Diberdayakan oleh Google TerjemahanTerjemahan

Program Studi

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Komunikasi dan Penyiaran Islam

  • Profile
  • Mata Kuliah
  • Kompetensi

Profile Singkat

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Nama Prodi dalam Bahasa Inggris
Islamic Communication and Broadcasting
Deskripsi
Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) merupakan pusat pengajaran, penelitian, dan pengabdian serta pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam. Ikhtiyar pencapaian visi dan misinya dilakukan melalui wadah corner-corner studi yang tersedia yaitu Corner Jurnalistik, Corner Broadcasting, Corner Public Speaking dan Corner Perfilman. Lulusan Prodi KPI memiliki kompetensi ideal dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam.
Profil Lulusan/Peluang Pekerjaan
Wartawan, penyiar (radio/tv), juru dakwah, penyuluh agama Islam, praktisi media (cetak/elektronik) dan sebagainya yang tentunya memiliki integritas, cendekia, berakhlak mulia serta memiliki wawasan keislaman yang berhaluan ahlussunnah wal-jama’ah.
Jenjang
Strata Satu (S1)
Izin Penyelenggaraan
Keputusan Mendikbud Nomor 149/E/O/2013
Gelar Lulusan
Sarjana Sosial (S.Sos.)
Akreditasi
Peringkat B, SK BAN PT Nomor 7421/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam merupakan satu-satunya prodi yang berada di lingkungan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UNISNU Jepara sekaligus menjadi pusat pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian serta pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam. Prodi ini berkonsentrasi penuh dalam upaya mewujudkan tenaga-tenaga yang memiliki kompetensi ideal di bidang komunikasi dan penyiaran Islam, memiliki kapabilitas, integritas keilmuan, serta memiliki wawasan keislaman yang berhaluan ahlus sunnah wa al-jama’ah an-nahdliyyah. Selama ini, telah mengembangkan kompetensi lulusan dengan membentuk corner public speaking, broadcasting, jurnalistik dan perfilman. Kehadiran KPI TV dengan beragam sarana yang dimilikinya mampu menjadikan Prodi KPI semakin eksis dalam membekali kompetensi praktis bagi mahasiswanya. Lulusan Prodi KPI menyandang gelar Sarjana Sosial (S.Sos.).

Lulusan Prodi KPI terserap menjadi dosen, wartawan, penyiar radio, penggiat media, desain dan layouter, fotografi, MC, pemerintahan, guru produktif broadcasting dan pengusaha.

Visi
“Menjadi Prodi yang unggul dalam bidang komunikasi dan penyiaran islam untuk mencetak lulusan sunni, profesional, cendekia dan berakhlakul karimah”.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam;
  2. Mengembangkan penelitian dan pengabdian bidang komunikasi dan penyiaran Islam dalam pemberdayaan potensi masyarakat;
  3. Menanamkan etika komunikasi dan penyiaran yang sesuai dengan nilai-nilai Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah;
  4. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga lain di bidang komunikasi dan penyiaran Islam.

Tujuan
Tujuan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara adalah :
  1. Terwujudnya pendidikan dan pelatihan komunikasi dan penyiaran Islam guna menghasilkan Sarjana Strata Satu (S1) yang dipersiapkan sebagai lulusan yang profesional di bidang komunikasi dan penyiaran Islam;
  2. Dihasilkannya produk penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat;
  3. Dihasilkannya sarjana yang memiliki nilai-nilai etika Islam ahlus sunnah wa al-jam'ah  an-nahdliyyah dan mampu menerapkannya dalam komunikasi dan penyiaran;
  4. Terciptanya kerjasama dengan pihak lain yang harmonis dan berkelanjutan untuk mendapatkan kemanfaatan bersama berdasarkan saling pengertian.


Mata Kuliah


STRUKTUR KURIKULUM KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA BERBASIS MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA

PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM

TAHUN 2021

 

SEMESTER I

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21UN01KPI

Pancasila

2

 

2

21UN03KPI

Bahasa Indonesia

2

 

3

21UN04KPI

Bahasa Inggris

2

 

4

21UN05KPI

Ahlussunnah wa al Jama`ah

2

 

5

21UN07KPI

Studi al Quran dan al Hadits

2

 

6

21UN08KPI

Akhlak

2

 

7

21FDK1KPI

Ilmu Dakwah

2

 

8

21FDK2KPI

Pengantar Ilmu Komunikasi

2

 

9

21FDK3KPI

Pengantar Studi Islam

2

 

10

21KPI101

Pengantar Jurnalistik

2

 

Jumlah Sks

20

 

SEMESTER II

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21UN02KPI

Kewarganegaraan

2

 

2

21FDK4KPI

Bahasa Inggris 2

2

Bahasa Inggris

3

21FDK5KPI

Teori Komunikasi

2

Pengantar Ilmu Komunikasi

4

21FDK6KPI

Bahasa Arab 1

2

 

5

21FDK7KPI

Bahtsul Kutub 1

2

 

6

21FDK8KPI

Tafsir Ayat Dakwah

2

Studi al Qur`an dan al Hadits

7

21FDK9KPI

Hadits Dakwah

2

Studi al Qur`an dan al Hadits

8

21FDK10KPI

Islam dan Local Wisdom

2

 

9

21FDK11KPI

Filsafat Ilmu

2

 

10

21FDK12KPI

Sejarah Dakwah

2

Ilmu Dakwah

11

21KPI201

Jurnalistik Media Cetak

2

Pengantar Jurnalistik

12

21KPI202

Komunikasi Publik dan Massa

2

 

Jumlah Sks

24

 

SEMESTER III

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21UN06KPI

Ke-NU-an

2

 

2

21FDK13KPI

Filsafat Dakwah

2

Filsafat Ilmu

3

21FDK14KPI

MPK Kuantitatif & Statistik

3

 

4

21KPI301

Bahasa Arab 2

2

Bahasa Arab 1

5

21KPI302

Bahtsul Kutub 2

2

Bahtsul Kutub 1

6

21KPI303

Ushul Fiqh dan Fiqih

3

 

7

21KPI304

Jurnalistik Media Penyiaran

2

Pengantar Jurnalistik

8

21KPI305

Komunikasi Kelompok dan Organisasi

2

 

9

21KPI306

Pengantar Sosiologi

2

 

10

21KPI307

Pengantar Psikologi

2

 

11

21KPI308

Jurnalistik Media Online

2

Pengantar Jurnalistik

Jumlah Sks

24

 

SEMESTER IV

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21FDK15KPI

Kewirausahaan

2

 

2

21KPI401

Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

Pengantar Ilmu Komunikasi

3

21KPI402

Fotografi Jurnalistik

3

 

4

21KPI403

Desain Komunikasi Visual

2

Pengantar Ilmu Komunikasi

5

21KPI404

Media Grafis

2

 

6

21KPI405

Sinematografi

3

 

7

21KPI406

Vlog dan Youtube

2

Pengantar Ilmu Komunikasi

8

21KPI407

Metode Penelitian Komunikasi

2

MPK Kuantitatif & Statistik

9

21KPI408

Public Relations

2

 

10

21KPI409

Komunikasi Politik

2

 

Jumlah Sks

22

 

SEMESTER V

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21FDK16KPI

Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

2

 

2

21FDK17KPI

Praktik Qiro'ah dan Ibadah

2

 

3

21FDK18KPI

Studi Agama Kontemporer

2

Pengantar Sosiologi

4

21KPI501

Bahtsul Kutub 3

2

Bahtsul Kutub 2

5

21KPI502

Sosiologi Komunikasi Media

2

Pengantar Sosiologi

6

21KPI503

Psikologi Dakwah dan Komunikasi

2

Pengantar Psikologi

7

21KPI504

MPK Kualitatif & Analisis Media

3

Metode Penelitian Komunikasi

8

21KPI505

Penulisan Artikel

2

Pengantar Jurnalistik

9

21KPI506

Hukum dan Etika Jurnalistik/Penyiaran

2

Pengantar Jurnalistik

Jumlah Sks

19

 

SEMESTER VI

(Praktik di Luar Kampus/Dunia Industri)

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21KPI601

Manajemen Redaksi

2

Pengantar Jurnalistik

2

21KPI602

Reportase Media Cetak

2

Media Grafis

3

21KPI603

Produksi Media Cetak

2

Media Grafis

4

21KPI604

Manajemen Siaran

2

Pengantar Jurnalistik

5

21KPI605

Reportase Media Penyiaran

2

Media Grafis

6

21KPI606

Produksi Acara Televisi dan Radio

3

Media Grafis

7

21KPI607

Tata Artistik Produksi Siaran

2

Media Grafis

8

21KPI608

Teknik Editing Televisi dan Radio

3

Media Grafis

9

21KPI609

Newscasting/Announcing

2

Pengantar Ilmu Komunikasi

Jumlah Sks

20

 

SEMESTER VII

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21UN09KPI

Kuliah Kerja Nyata (KKN)

4

Kuliah Kerja Lapangan (KKL)

2

21FDK19KPI

Retorika Dakwah

2

Pengantar Komunikasi

3

21KPI701

Komunikasi Sosial, Budaya & Agama

2

 

Jumlah Sks

8

 

SEMESTER VIII

NO

KODE

MATA KULIAH

SKS

MATA KULIAH PRASYARAT

1

21FDK20KPI

Seminar Komunikasi

3

 

2

21FDK21KPI

Skripsi

6

 

Jumlah Sks

9

 

TOTAL JUMLAH SKS

146

 


Kompetensi

Kompetensi dan profil lulusan prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam dideskripsikan sebagai berikut:
NoProfil/Kompetensi LulusanDeksipsi Profil
1Akademisi dan Peneliti Bidang Komunikasi dan Dakwah IslamMenjadi sarjana yang ahli dan konsen di bidang komunikasi (dan dakwah) Islam serta turut mengembangkan ilmu komunikasi dalam rangka dakwah Islam melalui riset-riset
2Praktisi Komunikasi DakwahMenjadi sarjana yang ahli dan konsen menggunakan prinsip-prinsip ilmu komunikasi (dan dakwah) Islam dalam rangka dakwah Islam, misalnya mahir dalam da'i, kehumasan (MC), perfilman, fotografi, desain, dan layout
3Jurnalistiak atau Broadcaster (pilihan konsentrarsi)Menjadi sarjana yang ahli dan konsen di bidang jurnalistik atau broadcasting sebagai salah satu jalan untuk menyiarkan Islam melalui media massa (radio, televisi, dan media online)
Untuk menunjang kompetensi keilmuan bagi mahasiswa, Fakultas Dakwah dan Komunikasi prodi KPI menyediakan corner-corner yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam meningkatkan skill dan kemampuan teoretis-praktis dalam bidang keahlian yang dipilih. Corner yang disediakan terdiri dari 4 bidang, yaitu:
  1. Corner Jurnalistik
  2. Corner Broadcasting
  3. Corner Public Speaking
  4. Corner Perfilman

Keberadaan laboratorium KPI yang kini telah lengkap sarana dan prasarana pendukungnya telah mampu menopang kreativitas dan kompetensi mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan/kompetensi dengan didukung hadirnya KPI TV dan Radio RIFADA FM sebagai media pembelajaran mahasiswa yang mengintegrasikan teori dan praktik di lapangan.