Pelatihan Inovasi Produk Roti untuk Mempertahankan Produk Unggulan Jepara

Pelatihan Inovasi Produk Roti untuk Mempertahankan Produk Unggulan Jepara

Tim Pengabdian PPPUD (Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah) Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara telah mengadakan kegiatan pelatihan di salah satu home Industri Roti di daerah Sentra Roti Bugo Welahan Jepara. Pelatihan ini fokus pada pelatihan inovasi produk roti lokal Jepara. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mitra tentang inovasi produk roti yang dimiliki oleh home industri Andil Jaya Bakery milik Almarhum H. Sunoto.

Tim pengabdian ini merupakan kolaborasi dosen Unisnu dan dosen Universitas Negeri Semarang (Unnes) dengan berbagai keahlian. Tim terdiri Dr. Ali Sofwan, M.Si., Harminto Mulyo, M,Kom. dan Hayu Dian Yulistianti, M.Pd. dari Unisnu Jepara, serta Octavianti Paramita, S.Pd., M. Sc. dari Unnes. Latar belakang kegiatan ini adalah semakin berkurangnya minat customer terhadap produk yang dimiliki sehingga berimbas pada produksi dan omset yang didapat. Seperti yang disampaikan oleh ketua Tim, yaitu Bapak Ali Sofwan, pelatihan ini merupakan bentuk kontribusi Unisnu dalam rangka mempertahankan salah satu produk unggulan Jepara. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai tanggal 16-17 Juli 2020 bertempat di rumah mitra, Home Industri Andil Jaya Bakery , Bugo Welahan , Jepara.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Ketua Tim, kemudian langsung proses pembuatan inovasi produk. Inovasi produk yang dibuat adalah roti sisir dan roti bantal. Ini sesuai dengan kebutuhan mitra karena sasarannya adalah untuk kalangan menengah kebawah. Proses pembuatannya dimulai dari persiapan bahan-bahan dan alat, kemudian pencampuran/pengadonan bahan untuk membuat bahan dasar roti, selanjutnya proses pengadukan/pengulenan dengan menggunakan mixer elektrik. Setelah ulenan siap, kemudian mulai pencetakan roti secara manual untuk kemudian di taruh di loyang untuk selanjutnya di oven. Setelah beberapa puluh menit, kemudian roti sudah siap untuk di sisir dan produk satu lagi di buat roti bantal. Tahap terakhir yaitu pemberian toping atau rasa yaitu selai nanas untuk sisir dan dark chocholate untuk roti bantal kemudian di packaging dengan merek Andil Jaya.

Para peserta pelatihan ini merupakan pegawai Andil Jaya Bakery berjumlah 6 orang. Para peserta sangat antusias dan aktif dalam mengikuti pelatihan ini. Narasumber juga memberikan pengetahuan dan keterampian mengenai teknik pengulenan dan juga pemanggangan roti supaya hasilnya maksimal. Kegiatan ini difasilitasi oleh DRPM Hibah Ristek dikti tahun anggaran 2020. Sesuai dengan amanat, kegiatan ini dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker dan cuci tangan. Harapannya, kegiatan ini dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap produktifitas sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan omset mitra.