PKKMB Unisnu Dorong Mahasiswa untuk Berprestasi


Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ajaran 2018/2019. Selama lima hari mulai Senin hingga Jumat (3-7/9/2018) mendatang, mahasiswa baru akan dikenalkan lebih dekat dengan kehidupan kampus Unisnu. Mulai dari civitas akademika, hingga organisasi kampus.

Pembukaan PKKMB dilakukan di Lapangan Unisnu Jepara, Senin (3/9/2018). Kegiatan dibuka secara langsung oleh Ketua Yaptinu, Dr. Shodiq Abdullah M.Ag didampingi, Warek I Unisnu Jepara, Drs. H. Akhirin, M.Ag. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong, pelepasan balon serta penyematan tanda peserta.

Untuk tahun ini, total ada 1.481 mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB. Mereka berasal dari 5 fakultas yang ada di universitas tersebut. Yakni Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Syariah dan Hukum, Dakwah dan Komunikasi, Sains dan Teknologi serta Fakultas Ekonomi Bisnis.

Fatkhur Rozi mengatakan, PKKMB ini merupakan kegiatan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru. ”Kegiatan ini jadi gerbang awal di mana mereka bisa memahami seluruh isi kampus,” katanya.

Selama lima hari ada berbagai materi yang akan disampaikan. Mulai dari Ke-unisnuan, Aswaja, Siama, Anti Radikalisme, PKM, hingga pengenalan organisasi kemahasiswaan. Puncaknya inagurasi PKKMB digelar Jumat malam.

PKKMB tahun 2018 ini mengambil tema Mahasiswa Berprestasi untuk NKRI. Tujuannya tak lain untuk mendorong mahasiswa baru agar memiliki semangat menggali potensi dan menorehkan prestasi. ”Kami mendorong mahasiswa agar menemukan minat dan bakat yang nantinya bisa dikembangkan di organisasi kemahasiswaan. Para mahasiswa baru diarahkan mengikuti minimal satu organisasi kemahasiswaan,” kata Fatkhur Rozi.

Sementara itu Ketua Yaptinu, Dr. Shodiq Abdullah M.Ag menyampaikan selamat datang bagi para mahasiswa baru. Saat ini mereka telah bergabung sebagai bagian dari Unisnu Jepara. ”Kegiatan PKKMB ini harap diikuti dengan baik. Mari bersama-sama membesarkan Unisnu Jepara. Kami meyakini suatu saat Unisnu akan jadi kampus NU terbesar di Indonesia.” Ujarnya. (emy)