Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Jepara

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Jepara

Wahana Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup (Wapalhi) Unisnu Jepara berpartisipasi dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Kabupaten Jepara Tahun 2019. Dengan mengusung Tema "Kolaborasi Stake Holders Pengolahan Lingkungan Hidup dalam Mendukung Biru Langit Jeparaku Hijau Bumi Kartiniku”, Kegiatan ini  dilaksanakan pada Jum'at, (2/8/2019) di Pantai Semat Desa Semat, Kec. Tahunan, Kab. Jepara. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dibuka oleh Farikhah Elida, S.T., M.T Kepala DLH Kabupaten Jepara. Dilanjutkan penanaman simbolis oleh Plt. Bupati Jepara, Kepala DLH Jepara, PLTU Jepara, Petinggi Semat, dan Wapalhi Unisnu Jepara Sebagai tanda dimulainya acara.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia  tersebut diiringi dengan beberapa kegiatan yakni Talk Show, Coastal Clean Up, Fun Games, dan juga Pemeriksaan kesehatan Gratis. sebanyak 500 perserta yang terdiri dari Stake holders Kabupaten Jepara, Wapalhi Unisnu, Mahasiswa KKN Unisnu, Pramuka, dan Masyarakat Umum turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Farikhah Elida, S.T., M.T. Kepala DLH Jepara dalam dialog Interaktif (Talk Show pengendalian sampah plastik sekali guna dan upaya menciptakan  udara yang bersih dan sehat) menghimbau  masyarakat dan peserta untuk tidak membakar sampah akan tetapi memilahnya untuk dijadikan pupuk yang berguna.

“Penanganan sampah merupakan tanggungjawab bersama baik pemerintah dan masyarakat, sehingga peran masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat ini mutlak dibutuhkan untuk mempertahankan Adipura”. Ucap Edy, ketua Wapalhi FSH Unisnu Jepara yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk nyata yang dapat dijadikan contoh seperti membuang sampah pada tempatnya, pemanfaatan limbah yang dapat di gunanakan sebagai barang guna seperti Pemanfaatan ban bekas menjadi kursi, dan berbagai hasil lainnya yang ditunjukkan dalam Kegiatan tersebut.

Setelah talkshow penanganan dan pengolahan sampah, acara kemudian dilanjutkan dengan aksi bersih pantai yang dikoordinasi oleh Gerakan Pungut Sampah (GPS) Jepara dan Coastal Cleanup Ranger Jepara

Acara yang digagas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Jepara ini ditutup dengan penimbangan sampah, fun game dan pembagian doorprize pada pukul 10.30 WIB.