Diberdayakan oleh Google TerjemahanTerjemahan

Program Studi

Pendidikan Guru PAUD

Pendidikan Guru PAUD

  • Profile
  • Mata Kuliah
  • Capaian Pembelajaran

Profile Singkat

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris
Early Childhood Teacher Education
Deskripsi
Keilmuan dan keahlian yang diselenggarakan oleh Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mencakup bidang ilmu yang diajarkan di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, untuk mencetak lulusan calon pendidik PAUD yang memiliki kemampuan literasi seperti: bidang utama (deteksi tumbuh kembang anak, psikologi perkembangan anak usia dini, bermain dan belajar, kesehatan dan gizi, konsep dasar, manajemen penyelenggaraan, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran PAUD) dan bidang ilmu pendukung (pendidikan jasmani, seni, dan keterampilan) sebagai upaya peningkatan mutu pembelajaran berbasis ICT.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan
Guru PAUD
Jenjang
Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan
Keputusan Menristek Dikti Nomor 247/KPT/I/2016
Gelar Lulusan
Sarjana Pendidikan (S.Pd.)
Akreditasi
Peringkat Baik, SK BAN PT Nomor 2056/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2022

Program Studi Pendidikan Guru PAUD merupakan program studi yang fokus pada aspek pendidikan  khususnya bidang pendidikan guru PAUD, baik keguruan secara khusus maupun pendidikan guru secara umum yang berada di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara, didirikan berdasarkan SK Mendikbud Nomor 247/KPT/I/2016 Tanggal 29 Agustus 2016. Bertujuan untuk mencetak tenaga profesional kependidikan yang berkarakter dan cendekia dengan didukung oleh staff pengajar yang berkompeten.


Visi

Menjadi program studi yang unggul dalam membentuk calon pendidik anak usia dini yang kompeten, cendekia, menguasai teknologi informasi dan komunikasi, serta berakhlak mulia yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama'ah


Misi
  1. Menyelenggarakan program Pendidikan Guru PAUD berbasis pembelajaran kreatif dan ICT untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru PAUD yang kompeten dan profesional;
  2. Melaksanakan penelitian dan mempublikasikan karya ilmiah dalam rangka mengembangkan dan memecahkan persoalan Pendidikan Guru PAUD;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui penyebarluasan dan penerapan ilmu pendidikan kepada masyarakat, guna meningkatkan kualitas pembelajaran di PAUD dan untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap Pendidikan Guru PAUD;
  4. Menggalang kerjasama yang saling menguntungkan dengan pihak-pihak lain baik di dalam maupun luar negeri, untuk mendukung upaya peningkatan kualitas Pendidikan Guru PAUD.


Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan dalam bidang Pendidikan Guru PAUD yang kompeten, cendekia, dan berakhlak mulia yang berhaluan Ahlussunnah Wal Jama'ah;
  2. Menghasilkan temuan dan karya ilmiah melalui penelitian dalam bidang Pendidikan Guru PAUD yang berbasis inovasi dan pemecahan masalah;
  3. Menghasilkan layanan masyarakat di bidang Pendidikan Guru PAUD yang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mempunyai nilai kemanfaatan yang maksimal bagi kemaslahatan dan kemajuan masyarakat;
  4. Mewujudkan networking dengan berbagai pihak yang dapat mendukung perkembangan dan peningkatan kualitas Program Studi Pendidikan Guru PAUD.


Mata Kuliah


STRUKTUR KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

TAHUN 2021

 

SEMESTER I

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21UN02PUD

Kewarganegaraan

2

 

2

21UN04PUD

Bahasa Inggris

2

 

3

21UN05PUD

Ahlussunnah wa al Jama’ah

2

 

4

21FTK2PUD

Ilmu Pendidikan

2

 

5

21PUD101

Konsep Dasar PAUD

2

 

6

21PUD102

Perkembangan Bahasa

3

 

7

21PUD103

Perkembangan Motorik

3

 

8

21PUD104

Kesehatan dan Gizi

2

 

9

21PUD105

Pendidikan Anak Dalam Islam

2

 

10

21PUD106

Psikologi Pendidikan

2

 

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER II

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21UN03PUD

Bahasa Indonesia

2

 

2

21UN07PUD

Studi al Quran dan al Hadits

2

 

3

21UN08PUD

Akhlak

2

 

4

21FTK1PUD

Fiqih Ibadah

2

 

5

21PUD201

Perkembangan Moral dan Agama

2

 

6

21PUD202

Perkembangan Kognitif dan Kreatifitas

2

 

7

21PUD203

Olahraga dan Rekreasi AUD

2

 

8

21PUD204

Bahasa Jawa AUD

2

 

9

21PUD205

Pembelajaran Tari AUD

2

 

10

21PUD206

Bahasa Inggris AUD

2

Bahasa Inggris

11

21PUD207

Bermain dan Permainan AUD

2

 

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER III

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21UN01PUD

Pancasila

2

 

2

21UN06PUD

Ke-NU-an

2

 

3

21FTK4PUD

Teknologi Pendidikan

2

 

4

21PUD301

Media dan Sumber Belajar AUD

2

 

5

21PUD302

Perkembangan Sosial dan Emosi

2

 

6

21PUD303

Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

2

 

7

21PUD304

Penyelenggaraan UKS PAUD

2

 

8

21PUD305

Seni Rupa Dwimatra

3

 

9

21PUD306

Musik dan Lagu AUD

3

 

10

21PUD307

Pendidikan Kepribadian Cendekia dan Berakhlakul Karimah

2

 

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER IV

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21FTK6PUD

Pengembangan Kurikulum

2

 

2

21FTK3PUD

Statistik

2

 

3

21PUD401

Teknologi Informasi dan Komunikasi AUD

3

 

4

21PUD402

Pembelajaran Sains

2

 

5

21PUD403

Penulisan Karya Ilmiah

2

 

6

21PUD404

Perlindungan dan Hak Anak

2

 

7

21PUD405

Penelitian Kuantitatif

2

 

8

21PUD406

Perencanaan Pembelajaran

2

 

9

21PUD407

Seni Rupa Trimatra

3

Seni Rupa Dwimatra

10

21PUD408

Kewirausahaan

2

 

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER V

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21FTK5PUD

Manajemen Pendidikan

2

 

2

21FTK8PUD

Bimbingan dan Konseling

2

 

3

21FTK7PUD

Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

2

 

4

21PUD501

Antropobiologi

2

 

5

21PUD502

Parenting

2

 

6

21PUD503

Penelitian kualitatif

2

 

7

21PUD504

Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

2

 

8

21PUD505

Model pembelajaran

3

Konsep dasar PAUD

9

21PUD506

Seminar PAUD

3

Penulisan Karya Ilmiah

10

21PUD507

Pembelajaran Matematika

2

 

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER VI

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21PUD601

Microteaching

2

 

2

21PUD602

Pengembangan Pendidik PAUD

2

 

3

21PUD603

Konsentrasi Kajian PAUD

3

 

4

21PUD604

Manajemen Penyelenggaraan PAUD

3

 

5

21PUD605

Tata Rias dan Busana AUD

2

 

6

21PUD606

Pendidikan Inklusi AUD

2

 

7

21PUD607

Evaluasi Pembelajaran

3

 

8

21PUD608

Strategi Pembelajaran

2

 

9

21PUD609

Modifikasi Perilaku

3

Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER VII

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21UN09PUD

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

 

2

21PUD701

Pagelaran Karya

3

 

Jumlah Sks

7

 

SEMESTER VIII

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MK PRASYARAT

1

21FTK9PUD

Komprehensif

0

 

2

21FTK10PUD

Skripsi

6

 

Jumlah Sks

6

 

TOTAL JUMLAH SKS

145

 


Capaian Pembelajaran

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN SIKAP (S)
S1Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisional orang lain
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik
S9Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
S11Mewujudkan karakter “iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli dan tangguh” dalam perilaku keseharian
S12Mempunyai ketulusan, komitmen, kedungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN UMUM (KU)
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang PAUD serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan ilmu humaniora sesuai dengan keilmuan PAUD berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau berfikir kritis.
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang PAUD, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

CAPAIAN PEMBELAJARAN PENGETAHUAN (P)
P1Menguasai landasan religius, filosofis, yuridis, antropologis, psikologis, sosiologis dan pedagogik PAUD
P2Menguasai perkembangan dan belajar anak usia dini
P3Menguasai konsep hidup sehat, prinsip-prinsip dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini
P4Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAUD serta pendekatanpendekatan yang dapat mengoptimalkan potensi perkembangan anak usia dini
P5Menguasai pembelajaran anak usia dini
P6Menguasai kurikulum PAUD
P7Menguasai asasmen perkembangan anak usia dini dan evaluasi program pembelajaran di lembaga PAUD
P8Menguasai konsep pengembangan profesionalisme
P9Menguasai pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD
P10Menguasai konsep dan prinsip berkomunikasi pada anak, orang tua dan rekan sejawat
CAPAIAN PEMBELAJARAN KETRAMPILAN KHUSUS (KK)
KK1Mampu menyusun perencanaan dan melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan bermain sesuai dengan perkembangan anak, pengetahuan dan teknologi yang dilandasi nilai-nilai budaya bangsa
KK2Mampu mengkonstruksi, memodifikasi, menganalisis, menciptakan secara terstruktur media pembelajaran (APE) sesuai terhadap perkembangan anak usia dini
KK3Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan diri secara kreatif serta berimajinasi dengan gerakan, musik, drama, seni rupa
KK4Mampu mengimplementasikan kurikulum dilembaga PAUD
KK5Memiliki kemampuan untuk menentukan berbagai alternatif pemecahan masalah anak usia dini secara mandiri atau kelompok dalam pengambilan keputusan yang tepat
KK6Mampu merencanakan, melaksanakan, menganalisis dan melakukan inovasi pembelajaran pada bidang PAUD
KK7Mampu melakukan pengelolaan kelas dan lingkungan pembelajaran yang kondusif
KK8Mampu mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan melalui tindakan reflektif
KK9Mampu melakukan komunikasi yang efektif dengan anak, teman sejawat, orang tua, masyarakat, instansi terkait lainnya
KK10Memiliki kemampuan untuk menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
KK11Mampu menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menyelesaikan masalah
KK12Mampu menerapkan nilai-nilai Ahlussunnah wal jama’ah untuk menjadi insan yang bermartabat dan berdaya saing
KK13Memiliki wawasan ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang dana atau di luar bidang studi yang dipelajari, terkait penyelesaian permasalahan yang dihadapi di masyarakat