Peringati Hari lahir, Unisnu Gelar Donor Darah

Peringati Hari lahir, Unisnu Gelar Donor Darah

Dalam rangka memperingati harlah ke-26. Unisnu mengadakan kegiatan donor darah pada Rabu (9/8). Bertempat di halaman gedung pelayanan Unisnu Jepara, Kegiatan yang belangsung mulai pukul 09.00 ini diikuti oleh Mahasiswa, staff dan pegawai Unisnu.

Fatchur Rochman, M.Si. selaku ketua panitia mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Unisnu tiap tahunnya. Pada kesempatan ini Unisnu bekerja sama dengan Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unisnu dan PMI Kabupaten Jepara

“Aksi ini merupakan bentuk kepedulian sosial Unisnu kepada sesama, dengan aksi ini, semoga bisa memberikan manfaat dan bisa berguna bagi pihak yang bener-benar membutuhkannya” ujar Fatchur Rochman, M.Si. yang juga merupakan dosen pembina KSR PMI Unisnu Jepara.

Kegiatan donor darah mendapatkan apresiasi positif dari sivitas akademika Unisnu, salah satunya Nasikhul Umam. Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang aktif di kegiatan olahraga ini mengatakan bahwa dia rutin melakukan donor darah setiap 4 bulan sekali.

“Dulu ada teman saya yang kesulitan mendapatkan darah, karena itulah sekarang saya rutin ikut donor darah, karena pasti di luar sana ada yang membutuhkan” ucap Nasikhul Umam.

Kegiatan donor darah berakhir pada pukul 13.00 WIB dan berhasil mendapatkan 36 kantung darah. Dari sekian banyak pendonor hanya ada satu yang tidak lolos memenuhi syarat untuk melakukan donor darah. “Satu orang tidak bisa ikut donor karena si calon pendonor telah menkonsumsi obat sehari sebelumnya.“ ujar ketua KSR PMI Unit Unit Jepara Adam yongky Kusuma.

Selain bisa membantu sesama, banyak juga manfaat donor darah yang tidak diketahui oleh masyarakat umum, seperti menjaga kesehatan jantung. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil, ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol.