Peduli Jurnal Ilmiah, UPT Perpustakaan Unisnu Adakan Pelatihan Mendeley

Peduli Jurnal Ilmiah, UPT Perpustakaan Unisnu Adakan Pelatihan Mendeley

Peduli dengan Jurnal Ilmiah, UPT Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara adakan seminar dan workshop software Mendeley, Rabu (14/8/2019). Dengan mengambil tema “Pemanfaatan e-Resource Mendukung Publikasi Karya Ilmiah”, kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium lantai 3 Gedung Perpustakaan Unisnu Jepara dan diikuti oleh 50 mahasiswa Unisnu Jepara.

Tujuan Seminar dan Workshop ini  untuk  Menambah wawasan para peserta seminar mengenai e-resource, dan Membekali mahasiwa dengan berbagai sumber referensi sebagai acuan mengerjakan tugas akhir atau karya ilmiah dengan Pemanfaatan software Mendeley untuk mengelola sumber referensi ilmiah sekaligus media sosial di bidang akademik.

Hadir sebagai narasumber dalam woerkshop mendeley adalah pustakawan Undip Semarang, Suwondo, S.Hum., M.Kom. Dalam workshop mendeley, peserta diharuskan membawa laptop untuk praktik pembuatan akun Mendeley. Peserta diarahkan dalam pembuatan akun Mendeley sampai pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley dari awal.

“Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang kelahirannya diilhami oleh sebuah upaya untuk mengintegrasikan citation & reference manager ke dalam sebuah jejaring sosial” Ujar ketua Panitia H. Suyanto, S.Pd., M.M.  dalam sambutannya. Lebih lanjut, Ketua panitia yang juga merupakan Kepala UPT Perpustakaan Unisnu Jepara tersebut juga mengatakan bahwa Fungsi mendeley juga untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah, sehingga sangat membantu mahasiswa tingkat akhir dalam mengerjakan skripsi.

Diharapkan dengan adanya workshop ini, mahasiswa tingkat akhir dapat terbantu dalam penulisan tugas karya akhir. Dengan bantuan aplikasi ini, mahasiswa tingkat akhir dapat dimudahkan dalam membuat sitase, sehingga tidak perlu lagi menggunakan cara manual dalam penyisipan sitase dan pembuatan daftar pustaka

Sebelum Seminar dan workshop Mendeley dimulai, UPT Perpustakaan Unisnu Juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa Unisnu yang paling rajin berkunjung dan paling rajin meminjam buku di Perpustakaan. “Menurut saya seminar dan workshop ini sangat bermanfaat dan membantu mempermudah mahasiswa dalam pembuatan karya ilmiah, saya berharap kedepannya akan ada lanjutan dari pelatihan tersebut yang lebih intensif”. Ujar salah satu peserta Seminar Cilda Fauziyah.