Perajin Blora Dikirim ke Jepara, Belajar Ukir kepada Dosen UNISNU JEPARA

Perajin Blora Dikirim ke Jepara, Belajar Ukir kepada Dosen UNISNU JEPARA

UNISNU.ac.id – Universiras Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA) melalui Program Studi Desain Produk menyelenggarakan pelatihan ukir bagi perajin asal Blora, Senin-Sabtu (10-15 Oktober 2022) di kampus Unisnu Jepara. Kegiatan tersebut sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU antara Unisnu Jepara dengan Pemerintah Kabupaten Blora pada 27 Juni 2022 lalu.

Sebelum dilaksanakan pelatihan ukir, dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (MoA) antara Ketua Prodi Desan Produk Unisnu Jepara Dwi Agus Susila, S.Sn, M.Sn. dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora Endro Budi Darmawan, S.E., M.Si.

Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Blora mengirimkan 10 (sepuluh) perajinnya untuk belajar ukir secara langsung dengan pakarnya, yakni  dosen Unisnu Jepara. “Upaya ini dilakukan Pemerintah Kabupaten Blora untuk meningkatkan nilai jual produk mebel asal Blora, serta membuka wawasan yang lebih luas kepada perajin tentang seni ukir”. Ungkap Kepala Disperinaker Kab. Blora pada sambutan pembukaan acara pelatihan ukir.

Sementara itu, Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., mengemukakan bahwa seni ukir itu membutuhkan keterampilan seperti halnya seni rupa, perlu mempersiapkan kerangka desain yang akan diukir, dan untuk mengembangkan keahlian seni ukir juga perlu banyak mengenal model, bentuk gaya untuk menghasilkan suatu produk ukir.

“Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora atas tindak lanjut dari MoU, semoga kegiatan pelatihan ukir sebagai langkah awal dan tidak berhenti sampai di sini. Prodi Desain Produk Unisnu Jepara berkomitmen untuk melestarikan dan mengembangkan budaya seni ukir Jepara, terima kasih juga kepada para dosen yang selalu setia dalam mengembangkan ilmu tersebut”. Pungkas Rektor pada sambutan pembukaan kegiatan pelatihan ukir, yang sekaligus membuka acara dengan bacaan ummul kitab.

Pelatihan dipandu oleh 6 instruktur dan pakar ukir dari unsur dosen Prodi Desain Produk Unisnu Jepara, yakni Ir. Gun Sudiryanto, M.M. (Materi Manajemen Usaha), Jati Widagdo, M.Sn. (Desain Ukir), Drs. Sutarya, M.M. (Praktek Kerja Ukir), Dwi Agus Susila, M.Sn. (Konstruksi Ukir), Achmad Zainudin, M.Sn. (Finishing Produk Ukir), dan DS. Drajad Wibowo, M.Sn. (Pameran Karya Seni Ukir).

Wakil Rektor Bidang III Unisnu Jepara Ir. Gun Sudiryanto, M.M., yang juga pengawas dalam kegiatan ini menjelaskan sebetulnya ada 30 pemuda yang rencananya dikirim. Namun harus bertahap karena satu dan lain hal. “Untuk saat ini sepuluh perajin dari Blora yang mengikuti pelatihan, kegiatan berikutnya ada sepuluh, dan seterusnya,” katanya.

“Harapannya, nanti para perajin yang rata-rata lulusan SMK tersebut bisa menyerap dan mengaplikasikan dalam produksi usaha masing-masing,” Pungkas Wakil Rektor Bidang III.

Selain menjalin kerja sama lintas sektor, kegiatan ini diharapkan bisa menghubungkan akademisi dengan dunia industri atau dunia usaha. (Zak/Humas)

Pelatihan Ukir Prodi Desain Produk 2022

Pelatihan Ukir Prodi Desain Produk 2022 2Pelatihan Ukir Prodi Desain Produk 2022 3