Peringati Haul Ke-9 Kiai Sahal Mahfudh, UNISNU JEPARA Gelar Majelis Doa dan Pengajian

Peringati Haul Ke-9 Kiai Sahal Mahfudh, UNISNU JEPARA Gelar Majelis Doa dan Pengajian

UNISNU.ac.id – Dalam memperingati Maulid Nabi Muhamamd SAW dan Haul Ke-9 DR. K.H. MA Sahal Mahfudh, serta menyambut Hari Santri 2022, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA) menggelar acara majelis doa dan pengajian pada Rabu (19-10-2022). Majelis tersebut dilaksanakan di Masjid Ar-Robbaniyyin Kampus UNISNU JEPARA dengan mengambil tajuk Haflah Maulidurrosul SAW, Haul Ke-9 DR. K.H. MA. Sahal Mahfudh, dan Istighotsah Santri untuk Negeri. Hadirin terdiri atas mahasiswa, pejabat, dosen, dan tenaga kependidikan UNISNU JEPARA.

Majelis doa dan pengajian dimulai dengan pembacaan selawat barzanji, dilanjutkan dengan istighotsah, tahlil, doa, sambutan-sambutan, serta diakhiri dengan mauidloh hasanah. Pembacaan selawat dilakukan oleh kelompok rebana Fakultas Syari’ah dan Hukum. Dr. Abdul Wahab, Dr. H. Barowi, dan H. Noor Rohman Fauzan, M.A. secara berturut-turut menjadi imam istighotsah, tahlil, dan doa.

Rektor UNISNU JEPARA, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. pada sambutannya menceritakan beberapa pengalaman dan kesannya bersama Kiai Sahal Mahfudh. Rektor memulai dengan kronologi penyiapan pendirian tinggi NU di Jepara. Dalam proses itu, Rektor berucap bahwa Kiai Sahal menjadi “tangga wasilah” berdirinya INISNU Jepara. “Kita bolak-balik sowan dan meminta restu. Figur Kiai Sahal sangat terbuka dan selalu memberikan wawasan, yang mana wawasan itu merupakan suatu tantangan”, kenang Rektor. 

Kekaguman Rektor sering muncul ketika dahulu berdiskusi dengan Kiai Sahal. “Kiai Sahal wawasannya sangat luas, meskipun bukan akademisi, tetapi pemikiran akademiknya membumi. Kadang mengagetkan beliau berbicara mengenai teologi, teosofi, dan filosofi”, ujar Rektor. Ketika menutup sambutan, Rektor mengajak belajar dari figur Kiai Sahal untuk menunjukkan sikap dewasa dalam hal menggali ilmu.

Ketua Bidang Hukum, Humas, dan Kerja Sama YAPTINU JEPARA, Dr. H. Mashudi, M.Ag. yang memberikan sambutan mewakili Ketua Umum menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan majelis pengajian. Salah satu pesan yang disampaikan Mashudi yaitu mahasiswa yang tidak pernah melihat sosok Kiai Sahal agar membaca riwayat dan buku sejarah beliau. 

Sebagai penutup dan inti acara, mauidloh hasanah disampaikan oleh K.H. Taufiqul Hakim, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri. Tak hanya memberikan mauidloh hasanah, K.H. Taufiqul Hakim juga membagikan buku kepada hadirin. Ada enam judul buku yang dibagikan secara gratis.

Sebelumnya, untuk memperingati Haul Ke-9 Kiai Sahal, telah dilaksanakan khataman Al-Qur’an oleh mahasiswa penerima beasiswa tahfiz pada Sabtu (15-10-2022) di tempat yang sama. Setelah ini, UNISNU JEPARA akan melaksanakan upacara bendera pada Sabtu (22-10-2022) untuk memperingati Hari Santri 2022. [Roni/Humas]