Technofest 2020, Mengulik Lima Formula Terampuh Berjualan di Marketplace

Technofest 2020, Mengulik Lima Formula Terampuh Berjualan di Marketplace

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Nahdlatul Ulama  (Unisnu) Jepara mengadakan Webinar, Rabu (9/9/2020). Webinar dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di kanal YouTube BEM FST UNISNU Jepara Channel. Webinar dilaksanakan pada  pukul 10:00 WIB dengan menghadirkan narasumber entrepreneur dan juga praktisi bisnis digital marketing yang sudah digeluti sejak 2011, yakni Ronny Setiawan.

Dengan tajuk “5 Formula Terampuh Berjualan di Marketplace”, Seminar Online kali ini mencoba untuk mengulik peran E-Commerce di Era Teknologi Modern. 133 peserta hadir dalam seminar ini melalui aplikasi Zoom, dari berbagai kalangan, baik mahasiswa, pelajar dan masyarakat umum. Peserta yang hadir melalui aplikasi Zoom juga mendapatkan e-sertifikat yang sudah disiapkan oleh panitia. Seminar online ini merupakan rangkaian kegiatan Technofest 2020 yang diadakan BEM FST Unisnu Jepara sebagai acara tahunan. 

Dalam paparannya, Ronny Setiawan mengatakan bahwa setidaknya ada lima formula ampuh yang bisa diterapkan ketika berjualan online, yakni, mengoptimalkan toko agar menarik dan terpercaya, upload dan optimalkan visual produk agar mendapatkan banyak klik, menangani orderan dengan ramah dan baik,  promosi dan beriklan secara berkelanjutan, dan yang terakhir selalu melakukan evaluasi dan strategi lanjutan untuk meningkatkan penjualan. Dalam seminar ini, narasumber juga menyampaikan tujuh model bisnis online yang menghasilkan, yakni Online Shop (Jual Produk Fisik), Service Provider (Jual Jasa dan Keahlian), Information Business (Jual informasi dan pengetahuan), Affiliate Marketing (Jual produk orang lain dan mendapatkan komisi), Tools and System (Jual system atau alat bantu), Advertising (Jual iklan), dan Mobile APPS (Jual aplikasi atau free Apps dengan iklan)

Rektor Unisnu Jepara menyambut baik dan mengucapkan selamat kepada BEM FST Unisnu Jepara atas terselenggaranya kegiatan ini. “Semoga ini dapat dijalankan dengan baik dan akan memotifasi untuk bisa menjadi kreatif dan inovatif sehingga kita dapat berkembang dengan baik”. Ujar Rektor Unisnu Jepara.

Senada denga rektor, Dekan FST Unisnu Jepara juga menuturkan dalam sambutannya, “Saya berharap kegiatan ini selalu berjalan dari waktu ke waktu dan mengikuti perkembangan jaman yang dinamikanya selalu berubah, maka itu dibutuhkan mahasiswa untuk mengembangkan keilmuannya”. Ujarnya