Tak Bisa Lagi Hadir, Wisudawati Digantikan Orang Tuanya Saat Wisuda

Tak Bisa Lagi Hadir, Wisudawati Digantikan Orang Tuanya Saat Wisuda

Momen haru mengiringi prosesi Wisuda ke-16 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara yang digelar secara drive thru Kamis (29/7/2021). Jika biasanya orang tua datang mendampingi anaknya yang diwisuda, kali ini seorang ayah dan ibu menghadiri wisuda untuk menggantikan putrinya yang telah meninggal.

Pasangan orang tua asal Desa Kedungcino, Kecamatan Kota Jepara ini tak kuasa menahan tangis saat menghadiri wisuda putrinya yang sudah meninggal dunia, sebelumnya almarhumah mempunyai riwayat sakit asam lambung. Almarhumah Siti Nur Alfiyah merupakan lulusan Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu Jepara

Saat nama putrinya dipanggil untuk menerima ijazah di atas panggung kehormatan, air mata Ngarno dan Sulatin pun tak bisa dibendung lagi.

Wisuda 16, 2

Rektor Unisnu Jepara Jepara, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., secara langsung memberikan ijazah kepada orang tua almarhumah Siti Nur Alfiyah. Sebelum prosesi penyerahan ijazah, Rektor Unisnu Jepara menyampaiakan ungkapan belasungkawa atas wafatnya salah satu peserta wisuda ke-16. Saat itu juga Rektor memimpin do’a yang dikhususkan kepada almarhumah Siti Nur Alfiyah.

Sang Ibu dan Ayah menerima ijazah Siti Nur Alfiyah lalu berfoto dengan Rektor, para wakil Rektor dan Dekan FEB Unisnu Jepara di atas panggung. Terlihat Sulatin memeluk lalu mendekap erat ijazah putrinya itu saat turun dari panggung.

Siti Nur Alfiyah telah menyelesaikan sidang skripsi pada 19 Maret 2021 lalu dengan predikat Pujian. Beberapa hari kemudian, dia jatuh sakit dan meninggal.

Menurut keterangan Sulatin, Siti Nur Alfiyah adalah putri kedua dari tiga bersaudara. Almarhumah lahir pada 10 Januari 1994, “Dia merupakan sosok yang giat berkerja dalam membantu orang tua juga untuk membiayai kuliahnya”, kenangnya.

Unisnu Jepara menggelar Wisuda ke-16 Dengan model Drive thru Selasa, Rabu dan Kamis, (27-29/07/2021). Pelaksanaan wisuda model drive thru dipilih mengingat kondisi pandemi Covid-19 di Kabupaten Jepara yang belum memungkinkan untuk menggelar kegiatan dengan jumlah masa banyak.  Proses pemindahan tali toga dan penyerahan ijazah dilakukan di Gedung MWC NU Tahunan, kompleks Kampus Unisnu Jepara dengan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.