Peringati Hari Santri Nasional, Unisnu Gelar Upacara dan Istighotsah

Peringati Hari Santri Nasional, Unisnu Gelar Upacara dan Istighotsah

Peringati Hari Santri Nasional 2018, Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar upacara dan Istighotsah, Senin (22/10/2018). Bertempat di Lapangan Unisnu Jepara, Kegiatan Upacara diikuti oleh dosen, karyawan, mahasiswa dan segenap sivitas akademika Unisnu Jepara.

Sebagai lembaga perguruan tinggi NU, Unisnu Jepara memiliki hubungan yang erat dengan peringatan Hari Santri Nasional. Bukan hanya karena Unisnu lahir dari NU, tetapi juga karena mayoritas sivitas akademika berlatar belakang santri, baik mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan. Bahkan, sebagian juga masih berstatus santri maupun pengasuh di pondok pesantren yang tersebar di Kabupaten Jepara dan sekitarnya

Rektor Unisnu Jepara, Dr. Sa’dullah Assa’idi, M. Ag bertindak sebagai pembina upacara dalam peringatan yang tidak terlepaskan dari resolusi jihad yang dikumandangkan Hadaratussyekh KH Hasyim Asy’ari, Rais Akbar Nahdlatul Ulama, pada 22 Oktober 1945. Pada kesempatan ini, Rektor Unisnu membacakan amanat dari Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj, MA.

“Momentum Hari Santri hari ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan. Spirit nasionalisme bagian dari iman perlu terus digelorakan di tengah arus ideologi fundamentalisme agama yang mempertentangkan Islam dan nasionalisme” ujar Rektor saat menyampaikan amanat pembina upacara. Lebih lanjut, beliau juga menyampaikan bahwa santri harus siap mengemban amanat yang sangat berat, yaitu amanah agama, tanah air dan  Juga amanah kalimatul haq, Berani mengatakan “iya” terhadap kebenaran walaupun semua orang mengatakan “tidak” dan sanggup menyatakan “tidak” pada kebatilan walaupun semua orang mengatakan “iya”

Setelah pelaksanaan upacara, acara dilanjutkan doa bersama dengan menggelar Istighotsah di masjid Ar-Robbaniyyin kampus Unisnu Jepara. Bertindak sebagai pemimpin Istighotsah Dr. Mashudi, M. Ag Ketua Bidang Akademik Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (Yaptinu).

Selain Menggelar Upacara dan Istighotsah peringatan Hari Santri Nasional tahun ini, Unisnu Juga turut berpartisipasi dalam kegiatan Kemah Santri dan Pelajar Jepara, Kirab Bendera HSN, dan Upacara Hari Santri Nasional di Lapangan Bogoran, Welahan, Jepara, Sabtu-Senin, 20-22 Oktober 2018. Dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh PC RMI NU Jepara ini, Unisnu Mengirimkan delegasi dari Racana Kalijaga, Racana Ratu Kalinyamat dan juga pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).