UNISNU Gelar Upacara Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat

UNISNU Gelar Upacara Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat

Jepara - Upacara peringatan Hari Pahlawan digelar sivitas akademika UNISNU Jepara, bertempat di Lapangan Basket kampus pada senin (11/11) pagi berlangsung penuh khidmat. Upacara dihadiri beberapa pejabat struktural di tingkat Rektorat, Dekanat serta beberapa dosen karyawan. 

Pada kesempatan ini, Rektor UNISNU Dr. H. Sa'dullah Assa'idi, M.Ag. didaulat menjadi inspektur upacara. Dalam sambutannya, Dr. Sa'dullah menghaturkan syukur atas ditetapkannya salah satu pahlawan dan tokoh Kyai NU, KH Masjkur sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi pada Jumat (8/11) lalu.

"Kita semua bersyukur atas ditetapkannya KH Masjkur sebagai pahlawan nasional, beliau yang menjadi komandan Laskar Hizbullah pada rangkaian perjuangan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia di Surabaya pada tahun 1945," kata Sa'dullah. 

Selain itu, Sa'dullah juga sempat membacakan sambutan Menteri Sosial RI. Dalam sambutan tersebut, beliau mengingatkan pentingnya generasi masa kini mengingat jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa pada kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari kita," tegasnya.

Sementara itu, Sa'dullah juga mengingatkan kembali salah satu pesan Proklamator Bung Karno yang menyebut jika bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Untuk itu, dia ingin peringatan Hari Pahlawan ini membangkitkan rasa cinta pada para pahlawan.

"Peringatan Hari Pahlawan ini kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini. Bagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 adalah Aku Pahlawan Masa Kini, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun yang memperkuat keutuhan NKRI," paparnya.

Turut serta bertugas sebagai pembaca pesan-pesan perjuangan dari pahlawan nasional, Dr. Wahidullah  membacakan dengan lantang beberapa pesan dari Hadratusy Syaikh KH. Hasyim Asyari tentang pentingnya persatuan, Kredo perjuangan NU dari KH. Abdul Wahab Chasbullah, Pidato singkat Bung Tomo pada pertempuran November 1945 serta Pidato Ir. Soekarno pada Hari Pahlawan 1961.