor.

“Penerapan e-SCM juga dapat membantu perusahaan menghasilkan produk secara efektif dan efisien. Mengurangi waktu manufaktur, mengoptimalkan logistik dan distribusi, mengoptimalkan dan meningkatkan output, mempercepat pemenuhan pesanan dan secara keseluruhan mengurangi biaya yang berkaitan dengan kegiatan-kegiatan tersebut,” tutur Fathur.

Sementara Nur Aeni Widiastuti, S.Pd., M.Kom yang memberikan pemaparan mengenai Internet Marketing bagi UMKM. Dia menjelaskan materi terkait strategi penjualan di sosial media seperti Story WA, Instagram, Facebook, dan  juga marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blili, dan lain-lain. ”Penggunaan media sosial sangat berguna untuk upaya branding produk usaha biar dikenal masyarakat luas,” Imbuhnya.

Yang paling menarik adalah tim Pengabdian meng-upgrade platform digital marketing yang dimiliki oleh mitra yaitu nglarisiumkm.com yang awal hanya berupa penjualan melalui google form, kemudian menjadi sebuah web berbasis E-SCM.  .

Peserta yang hadir pada program ini sangat semangat dan antusias dalam mengikuti materi. Salah satunya Muzazil daro UMKM Produk Sale Pisang Suryasari. Dia mengatakan program ini sangat bermanfaat sekali buat UMKM di Jepara. Utamanya meningkatkan penjualannya melalui teknologi digital. ”Semoga kedepannya UMKM semakin naik kelas seperti Slogan UMKM Kartini Mandiri Jepara,” ucapnya.