Peringati Hari Pahlawan, Teater Tuman Adakan Teatrikal Puisi

Peringati Hari Pahlawan, Teater Tuman Adakan Teatrikal Puisi

Teater Tukul Manfaat (Tuman) memperingati Hari Pahlawan dengan aksi Teatrikal Puisi, Selasa (10/11/2020) bertempat di halaman Gedung Rektorat Unisnu Jepara, aksi peringatan hari pahlawan dimulai pada pukul 15.00 WIB. Kegiatan ini  merupakan bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan, dan juga mengenang  jasa-jasa para pendiri serta dosen Unisnu Jepara yang telah mendahului kita.

Acara dibuka oleh Afis, warga Tuman yang membacakan Sajak Pertemuan Mahasiswa karya W.S Rendra., dengan berjalan kaki dan berpakaian merah putih dari sanggar menuju halaman gedung Rektorat Unisnu Jepara ia membacakan karya “Si Burung Merak” dengan lantang. Sesampainya di halaman gedung rektorat, beberapa warga Tuman bergantian membacakan puisi.

Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assaidi, M. Ag, Mengapresiasi kegiatan ini. Dalam sambutannya beliau berpesan bahwa sudah seharusnya kita mengapresiasi, meneladani dan menghargai apa yang telah diperjuangkan oleh para pejuang kita.

"Perjuangan yang diwujudkan dalam bentuk suatu penyesuaian adaptasi zaman saat ini memang berat, karna perjuangan saat ini berbeda dengan perjuangan orang pada zaman dulu. Orang dulu berjuang merebut negeri yang berdaulat ini, namun sekarang perjuangan kita ialah menangkis orang-orang yang menentang nasionalisme." Jelas Rektor Unisnu Jepara

Halaman Gedung Rektorat yang sudah di sulap menjadi tempat pementasan Treatikal Puisi Hari Pahlawan dipenuhi foto-foto  para pendiri dan dosen Unisnu Jepara yang sudah mendahului pulang ke Rahmatullah. Foto tersebut untuk mengenang jasa-jasa beliau, karena beliau juga merupakan pahlawan yang berjasa untuk mahasiswa Unisnu Jepara.

Selain untuk mengenang jasa pahlawan, aksi teatrikal dan pembacaan puisi peringatan Hari Pahlawan 2020 ini juga dijadikan sarana untuk melatih mental anggota teater tuman itu sendiri.

"Konsep dramatikal yang pertama saat pembukaan itu untuk melatih mental dari penampilan teman-teman tuman dan untuk menyadarkan  diri bagi mahasiwa yang lain agar mengenang jasa-jasa para pahlawan". Ujar Bazuri, Ketua Teater Tuman di akhir acara. (lpmfokus/gm)