Tidak Hanya Untuk Bisnis, Dosen UNISNU JEPARA Ciptakan Marketplace Yang Utamakan Kejujuran

Tidak Hanya Untuk Bisnis, Dosen UNISNU JEPARA Ciptakan Marketplace Yang Utamakan Kejujuran

UNISNU JEPARA – Laju bisnis daring semakin kencang, bahkan telah menggerus banyak bisnis-bisnis konvensional. Fenomena ini telah memaksa para pebisnis menyesuaikan gaya bisnis mereka dengan perkembangan yang ada. Seiring dengan hal itu, muncul banyak marketplace yang menawarkan berbagai fitur.

Namun demikian, muncul persoalan baru, terdapat banyak penipuan dalam transaksi daring yang terjadi. Sebagaimana dilansir oleh cnnindonesia.com, bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika menerima laporan aduan penipuan transaksi online sebanyak 115.756 laporan sepanjang tahun 2021. Modus penipuannya beragam, mulai dari produk hingga pembayaran. Fakta ini menunjukkan bahwa bisnis di marketplace memang menjanjikan, namun tidak sepenuhnya aman.

Sebagai ikhtiyar memberikan kontribusi dalam penyelesaian masalah tersebut, dosen dan mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA) melalui program Kedaireka membuat marketplace baru dengan nama paasaar.com. Kedaireka adalah program sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi industri dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dengan mengusung tagline Berani Jujur, paasaar.com hadir dengan beragam keunggulan dan kebaruan. Diantaranya adalah sistem otorisasi yang disebut sebagai geolocation authorization. Sistem ini akan mampu menciptakan keamanan dalam hal mengatasi masalah ketidakjujuran lokasi dari penjual yang sering terjadi. Selain itu, pembeli dapat melakukan tracking order produk yang pre-order. Misalnya ada transaksi pembelian produk mebel "pre-order". Biasanya penjual membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memproduksi. Dalam kondisi ini, paasaar.com memberikan fitur agar pembeli dapat memantau secara berkala proses pengerjaan produk yang dipesan, dan penjual juga harus memperbarui secara berkala proses produksinya.

Paasaar.com telah diluncurkan oleh Rektor UNISNU JEPARA pada Kamis (18/11/2021), di ruang seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tim dosen yang terlibat adalah Jati Widagdo sebagai ketua, Mohammad Rifqy Roosdhani, Harminto Mulyo, dan Fivin Bagus Septiya Pambudi. Dari unsur mahasiswa, terdapat empat mahasiswa Desain Produk, lima mahasiswa Desain Komunikasi Visual, lima mahasiswa Teknik Informatika, dan 12 mahasiswa Manajemen.