Prof DYP Dorong Mahasiswa Unisnu Bermental Entrepreneur dengan Berbekal Lima Peluru

Prof DYP Dorong Mahasiswa Unisnu Bermental Entrepreneur dengan Berbekal Lima Peluru

Prof DYP Dorong Mahasiswa Unisnu Bermental Entrepreneur dengan Berbekal Lima Peluru

JEPARA, Mahasiswa baru angkatan 2019 Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara mengawali kegiatan akademik dengan kegiatan Kuliah Perdana, Senin (16/09) pagi. Sebanyak 1.480 mahasiswa baru jenjang strata 1 dari lima fakultas antusias mengikuti kegiatan itu. Jumlah mahasiswa tersebut terdiri dari 131 mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum, 522 mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, 29 mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 323 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan 475 mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.

Acara dihadiri oleh Ketua 1 Yaptinu Jepara, Rektor, para pejabat struktural, dan utusan organisasi kemahasiswaan dan lingkungan di Unisnu Jepara. Hadir sebagai narasumber Prof Dr H DYP Sugiharto MPd Kons, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 6 Jawa Tengah.

Rektor Unisnu Jepara, Dr H Sa’dullah Assa’idi MAg, dalam sambutannya menegaskan bahwa Unisnu Jepara senantiasa berupaya menciptakan pengelolaan perguruan tinggi yang profesional. Salah satu langkahnya adalah dengan membangun komunikasi dan konsultasi dengan LLDIKTI, termasuk diantaranya adalah menghadirkan Kepala LLDIKTI sebagai narasumber dalam kegiatan Kuliah Perdana.

“Kami berkomitmen untuk selalu bersinergi dengan LLDIKTI Wilayah 6, dan juga Kopertais Wilayah 10 Jawa Tengah, dalam rangka tetap menjaga mutu pendidikan, dan akselerasi perkembangan institusi”, tandas Sa’dullah.

Ketua I Yaptinu Jepara, Dr H Mashudi MAg, menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru, dan mengajak untuk menata niat agar ikhlas dalam menuntut ilmu di Unisnu Jepara. “Kampus ini didirikan oleh para Kiai yang ikhlas dan teruji keikhlasannya. Jadi, tata niat kalian dalam menuntut ilmu agar dapat menjiwai keikhlasan para pendiri.” Ujar Mashudi yang juga Ketua Umum MUI Kabupaten Jepara itu.

Selama 45 menit, Prof Dr H Dwi Yuwono Puji Sugiharto MPd Kons, yang akrab disapa Prof DYP, menyampaikan motivasi kepada seluruh mahasiswa baru agar memiliki mental entrepreneur untuk menghadapi tantangan masa depan.

“Kuliah bukan untuk hari ini, tetapi kuliah adalah untuk masa depan. Jadikan proses kuliah sebagai pembekalan kompetensi untuk hidup di masa depan,” ujar Prof DYP mengawali paparannya.

Prof DYP memaparkan bahwa di era 4.1 ini, lulusan perguruan tinggi menghadapi tantangan masa depan berupa hilangnya 35% profesi/ bidang pekerjaan, 65 %  manusia saat ini tidak mengetahui nantinya memiliki profesi seperti apa, dan di sisi lain 75-375 juta manusia di dunia juga terancam beralih profesi. Banyak pekerjaan manusia mulai digantikan dengan mesin. Tenaga manusia menjadi komoditas sekunder karena penggunaan mesin lebih menguntungkan.

 

Lima Peluru untuk Hadapi Tantangan

Menghadapi tantangan tersebut, Prof DYP mendorong mahasiswa dan lulusan perguruan tinggi memiliki mental entrepreneur yang mampu menjadi pencipta pekerjaan (job creator), bukan menjadi pencari kerja (job seeker). Agar memiliki mental entrepreneur tersebut, profesor kelahiran Banyumas 1 Desember 1961 itu membekali mahasiwa dengan lima peluru, yakni memiliki karakter, visioner, kreatif, kolaboratif, dan pemberani.

“Sukses besar selalu dimulai dari visi besar, yang berbahaya bukan visi yang terlalu besar sehingga kita tidak dapat mencapainya, tetapi visi yang terlalu kecil dan kita terlalu mudah mencapainya”, tegas Prof DYP yang disambut gemuruh tepuk tangan dari peserta.  

Prof DYP melanjutkan bahwa kreativitas dimulai dari kemauan berpikir kreatif, bukan kemampuan dan fasilitas. Kolaborasi membentuk super tim dalam menghadapi tantangan juga di tegaskan oleh Prof DYP sebagai  kemampuan kerja sama untuk mengembangkan jejaring sosial demi mencapai tujuan.

Terakhir, Prof DYP memantik semangat mahasiswa baru Unisnu Jepara untuk memiliki mental pemberani. “Peluang terbaik dalam dunia kerja selalu dimenangkan oleh pemberani, berani berbicara  agar didengarkan orang lain, dan berani bertindak agar diperhitungkan orang lain,” tutupnya. [humas / mel (fokus) ]

 Serahkan Cendera Mata, Rektor Unisnu Jepara menyerahkan cendera mata kepada Prof Dr H DYP Sugiharto MPd Kons selesai acara Kuliah Perdana bagi mahasiswa baru angkatan 2019, Senin (16/09/2019)