Program Studi
Pendidikan Guru PAUD
- Profile
- Mata Kuliah
- Capaian Pembelajaran
Profile Singkat
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Nama Prodi dalam Bahasa Inggris | Early Childhood Teacher Education |
Deskripsi | Keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup bidang ilmu yang diajarkan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, untuk mencetak lulusan calon pendidik PAUD yang memiliki kemampuan literasi seperti: bidang utama (deteksi tumbuh kembang anak, psikologi perkembangan anak usia dini, bermain dan belajar, kesehatan dan gizi, konsep dasar, manajemen penyelenggaraan, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PAUD) dan bidang ilmu pendukung (pendidikan jasmani, seni, dan keterampilan) sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran berbasis ICT. |
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan | Guru PAUD |
Jenjang | Strata Satu (S1) |
Izin Penyelenggaraan | Keputusan Menristek Dikti Nomor 247/KPT/I/2016 |
Gelar Lulusan | Sarjana Pendidikan (S.Pd.) |
Akreditasi | Peringkat Baik, SK BAN PT Nomor 2056/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2022 |
Program Studi Pendidikan Guru PAUD merupakan program studi yang fokus pada aspek pendidikan khususnya bidang pendidikan guru PAUD, baik keguruan secara khusus maupun pendidikan guru secara umum yang berada di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, didirikan berdasarkan SK Mendikbud Nomor 247/KPT/I/2016 Tanggal 29 Agustus 2016. Bertujuan untuk mencetak tenaga profesional kependidikan yang berkarakter dan cendekia dengan didukung oleh staff pengajar yang berkompeten.
Visi
Menjadi program studi yang unggul dalam membentuk calon pendidik anak usia dini yang kompeten, cendekia, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, serta berakhlak mulia yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama'ah
Misi
- Menyelenggarakan program Pendidikan Guru PAUD berbasis pembelajaran kreatif dan ICT untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru PAUD yang kompeten dan profesional;
- Melaksanakan penelitian dan mempublikasikan karya ilmiah dalam rangka mengembangkan dan memecahkan persoalan Pendidikan Guru PAUD;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pendidikan kepada masyarakat, guna meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD dan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap Pendidikan Guru PAUD;
- Menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak lain baik di dalam maupun luar negeri, untuk mendukung upaya peningkatan kualitas Pendidikan Guru PAUD.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Guru PAUD yang kompeten, cendekia, dan berakhlak mulia yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama'ah;
- Menghasilkan temuan dan karya ilmiah melalui penelitian dalam bidang Pendidikan Guru PAUD yang berbasis inovasi dan pemecahan masalah;
- Menghasilkan layanan masyarakat di bidang Pendidikan Guru PAUD yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempunyai nilai kemanfaatan yang maksimal bagi kemaslahatan dan kemajuan masyarakat;
- Mewujudkan networking dengan berbagai pihak yang dapat mendukung perkembangan dan peningkatan kualitas Program Studi Pendidikan Guru PAUD.
Mata Kuliah
STRUKTUR KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TAHUN 2021
SEMESTER I | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN02PUD | Kewarganegaraan | 2 | |
2 | 21UN04PUD | Bahasa Inggris | 2 | |
3 | 21UN05PUD | Ahlussunnah wa al Jama’ah | 2 | |
4 | 21FTK2PUD | Ilmu Pendidikan | 2 | |
5 | 21PUD101 | Konsep Dasar PAUD | 2 | |
6 | 21PUD102 | Perkembangan Bahasa | 3 | |
7 | 21PUD103 | Perkembangan Motorik | 3 | |
8 | 21PUD104 | Kesehatan dan Gizi | 2 | |
9 | 21PUD105 | Pendidikan Anak Dalam Islam | 2 | |
10 | 21PUD106 | Psikologi Pendidikan | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER II | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN03PUD | Bahasa Indonesia | 2 | |
2 | 21UN07PUD | Studi al Quran dan al Hadits | 2 | |
3 | 21UN08PUD | Akhlak | 2 | |
4 | 21FTK1PUD | Fiqih Ibadah | 2 | |
5 | 21PUD201 | Perkembangan Moral dan Agama | 2 | |
6 | 21PUD202 | Perkembangan Kognitif dan Kreatifitas | 2 | |
7 | 21PUD203 | Olahraga dan Rekreasi AUD | 2 | |
8 | 21PUD204 | Bahasa Jawa AUD | 2 | |
9 | 21PUD205 | Pembelajaran Tari AUD | 2 | |
10 | 21PUD206 | Bahasa Inggris AUD | 2 | Bahasa Inggris |
11 | 21PUD207 | Bermain dan Permainan AUD | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER III | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN01PUD | Pancasila | 2 | |
2 | 21UN06PUD | Ke-NU-an | 2 | |
3 | 21FTK4PUD | Teknologi Pendidikan | 2 | |
4 | 21PUD301 | Media dan Sumber Belajar AUD | 2 | |
5 | 21PUD302 | Perkembangan Sosial dan Emosi | 2 | |
6 | 21PUD303 | Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak | 2 | |
7 | 21PUD304 | Penyelenggaraan UKS PAUD | 2 | |
8 | 21PUD305 | Seni Rupa Dwimatra | 3 | |
9 | 21PUD306 | Musik dan Lagu AUD | 3 | |
10 | 21PUD307 | Pendidikan Kepribadian Cendekia dan Berakhlakul Karimah | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER IV | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK6PUD | Pengembangan Kurikulum | 2 | |
2 | 21FTK3PUD | Statistik | 2 | |
3 | 21PUD401 | Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD | 3 | |
4 | 21PUD402 | Pembelajaran Sains | 2 | |
5 | 21PUD403 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | |
6 | 21PUD404 | Perlindungan dan Hak Anak | 2 | |
7 | 21PUD405 | Penelitian Kuantitatif | 2 | |
8 | 21PUD406 | Perencanaan Pembelajaran | 2 | |
9 | 21PUD407 | Seni Rupa Trimatra | 3 | Seni Rupa Dwimatra |
10 | 21PUD408 | Kewirausahaan | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER V | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK5PUD | Manajemen Pendidikan | 2 | |
2 | 21FTK8PUD | Bimbingan dan Konseling | 2 | |
3 | 21FTK7PUD | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 2 | |
4 | 21PUD501 | Antropobiologi | 2 | |
5 | 21PUD502 | Parenting | 2 | |
6 | 21PUD503 | Penelitian kualitatif | 2 | |
7 | 21PUD504 | Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | 2 | |
8 | 21PUD505 | Model pembelajaran | 3 | Konsep dasar PAUD |
9 | 21PUD506 | Seminar PAUD | 3 | Penulisan Karya Ilmiah |
10 | 21PUD507 | Pembelajaran Matematika | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER VI | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21PUD601 | Microteaching | 2 | |
2 | 21PUD602 | Pengembangan Pendidik PAUD | 2 | |
3 | 21PUD603 | Konsentrasi Kajian PAUD | 3 | |
4 | 21PUD604 | Manajemen Penyelenggaraan PAUD | 3 | |
5 | 21PUD605 | Tata Rias dan Busana AUD | 2 | |
6 | 21PUD606 | Pendidikan Inklusi AUD | 2 | |
7 | 21PUD607 | Evaluasi Pembelajaran | 3 | |
8 | 21PUD608 | Strategi Pembelajaran | 2 | |
9 | 21PUD609 | Modifikasi Perilaku | 3 | Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER VII | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN09PUD | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 | |
2 | 21PUD701 | Pagelaran Karya | 3 | |
Jumlah Sks | 7 | | ||
SEMESTER VIII | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK9PUD | Komprehensif | 0 | |
2 | 21FTK10PUD | Skripsi | 6 | |
Jumlah Sks | 6 | | ||
TOTAL JUMLAH SKS | 145 |
Capaian Pembelajaran
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN SIKAP (S)
S1 | Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisional orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
S11 | Mewujudkan karakter “iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh” dalam perilaku keseharian |
S12 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kedungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik |
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (KU)
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ilmu humaniora sesuai dengan keilmuan PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berfikir kritis. |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang PAUD, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU7 | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN (P)
P1 | Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD |
P2 | Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini |
P3 | Menguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
P4 | Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatanpendekatan yang dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini |
P5 | Menguasai pembelajaran anak usia dini |
P6 | Menguasai kurikulum PAUD |
P7 | Menguasai asasmen perkembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran di lembaga PAUD |
P8 | Menguasai konsep pengembangan profesionalisme |
P9 | Menguasai pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD |
P10 | Menguasai konsep dan prinsip berkomunikasi pada anak, orang tua dan rekan sejawat |
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (KK)
KK1 | Mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa |
KK2 | Mampu mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai terhadap perkembangan anak usia dini |
KK3 | Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, seni rupa |
KK4 | Mampu mengimplementasikan kurikulum dilembaga PAUD |
KK5 | Memiliki kemampuan untuk menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok dalam pengambilan keputusan yang tepat |
KK6 | Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD |
KK7 | Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif |
KK8 | Mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif |
KK9 | Mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya |
KK10 | Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi |
KK11 | Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyelesaikan masalah |
KK12 | Mampu menerapkan nilai-nilai Ahlussunnah wal jama’ah untuk menjadi insan yang bermartabat dan berdaya saing |
KK13 | Memiliki wawasan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang dana atau di luar bidang studi yang dipelajari, terkait penyelesaian permasalahan yang dihadapi di masyarakat |
Semua Program Studi Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Semua Fakultas
- Program Pascasarjana Fakultas Syari'ah dan Hukum Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Sains dan Teknologi