Unisnu Bersatu Tanggap Bencana

Unisnu Bersatu Tanggap Bencana

Bencana alam yang melanda sejumlah daerah di Indonesia beberapa waktu ini menjadi keprihatinan bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk keluarga besar Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara. Menanggapi hal tersebut, melalui gerakan Unisnu Peduli, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unisnu Jepara bersama seluruh Organisasi Mahasiswa (Ormawa) di lingkungan Unisnu Jepara bergerak melakukan aksi peduli bencana.

Aksi peduli bencana diawali pada tanggal 29 Januari 2021, yaitu dengan penggalangan dana di lingkungan Unisnu Jepara, dana tersebut diperoleh mulai dari mahasiswa, karyawan, dosen dan pejabat struktural Unisnu Jepara. Kemudian pada tanggal 30 -31 Januari 2021, semua Ormawa Unisnu Jepara dibagi tugas melaksanakan aksi turun jalan untuk penggalangan dana, aksi turun jalan tersebut tentunya atas izin dan koordinasi dengan Polres Jepara dan Dinas Sosial Jepara.

Unisnu Bersatu Tanggap Bencana

“Karena kita adalah makhluk sosial, yang sejatinya memiliki ikatan persaudaraan antar manusia, maka ketika ada saudara kita yg membutuhkan pertolongan, kita harus mengusahakannya untuk mereka. Itulah yang menjadi alasan dan dasar kami melakukan aksi sosial”, Ujar Presiden BEM Unisnu Jepara, Muhammad Qeiss Hanifal Mahhida, yang juga turut dalam aksi turun jalan untuk menggalang dana.

Kegiatan tersebut tidak hanya disambut baik oleh berbagai pihak di lingkungan internal Unisnu Jepara, termasuk diantaranya Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Unisnu Jepara dan Komunitas Peduli Amal Sosial (Kompas) Unisnu Jepara, tetapi juga pihak eksternal kampus yakni komunitas yang beraliansi dengan nama "Jepara Peduli Bencana".

Berawal dari persamaan persepsi tentang wujud kepedulian kepada masyarakat yang terdampak musibah bencana alam, maka tebentuklah kolaborasi antara BEM beserta Ormawa Unisnu Jepara, UPZ Unisnu Jepara, Kompas Unisnu Jepara dan Komunitas Jepara Peduli Bencana untuk melakukan kegiatan aksi peduli bencana.

Kolaborasi aksi peduli bencana ini mengahasilkan sebuah kesepakan yaitu  dana dari hasil aksi peduli sosial akan disumbangkan kepada korban bencana alam banjir di Kalimantan Selatan, tanah longsor di Jawa Barat dan gempa bumi di Sulawesi Barat, yang terjadi pada pertengahan Januari lalu.

Dari aksi tersebut, terkumpul dana sebesar Rp. 28.665.000;. Kamis (25/2/2021), Rektor Unisnu Jepara, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., secara simbolis menyerahkan total keseluruhan dana yang terkumpul kepada korban bencana alam  di tiga titik lokasi bencana yang sudah disepakati. Dana tersebut disalurkan melalui NU Peduli. “Mengingat kondisi pandemi, lebih baik memanfaatkan cara virtual untuk menyalurkan bantuan, yaitu melalui transfer”. Ungkap Aan Zainul Anwar, S.H.I., M.E.Sy., Ketua UPZ Unisnu Jepara, yang juga Ketua Program Studi Ekonomi Islam Unisnu Jepara dan  merupakan pengurus NU Peduli.