Diberdayakan oleh Google TerjemahanTerjemahan

Program Studi

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Profile
  • Mata Kuliah
  • Kompetensi

Profile Singkat

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris
Elementary Teacher Education
Deskripsi
Keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mencakup bidang ilmu yang diajarkan di Sekolah Dasar. Hal ini relevan dengan salah satu capaian pembelajaran dari lulusan prodi PGSD, yaitu memiliki kemampuan literasi yang terkait dengan bidang utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris) dan bidang ilmu pendukung (pendidikan jasmani, seni, dan keterampilan) yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran berbasis ICT di SD. Orientasi pengembangan keilmuan dan implementasi tri dharma perguruan tinggi pada Prodi PGSD selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip dasar ahlussunnah wal jama’ah.
Profil Lulusan/ Peluang Pekerjaan
Guru SD
Jenjang
Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan
Keputusan Menristek Dikti Nomor 470/KPT/I/2016
Gelar Lulusan
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Akreditasi
Peringkat Baik, SK BAN PT Nomor 13656/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2022

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD-Elementary Teacher Education) jenjang Sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Dasar yang memiliki keahlian sebagai: tenaga pendidik pada jenjang sekolah dasar; Peneliti, Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran; Teacherpreneur yang memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship).

Keilmuan dan keahlian yang akan diselenggarakan oleh Prodi S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FTIK UNISNU Jepara mencakup bidang ilmu yang di ajarkan di sekolah dasar. Hal ini relevan dengan salah satu capaian pembelajaran dari lulusan prodi PGSD, yaitu memiliki kemampuan literasi yang terkait dengan bidang utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan Bahasa Inggris) dan bidang ilmu pendukung (Pendidikan Jasmani, Seni, dan Keterampilan) yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran berbasis TIK di SD.


Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan guru sekolah dasar yang cendekia dan berakhlakul karimah, serta berkepribadian ahlussunnah wal jama'ah pada tahun 2031


Misi
  1. Menyelenggarakan pengelolaan program studi secara professional dan mengembangkan budaya akademik dengan berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan guru sekolah dasar yang berorientasi pada usaha menghasilkan lulusan yang mampu memecahkan berbagai permasalahan pendidikan dengan berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengabdian serta mengembangkan inovasi dalam bidang pendidikan guru sekolah dasar yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dalam pengembangan pendidikan sekolah dasar.
  4. Membangun kepercayaan dan mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun di luar negeri untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Tujuan
  1. Mewujudkan profesionalitas pengelolaan program studi dan Meningkatkan kulaitas pembelajaran secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan global dengan berlandaskan nilainilai ahlussunnah wal jama'ah.
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan guru SD yang unggul dalam bidang ilmu kependidikan di SD yang memiliki kompetensi pedagogic, professional, kepribadian, dan sosial dengan berlandaskan nilai-nilai ahlussunnah wal jama'ah.
  3. Menghasilkan karya-karya penelitian, pengabdian dan inovasi dalam bidang pendidikan sekolah dasar yang dapat dimanfaatkan oleh stakeholders dalam pengembangan pendidikan sekolah dasar.
  4. Terwujudnya kerjasama pada skala regional, nasional, maupun internasional dalam pengembangan pendidikan sekolah dasar untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dan sivitas akademika.


Mata Kuliah


STRUKTUR KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

TAHUN 2021

 

SEMESTER I

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21UN01PSD

Pancasila

2

 

2

21UN03PSD

Bahasa Indonesia

2

 

3

21UN05PSD

Ahlussunah wa al Jama'ah

2

 

4

21FTK2PSD

Ilmu Pendidikan

2

 

5

21PSD101

Konsep Dasar Matematika

2

 

6

21PSD102

Konsep Dasar IPA

2

 

7

21PSD103

Konsep Dasar PKn

2

 

8

21PSD104

Konsep Dasar IPS

2

 

9

21PSD105

Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Olahraga

2

 

10

21PSD106

Pendidikan Kepramukaan

2

 

11

21PSD107

Teori Belajar dan Pembelajaran

2

 

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER II

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21UN02PSD

Kewarganegaraan

2

 

2

21UN04PSD

Bahasa Inggris

2

 

3

21UN06PSD

Ke-Nu-an

2

 

4

21UN07PSD

Studi al Quran dan al Hadits

2

 

5

21UN08PSD

Akhlak

2

 

6

21FTK1PSD

Fiqih Ibadah

2

 

7

21PSD201

Keterampilan Berbahasa Indonesia

2

Bahasa Indonesia

8

21PSD202

Pendidikan Berbasis Budaya Lokal

2

 

9

21PSD203

Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif SD

3

 

10

21PSD204

Filsafat Pendidikan

2

 

11

21PSD205

Psikologi Pendidikan

2

 

Jumlah Sks

23

 

SEMESTER III

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21FTK4PSD

Teknologi Pendidikan

2

 

2

21PSD301

Profesi Kependidikan

2

 

3

21PSD302

Pembelajaran Bahasa Inggris SD dan Bilingual

2

 

4

21PSD303

Pembelajaran Bahasa Jawa SD

2

 

5

21PSD304

Pembelajaran Seni Tari dan Drama

3

 

6

21PSD305

Pembelajaran Seni Rupa dan Kerajinan SD

3

 

7

21PSD306

Pembelajaran Tematik Terpadu

3

 

8

21PSD307

Pendidikan Bahasa Indonesia

3

 

9

21PSD308

Metodologi Penelitian

2

 

10

21PSD309

Perkembangan Peserta Didik

2

 

Jumlah Sks

24

 

SEMESTER IV

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21FTK6PSD

Pengembangan Kurikulum

2

 

2

21FTK3PSD

Statistik

2

 

3

21PSD401

Problematika Pendidikan dan Pembelajaran di SD

2

Teknologi Pendidikan

4

21PSD402

Pendidikan Matematika 1

2

Konsep Dasar Matematika

5

21PSD403

Pendidikan IPA

3

Konsep Dasar IPA

6

21PSD404

Pendidikan IPS

3

Konsep Dasar IPS

7

21PSD405

Pendidikan PKn

2

Konsep Dasar PKn

8

21PSD406

Pendidikan Jasmasi dan Kesehatan

2

Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Olahraga

9

21PSD407

Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

 

10

21PSD408

Kewirausahaan

2

 

11

21PSD409

Public Speaking

2

 

Jumlah Sks

24

 

SEMESTER V

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21FTK5PSD

Manajemen Pendidikan

2

 

2

21FTK8PSD

Bimbingan dan Konseling

2

 

3

21FTK7PSD

Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

2

 

4

21PSD501

Model-model Pembelajaran SD

3

 

5

21PSD502

Pendidikan Matematika 2

2

Pendidikan Matematika 1

6

21PSD503

Pembelajaran Seni Musik SD

2

 

7

21PSD504

Kajian kurikulum SD

2

Pengembangan Kurikulum

8

21PSD505

Karya Tulis Ilmiah

2

 

9

21PSD506

Penelitian Pendidikan

2

Metodologi Penelitian

10

21PSD507

Pendidikan Inklusi

2

Perkembangan Peserta Didik

Jumlah Sks

21

 

SEMESTER VI

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21PSD601

Perencanaan Pembelajaran

2

Kajian kurikulum SD

2

21PSD602

Evaluasi Pembelajaran

2

 

3

21PSD603

Microteaching

2

Kajian kurikulum SD

4

21PSD604

Pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia

2

Pendidikan Bahasa Indonesia

5

21PSD605

Pengembangan bahan ajar Matematika

2

Pendidikan Bahasa Matematika

6

21PSD606

Pengembangan bahan ajar IPA

2

Pendidikan Bahasa IPA

7

21PSD607

Pengembangan bahan ajar PKn

2

Pendidikan Bahasa PKn

8

21PSD608

Pengembangan bahan ajar IPS

2

Pendidikan Bahasa IPS

9

21PSD609

Penelitian Tindakan Kelas

2

Penelitian Pendidikan

10

21PSD610

Manajemen Kelas dan MBS

2

Manajemen Pendidikan

Jumlah Sks

20

 

SEMESTER VII

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21UN09PSD

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

 

2

21PSD701

Seminar Usul Penelitian

2

Penelitian Pendidikan

Jumlah Sks

6

 

SEMESTER VIII

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21FTK9PSD

Komprehensif

0

 

2

21FTK10PSD

Skripsi

6

 

Jumlah Sks

6

 

TOTAL JUMLAH SKS

146

 


Kompetensi

Kompetensi lulusan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar  dikembangkan dari profil yang telah ditetapkan. Profil lulusan Prodi PGSD S1 diantaranya yakni:
  1. Tenaga Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan  pembelajaran berdasar keilmuan,  karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  2. Peneliti, Praktisi dan Konsultan Pendidikan yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Teacherpreneur yang Memiliki jiwa kewirausahaan (enterpreneurship), kemandirian dalam berkarya dan berinovasi di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan dan memanajemen lembaga pendidikan