Program Studi
Pendidikan Bahasa Inggris
- Profile
- Mata Kuliah
- Profil Lulusan
Profile Singkat
Pendidikan Bahasa Inggris
Nama Prodi dalam Bahasa Inggris | English Language Education |
Deskripsi | Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) mampu : (1) menerapkan pembelajaran Blended Learning yakni memadukan classroom learning dengan mobile learning sehingga mahasiswa mendapat pengalaman belajar baru karena selain pembelajaran tatap muka mahasiswa juga berkesampatan belajar di luar kelas kapan saja dan dimana saja. Pemanfaatan perangkat mobile digital dengan aplikasi pendidikan yang menarik menjadi bagian integral proses pembelajaran, (2) mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pendidikan bahasa Inggris yang sesuai dengan isu pendidikan dan teknologi pembelajaran terkini. |
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan | Lulusan Prodi PBI dapat bekerja sebagai pendidik bahasa Inggris, penerjemah, penulis, praktisi dan konsultan pembelajaran bahasa Inggris. |
Jenjang | Strata Satu (S1) |
Izin Penyelenggaraan | Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013 |
Gelar Lulusan | Sarjana Pendidikan (S.Pd.) |
Akreditasi | Peringkat Baik Sekali, SK LAMDIK Nomor 668/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022 |
Lulusan prodi S1 pendidikan Bahasa Inggris mampu: (1) Menerapkan pembelajaran Blended Learning yakni memadukan classroom learning dengan mobile learning sehingga mahasiswa mendapat pengalaman belajar yang kaya sehingga dapat menjembatani mahasiswa untuk berfikir kritis, kreatif dan inovatif dalam memenuhi tuntutan keahlian abad 21 (21 Century Skills). Oleh karena itu, pemanfaatan perangkat mobile digital (HP, PC Tablet, Laptop) dengan aplikasi pendidikan yang menarik dan menjadi bagian integral proses pembelajaran PBI UNISNU Jepara. (2) Mengkaji implikasi pengembangan dan implementasi ilmu pendidikan bahasa Inggris yang sesuai dengan isu pendidikan dan teknologi pembelajaran terkini Untuk itu dikembangkan penelitian-penelitian yang mengikuti tren penelitian pendidikan terkini terkait inovasi pembelajaran bahasa Ingggris. Prodi PBI menyiapkan lulusan untuk menjadi guru Bahasa Inggris, penerjemah, penulis, dan praktisi pembelajaran bahasa Inggris. Prodi PBI telah terakreditasi B dari BAN-PT.
Visi
“Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan guru bahasa Inggris yang profesional, berdedikasi tinggi, memenuhi tuntutan zaman, berakhlak mulia dan berkepribadian ahlussunnah wal jama'ah pada 2028”
Misi
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris bermutu tinggi yang menghasilkan lulusan berdaya saing global.
- Mendorong tumbuh-berkembangnya kegiatan penelitian bermutu tinggi dalam bidang pendidikan Bahasa Inggris, linguistik terapan dan bidang keilmuan terkait lainnya.
- Melakukan program pengabdian kepada masyarakat yang relevan dengan ranah kompetensi program studi Pendidikan Bahasa Inggris, dengan menyediakan forum interaksi yang kondusif dan sinergistik bagi para pembelajar dan praktisi pendidikan Bahasa Inggris melalui kegiatan diskusi, seminar, publikasi, konsultasi, dll.
Tujuan
- Meningkatkan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan melalui penerapan model-model pembelajaran terkini, memfasilitasi peningkatan kapasitas dosen (capacity building) melalui kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), yang juga biasa dikenal dengan (Continuing Professional Development)
- Menggiatkan penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris yang bermanfaat bagi lingkungan kampus maupun masyarakat luas.
- Menggiatkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan bahasa Inggris untuk mewujudkan masyarakat yang memiliki literasi fungsional bahasa Inggris.
- Melaksanakan budaya kerja yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama, moral dan etika. Memperkuat jejaring dan kemitraan tingkat provinsi, nasional, regional dan internasional.
- Menghasilkan lulusan yang: (a) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bermartabat, bertanggung-jawab, dan berwawasan luas; (b) Berkeunggulan dalam kompetensi akademik dan profesional dalam pendidikan Bahasa Inggris; (c) Memiliki kesadaran dan kepedulian lingkungan dan sosial yang tinggi; (d) Memiliki kemampuan dan keterampilan berkolaborasi, berinovasi, berwirausaha dalam bidang pendidikan bahasa Inggris; (e) Memiliki kecakapan hidup (life skills) dan literasi Abad 21; (f) Mengikuti perkembangan ilmu dan melakukan penelitian dalam bidang pendidikan bahasa Inggris agar dapat meningkatkan mutu pendidikan bahasa Inggris.
Mata Kuliah
STRUKTUR KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
TAHUN 2021
SEMESTER I | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN02PBI | Kewarganegaraan | 2 | |
2 | 21UN03PBI | Bahasa Indonesia | 2 | |
3 | 21UN04PBI | Bahasa Inggris | 2 | |
4 | 21UN05PBI | Ahlussunnah wa al Jama`ah | 2 | |
5 | 21FTK1PBI | Fiqih Ibadah | 2 | |
6 | 21PBI101 | Intensive Listening | 3 | |
7 | 21PBI102 | Intensive Speaking | 3 | |
8 | 21PBI103 | Intensive Reading | 3 | |
9 | 21PBI104 | Intensive Writing | 3 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER II | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN01PBI | Pancasila | 2 | |
2 | 21UN07PBI | Studi al Quran dan al Hadits | 2 | |
3 | 21UN08PBI | Akhlak | 2 | |
4 | 21FTK2PBI | Ilmu Pendidikan | 2 | |
5 | 21PBI201 | Pronunciation Practice | 2 | |
6 | 21PBI202 | Literal Listening | 2 | Intensive listening |
7 | 21PBI203 | Speaking for Informal Setting | 2 | Intensive Speaking |
8 | 21PBI204 | Literal Reading | 2 | Intensive Reading |
9 | 21PBI205 | English Paragraph Writing | 2 | Intensive Writing |
10 | 21PBI206 | Vocabulary Building | 2 | |
11 | 21PBI207 | Introduction to English Grammar | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER III | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN06PBI | Ke-NU-an | 2 | |
2 | 21FTK3PBI | Statistik | 2 | |
3 | 21PBI301 | Interpretive Listening | 2 | Literal Listening |
4 | 21PBI302 | Speaking for Formal Setting | 2 | Speaking for Informal Setting |
5 | 21PBI303 | Interpretive Reading | 2 | Literal Reading |
6 | 21PBI304 | English Essay Writing | 2 | English Paragraph Writing |
7 | 21PBI305 | Intermediate English Grammar | 2 | Introduction to English Grammar |
8 | 21PBI306 | Theories and Principle in TESOL | 2 | |
9 | 21PBI307 | Introduction to Text Types | 2 | |
10 | 21PBI308 | Introduction to Linguistics | 2 | |
11 | 21PBI309 | Introduction to Blended Learning | 2 | |
12 | 21PBI310 | Academic Vocabulary and Corpus | 2 | Vocabulary Building |
Jumlah Sks | 24 | | ||
SEMESTER IV | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK4PBI | Teknologi Pendidikan | 2 | |
2 | 21FTK5PBI | Manajemen Pendidikan | 2 | |
3 | 21PBI401 | Metode Penelitian | 2 | |
4 | 21PBI402 | Critical Listening | 2 | Literal Listening |
5 | 21PBI403 | Speaking for Academic Purposes | 2 | Speaking for Informal Setting |
6 | 21PBI404 | Critical Reading | 2 | Literal Reading |
7 | 21PBI405 | Academic Writing | 2 | English Paragraph Writing |
8 | 21PBI406 | Advanced English Grammar | 2 | Intermediate English Grammar |
9 | 21PBI407 | Journalism* | 2 | |
10 | 21PBI408 | Entrepreneurship* | 2 | Kewirausahaan |
11 | 21PBI409 | English for Business* | 2 | |
Jumlah Sks | 22 | | ||
SEMESTER V | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK6PBI | Pengembangan Kurikulum | 2 | |
2 | 21FTK7PBI | Kuliah Kerja Lapangan (KKL) | 2 | |
3 | 21PBI501 | Methodology in TESOL | 2 | Theories and Principle in TESOL |
4 | 21PBI502 | Languange Assessment | 2 | |
5 | 21PBI503 | ELT Materials Development | 2 | |
6 | 21PBI504 | Language Curriculum Development | 2 | |
7 | 21PBI505 | ICT-Based Media for ELT | 2 | |
8 | 21PBI506 | Research Method in ELT | 2 | |
9 | 21PBI507 | Cross Cultural Understanding | 2 | |
10 | 21PBI508 | Introduction To Systemic Functional Linguistic | 2 | Advance English Grammar |
Jumlah Sks | 20 | | ||
SEMESTER VI | ||||
(Mengajar di Sekolah [MdS]) | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21FTK8PBI | Bimbingan dan Konseling | 2 | |
2 | 21PBI602 | ELT for Young Learners | 2 | |
3 | 21PBI603 | Introduction To Second Language Acqusitions | 2 | |
4 | 21PBI604 | Pragmatics | 2 | |
5 | 21PBI605 | Phonology | 2 | |
6 | 21PBI606 | Perencanaan Pembelajaran (MdS) | 2 | |
7 | 21PBI607 | Pengembangan Pembelajaran Inovatif (MdS) | 2 | |
8 | 21PBI608 | Integrasi ICT dalam Pembelajaran (MdS) | 2 | |
9 | 21PBI609 | Microteaching (MdS) | 2 | |
10 | 21PBI610 | Penilaian Pembelajaran (MdS) | 2 | |
Jumlah Sks | 20 | | ||
SEMESTER VII | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYARAT |
1 | 21UN09PBI | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 4 | |
2 | 21PBI701 | Discourse | 2 | |
3 | 21PBI702 | Translation and Interpreting | 2 | Translation and Language Pedagogy |
Jumlah Sks | 8 | | ||
SEMESTER VIII | ||||
NO | KODE | MATA KULIAH | SKS | MK PRASYART |
1 | 21FTK9PBI | Komprehensif | 0 | |
2 | 21FTK10PBI | Skripsi | 6 | |
Jumlah Sks | 6 | | ||
TOTAL JUMLAH SKS | 144 |
Profil Lulusan
Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
Pendidik Bahasa Inggris | Pendidik Bahasa Inggris di pendidikan formal, informal dan non formal yang meliputi tingkat pendidikan dasar dan menengah. |
Penerjemah | Penerjemah teks tulis atau lisan dari bahasa inggris ke bahasa Indonesia atau sebaliknya dalam berbagai lingkungan kerja |
Penulis | Penulis teks bahasa inggris dalam berbagai kepentingan ( akademis, sastra, populer, bisnis ). |
Praktisi dan Konsultan | Praktisi dan konsultan pendidikan terutama pendidikan bahasa inggris terlebih lagi pada masyarakat ekonomi Asean. |
Semua Program Studi Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Semua Fakultas
- Program Pascasarjana Fakultas Syari'ah dan Hukum Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Fakultas Sains dan Teknologi