Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
- Profile
- Mata Kuliah
- Kompetensi
Profile Singkat
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Nama Prodi dalam Bahasa Inggris | Elementary Teacher Education |
Deskripsi | Keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mencakup bidang ilmu yang diajarkan di Sekolah Dasar. Hal ini relevan dengan salah satu capaian pembelajaran dari lulusan prodi PGSD, yaitu memiliki kemampuan literasi yang terkait dengan bidang utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris) dan bidang ilmu pendukung (pendidikan jasmani, seni, dan keterampilan) yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran berbasis ICT di SD. Orientasi pengembangan keilmuan dan implementasi tri dharma perguruan tinggi pada Prodi PGSD selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar ahlussunnah wal jama’ah. |
Profil Lulusan/ Peluang Pekerjaan | Guru SD |
Jenjang | Strata Satu (S1) |
Izin Penyelenggaraan | Keputusan Menristek Dikti Nomor 470/KPT/I/2016 |
Gelar Lulusan | Sarjana Pendidikan (S.Pd.) |
Akreditasi | Peringkat Baik, SK BAN PT Nomor 13656/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2022 |
Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai: tenaga pendidik pada jenjang sekolah dasar; Peneliti, Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran; Teacherpreneur yang memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship).
Keilmuan dan keahlian yang akan diselenggarakan oleh Prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FTIK UNISNU Jepara mencakup bidang ilmu yang di ajarkan di sekolah dasar. Hal ini relevan dengan salah satu capaian pembelajaran dari lulusan prodi PGSD, yaitu memiliki kemampuan literasi yang terkait dengan bidang utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris) dan bidang ilmu pendukung (Pendidikan Jasmani, Seni, dan Keterampilan) yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran berbasis TIK di SD.
Visi
Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan guru sekolah dasar yang cendekia dan berakhlakul karimah, serta berkepribadian ahlussunnah wal jama'ah pada tahun 2031
Misi
- Menyelenggarakan pengelolaan program studi secara professional dan mengembangkan budaya akademik dengan berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah.
- Menyelenggarakan program pendidikan guru sekolah dasar yang berorientasi pada usaha menghasilkan lulusan yang mampu memecahkan berbagai permasalahan pendidikan dengan berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah.
- Melaksanakan penelitian dan pengabdian serta mengembangkan inovasi dalam bidang pendidikan guru sekolah dasar yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dalam pengembangan pendidikan sekolah dasar.
- Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun di luar negeri untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Tujuan
- Mewujudkan profesionalitas pengelolaan program studi dan Meningkatkan kulaitas pembelajaran secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan global dengan berlandaskan nilainilai ahlussunnah wal jama'ah.
- Menghasilkan sarjana pendidikan guru SD yang unggul dalam bidang ilmu kependidikan di SD yang memiliki kompetensi pedagogic, professional, kepribadian, dan sosial dengan berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah.
- Menghasilkan karya-karya penelitian, pengabdian dan inovasi dalam bidang pendidikan sekolah dasar yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dalam pengembangan pendidikan sekolah dasar.
- Terwujudnya kerjasama pada skala regional, nasional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan sivitas akademika.
Mata Kuliah
STRUKTUR KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
TAHUN 2021
SEMESTER I | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN01PSD | Pancasila | 2 | |
2 | 21UN03PSD | Bahasa Indonesia | 2 | |
3 | 21UN05PSD | Ahlussunah wa al Jama'ah | 2 | |
4 | 21FTK2PSD | Ilmu Pendidikan | 2 | |
5 | 21PSD101 | Konsep Dasar Matematika | 2 | |
6 | 21PSD102 | Konsep Dasar IPA | 2 | |
7 | 21PSD103 | Konsep Dasar PKn | 2 | |
8 | 21PSD104 | Konsep Dasar IPS | 2 | |
9 | 21PSD105 | Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Olahraga | 2 | |
10 | 21PSD106 | Pendidikan Kepramukaan | 2 | |
11 | 21PSD107 | Teori Belajar dan Pembelajaran | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER II | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN02PSD | Kewarganegaraan | 2 | |
2 | 21UN04PSD | Bahasa Inggris | 2 | |
3 | 21UN06PSD | Ke-Nu-an | 2 | |
4 | 21UN07PSD | Studi al Quran dan al Hadits | 2 | |
5 | 21UN08PSD | Akhlak | 2 | |
6 | 21FTK1PSD | Fiqih Ibadah | 2 | |
7 | 21PSD201 | Keterampilan Berbahasa Indonesia | 2 | Bahasa Indonesia |
8 | 21PSD202 | Pendidikan Berbasis Budaya Lokal | 2 | |
9 | 21PSD203 | Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif SD | 3 | |
10 | 21PSD204 | Filsafat Pendidikan | 2 | |
11 | 21PSD205 | Psikologi Pendidikan | 2 | |
Jumlah Sks | 23 | | ||
SEMESTER III | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK4PSD | Teknologi Pendidikan | 2 | |
2 | 21PSD301 | Profesi Kependidikan | 2 | |
3 | 21PSD302 | Pembelajaran Bahasa Inggris SD dan Bilingual | 2 | |
4 | 21PSD303 | Pembelajaran Bahasa Jawa SD | 2 | |
5 | 21PSD304 | Pembelajaran Seni Tari dan Drama | 3 | |
6 | 21PSD305 | Pembelajaran Seni Rupa dan Kerajinan SD | 3 | |
7 | 21PSD306 | Pembelajaran Tematik Terpadu | 3 | |
8 | 21PSD307 | Pendidikan Bahasa Indonesia | 3 | |
9 | 21PSD308 | Metodologi Penelitian | 2 | |
10 | 21PSD309 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | |
Jumlah Sks | 24 | | ||
SEMESTER IV | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK6PSD | Pengembangan Kurikulum | 2 | |
2 | 21FTK3PSD | Statistik | 2 | |
3 | 21PSD401 | Problematika Pendidikan dan Pembelajaran di SD | 2 | Teknologi Pendidikan |
4 | 21PSD402 | Pendidikan Matematika 1 | 2 | Konsep Dasar Matematika |
5 | 21PSD403 | Pendidikan IPA | 3 | Konsep Dasar IPA |
6 | 21PSD404 | Pendidikan IPS | 3 | Konsep Dasar IPS |
7 | 21PSD405 | Pendidikan PKn | 2 | Konsep Dasar PKn |
8 | 21PSD406 | Pendidikan Jasmasi dan Kesehatan | 2 | Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Olahraga |
9 | 21PSD407 | Teknologi Informasi dan Komunikasi | 2 | |
10 | 21PSD408 | Kewirausahaan | 2 | |
11 | 21PSD409 | Public Speaking | 2 | |
Jumlah Sks | 24 | | ||
SEMESTER V | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK5PSD | Manajemen Pendidikan | 2 | |
2 | 21FTK8PSD | Bimbingan dan Konseling | 2 | |
3 | 21FTK7PSD | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 2 | |
4 | 21PSD501 | Model-model Pembelajaran SD | 3 | |
5 | 21PSD502 | Pendidikan Matematika 2 | 2 | Pendidikan Matematika 1 |
6 | 21PSD503 | Pembelajaran Seni Musik SD | 2 | |
7 | 21PSD504 | Kajian kurikulum SD | 2 | Pengembangan Kurikulum |
8 | 21PSD505 | Karya Tulis Ilmiah | 2 | |
9 | 21PSD506 | Penelitian Pendidikan | 2 | Metodologi Penelitian |
10 | 21PSD507 | Pendidikan Inklusi | 2 | Perkembangan Peserta Didik |
Jumlah Sks | 21 | | ||
SEMESTER VI | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21PSD601 | Perencanaan Pembelajaran | 2 | Kajian kurikulum SD |
2 | 21PSD602 | Evaluasi Pembelajaran | 2 | |
3 | 21PSD603 | Microteaching | 2 | Kajian kurikulum SD |
4 | 21PSD604 | Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia | 2 | Pendidikan Bahasa Indonesia |
5 | 21PSD605 | Pengembangan bahan ajar Matematika | 2 | Pendidikan Bahasa Matematika |
6 | 21PSD606 | Pengembangan bahan ajar IPA | 2 | Pendidikan Bahasa IPA |
7 | 21PSD607 | Pengembangan bahan ajar PKn | 2 | Pendidikan Bahasa PKn |
8 | 21PSD608 | Pengembangan bahan ajar IPS | 2 | Pendidikan Bahasa IPS |
9 | 21PSD609 | Penelitian Tindakan Kelas | 2 | Penelitian Pendidikan |
10 | 21PSD610 | Manajemen Kelas dan MBS | 2 | Manajemen Pendidikan |
Jumlah Sks | 20 | | ||
SEMESTER VII | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN09PSD | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 | |
2 | 21PSD701 | Seminar Usul Penelitian | 2 | Penelitian Pendidikan |
Jumlah Sks | 6 | | ||
SEMESTER VIII | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK9PSD | Komprehensif | 0 | |
2 | 21FTK10PSD | Skripsi | 6 | |
Jumlah Sks | 6 | | ||
TOTAL JUMLAH SKS | 146 |
Kompetensi
- Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
- Peneliti, Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Teacherpreneur yang Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship), kemandirian dalam berkarya dan berinovasi di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan dan memanajemen lembaga pendidikan
Semua Program Studi Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Semua Fakultas
- Program Pascasarjana Fakultas Syari'ah dan Hukum Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Sains dan Teknologi