Pembekalan KKN, Mahasiswa Unisnu Siap Kuatkan Potensi Pariwisata

Pembekalan KKN, Mahasiswa Unisnu Siap Kuatkan Potensi Pariwisata

Menjelang penerjunan mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara TA. 2017/2018, sebanyak 598 peserta mengikuti pembekalan KKN pada Sabtu-minggu (30-31/12/2017) di Ruang seminar Lt. 3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Hari pertama pembekalan diikuti oleh peserta KKN yang berlokasi di Kecamatan Pakis Aji dan Kembang, Sedangkan pada Hari kedua giliran peserta yang akan mengabdi di kecamatan Keling dan Donorojo. Kegiatan pembekalan yang berlangsung selama 2 hari tersebut dihadiri oleh Rektor Unisnu Jepara Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. dan juga petinggi kecamatan tempat peserta KKN akan mengabdi.

Dalam kegiatan pembekalan, para peserta mendapat materi seputar Program KKN TA. 2017/2018, yakni deskripsi potensi lokasi KKN, observasi untuk memetakan potensi desa lokasi KKN dan juga penyusunan program kerja. Dengan adanya pembekalan, diharapkan program kerja peserta KKN akan dapat menyentuh potensi lokasi KKN dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan potensi desa lokasi KKN, khususnya di bidang pariwisata. Untuk menambah pengetahuan peserta tentang publikasi dan dokumentasi kegiatan, para peserta juga mendapatkan pembekalan berupa materi jurnalistik dan videografi oleh 2 narasumber, yakni Muhammadun Sanomae dari Suara Merdeka dan Zainal Abidin dari Jawa Pos.

Dalam sambutannya, rektor Unisnu Jepara Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. mengingatkan pentingnya bagi mahasiswa untuk memegang teguh moto Unisnu Jepara yakni Cendikia dan Berakhlakul Karimah. Beliau juga berpesan untuk selalu ramah kepada warga desa dan mampu mengayomi masyarakat. “KKN Bukan refreshing, tapi membangun dan mengamalkan ilmu, khidmah melayani dan mengayomi masyarakat dan juga teman” tandasnya. Dalam sambutannya beliau juga berpesan kepada peserta KKN untuk mampu mem-branding produk-produk lokal di mana mahasiswa mengabdi.

KKN Unisnu Jepara T.A. 2017/2018 mengangkat tema “Penguatan Potensi Pariwisata Guna Meningkatkan Daya Saing Daerah Berbasis Unggulan Desa”. Hal ini merupakan langkah konkret Unisnu untuk dapat berkontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan desa, sesuai dengan salah satu fungsi tri dharma perguruan tinggi, yakni dharma pengabdian masyarakat.

Sebanyak 598 Mahasiswa akan terjun di 4 kecamatan yang ada di Kabupaten Jepara guna melaksanakan kegiatan KKN. Ke-598 mahasiswa tersebut akan didampingi oleh 39 DPL di Masing-masing desa tempat mereka mengabdi. Penerjunan peserta KKN akan dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2018 di Pendopo Kabupaten Jepara, dilanjutkan dengan penyerahan di tingkat kecamatan keesokan harinya. Selama 40 hari, peserta akan mengabdikan dirinya kepada masyarakat di lokasi KKN.