Pengajian dan Santunan Yatama Harlah ke-30 Unisnu Jepara

Pengajian dan Santunan Yatama Harlah ke-30 Unisnu Jepara

Banyak amalan kebaikan untuk mengisi kegiatan di bulan Muharram, salah satunya adalah memberikan santunan kepada anak yatim. Itu pula yang dilakukan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara melalui rangkaian kegiatan Hari Lahir ke-30 Unisnu Jepara. Acara memberikan santunan kepada anak yatim dibingkai dalam satu kegiatan, yakni Pengajian dan Santunan Yatama.

Rabu, 18 Agustus 2021 / 9 Muharram 1443 H, bertempat di Masjid Ar Robbaniyyin, kompleks kampus Unisnu. sebanyak 21 anak yatim yang berada di sekitar lingkungan kampus menerima santunan dari Unisnu Jepara. Santunan diserahkan secara langsung oleh Ketua Umum Yaptinu dan Rektor Unisnu Jepara

Dengan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, kegiatan yang dilaksanakan setelah waktu Ashar itu dihadiri undangan terbatas pejabat struktural di lingkungan Unisnu Jepara dan juga disiarkan secara live streaming melalui kanal YouTube Unisnu Jepara Channel.

Pengajian dan santunan yatama tersebut diselenggarakan sebagai penutup rangkaian kegiatan Hari Lahir ke-30 Unisnu Jepara. Sebelumnya, berbagai kegiatan dilaksanakan untuk mensyukuri Hari lahir ke 30 Unisnu Jepara yang jatuh pada 7 Agustus 2021, dengan mengusung tema “Reaktualisasi Spirit Kebangkitan (an-Nahdlah), dan Keulamaan ( al-Ulama’)”. 

Rangkaian kegiatan Hari lahir ke 30 Unisnu Jepara diantaranya adalah Santunan kepada 30 dhuafa (6/8/2021), haul pendiri dan tahtimul qur’an (7/8/2021), lomba rebana tingkat kabupaten (8/8/2021), ziarah kubur ulama dan pendiri Yaptinu-Unisnu (12/8/2021), Seminar Nasional (13/8/2021) dan ditutup dengan pengajian serta santunan yatama (18/8/2021).

“Terimakasih atas kedatangan Bapak/Ibu para wali dan juga adik-adik yatama. Saya berwasilah kepada yatama, mohon do’anya untuk Unisnu Jepara di umur yang ke-30 ini agar semakin maju, baik dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat Islam”. Ujar Rektor Unisnu Jepara, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., Lebih lanjut Beliau juga menyampaiakan agar meneladani situasi ketika Asyura’, untuk saling menyambung persaudaraan dan mencari keberkahan di bulan Muharram.

“Semoga pada Harlah ke-30 Unisnu Jepara semakin berkembang menjadi lebih besar, lebih baik, lebih bermanfaat kepada masyarakat sekitar khususnya warga Jepara. Kami juga menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Unisnu Jepara telah mempertahankan tradisi baik yang telah kita bangun sekian lama, yaitu keberpihakan dan kepedulian kepada sesama”, ujar Ketua Umum Yaptinu Jepara, Dr. H Shodiq Abullah, M.Ag., dalam sambutannya.

Dalam Mauidlhoh Khasanah Dr. KH. Akhirin, M.Ag. menyampaikan rasa bangganya terhadap Unisnu Jepara, “Saya bangga dan senang Unisnu Jepara secara istiqomah mengadakan kegiatan santunan yatama, disebutkan dalam salah satu hadits, bahwa Nabi Muhammad SAW sangat menyayangi anak-anak yatim. dan Beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura (tanggal 10 Muharram)”. Ujarnya