Setelah 40 Hari Mengabdi, UNISNU Jepara Resmi Tarik 528 Peserta KKN Angkatan XIII

Setelah 40 Hari Mengabdi, UNISNU Jepara Resmi Tarik 528 Peserta KKN Angkatan XIII

Rabu (31/08/2022) dilaksanakan penarikan peserta Kuliah Kerja Nyata XIII Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara. Penarikan dilakukan sehubungan dengan selesainya pelaksanaan KKN Angkatan XIII selama 40 hari mulai tanggal 25 Juli-31 Agustus tahun 2022, yang diikuti oleh 528 peserta yang tersebar di 36 desa dari 3 Kabupaten.

Hadir dalam acara tersebut Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. Wakil Rektor, Dekan, Kepala Lembaga, Kepala Biro di lingkungan Unisnu Jepara, Dosen Pembimbing Lapangan, dan Peserta KKN Angkatan XIII Unisnu Jepara Tahun 2022.

Kegiatan Penarikan ini diawali oleh penyampaian kesan dan pesan oleh mahasiswa perwakilan yang ada di 3 Kabupaten yaitu Jepara, Demak dan Blora. Chafid Ulil Yusuf yang mewakili dari kelompok Desa Muraharjo Kabupaten Blora menyampaikan Terimakasih kepada semua pihak yang terkait untuk mensukseskan KKN Angkatan XIII ini. Khusunya untuk Kelompok KKN Kabupaten Blora.

“Terimakasih kepada semua pihak yang membantu kami dalam melaksanakan KKN, Pengabdian selama 40 hari di Desa Muraharjo. Program KKN  membuat kami belajar dalam memahami serta mengabdi kepada masyarakat. Mencari solusi dalam memecahkan permasalahan yang ada” terang chafid.

Rektor Unisnu Jepara menyampaikan selamat kepada mahasiswa KKN Angkatan XIII Unisnu Jepara yang telah diberikan kesehatan dan keselamatan sampai upacara penarikan kembali pada hari ini. Ucapan terimakasih kepada Bupati Jepara, Bupati Demak, Bupati Blora, beserta segenap OPD dan pihak-pihak yang membantu suksesnya KKN.  Rektor juga berharap agar pengabdian yang telah dilakukan dapat turut membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Unisnu Jepara, Dr. Sisno Riyoko, S.E., M.M. dalam laporannya menyampaikan bahwa seluruh kelompok KKN Angkatan XIII Unisnu Jepara Tahun 2022 yang berjumlah 36 telah melaksanakan program pengabdian berbasis kemitraan di Desa lokasi KKN dengan beragam mitra, dan program kolaborasi dengan berbagai organisasi masyarakat desa.

Melalui program KKN, Unisnu Jepara secara aktif mampu memberikan kontribusi dengan berkolaborasi bersama beragam mitra, diantaranya Mitra UMKM dengan fokus pendampingan pengelolaan, pemasaran, dan packaging, ada produk makanan seperti : Kerupuk Puli dari Welahan, Tepung Horog-Horog dari Plajan, Asyifa Jenang dari Karangaji, Tape dari Slagi, Kerupuk Bawang dari Mambak, Ikan Asap dari Sowan Kidul, Getuk dari Lebak, Menggleng dari Tanjung, Kerupuk dari Kunduran, dan Kerupuk Gendar dari Muraharjo Blora, Kerupuk seafood dari Tempel Demak.

Ada pula produk kerajinan, seperti tas dari Kalipucang Wetan, Besek dari Guwosobokerto, Meubel dari Sendangwates Blora. Selain itu, mitra BUMdes diantaranya pengolahan sampah Plastik di Kenduren Demak, mitra pemerintah desa yang berhasil launching Perpustakaan Desa di Klokah Blora, dan Watuaji Keling. Dan masih banyak lagi program pengabdian dengan mitra beragam lainnya

Semoga kolaborasi para mahasiswa peserta KKN Bersama para Dosen Pembimbing lapangan, serta sinergitas dengan para mitra dan semua pihak terkait tersebut bisa menjadi bagian ikhtiyar pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pengabdian kepada masyarakat. (Panitia KKN)