Mudah Akses Data, Sivitas Akademika Didorong Lakukan Riset Kepemiluan

Mudah Akses Data, Sivitas Akademika Didorong Lakukan Riset Kepemiluan

Seiring dengan berakhirnya seluruh tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, KPU Kabupaten Jepara melakukan kunjungan ke berbagai pihak yang dianggap sebagai mitra penting.  Kunjungan tersebut dalam rangka audiensi dan membagikan Laporan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2019. 


Pada Rabu (12-2-2020) bertempat di Ruang Rapat Gedung Rektorat, Rektor Unisnu Jepara, Dr. H Sa’dullah Assa’idi, M.Ag.  didampingi Wakil Rektor III, Ir. H. Mustofa Muhtar, M.T., berkesempatan menerima kunjungan KPU Kabupaten Jepara. Rombongan KPU yang hadir yaitu Ketua, Subchan Zuhri, didampingi tiga anggota, Muhammadun, Ris Andy Kusuma, dan Siti Nur Wakhidatun,  serta beberapa unsur kesekretariatan.


Rektor menyampaikan terima kasih kepada KPU Kabupaten Jepara karena berkenan datang dan menganggap Unisnu Jepara mitra strategis. Sebagai pengingat, kedua pihak mulai tahun 2015 telah memiliki kesepakatan kerja sama tentang  pendidikan politik dan peningkatan kualitas pemilu di lokal Jepara. Rektor berharap kerja sama tersebut dapat terus berjalan dan ditingkatkan. Pertemuan yang juga bersifat silaturahmi tersebut berlangsung hangat.


Komisioner KPU Kabupaten Jepara menyampaikan beberapa pengalaman terkait Pemilu 2019. Mulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga hasil dari pemilu yang dianggap paling rumit karena mencakup pemilihan pasangan presiden dan wakil presiden, anggota DPR, serta DPRD. “Kami memiliki banyak pengalaman dan temuan dalam pemilu 2019. KPU Pusat mendorong  agar temuan tersebut dapat dijadikan bahan riset. KPU Kabupaten Jepara berharap, dan terbuka apabila sivitas akademika Unisnu Jepara melakukan riset-riset terkait pemilu,” ucap Muhammadun, Anggota KPU Kabupaten Jepara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM. 


KPU Kabupaten Jepara akan menyediakan fasilitas yang dinamakan Lorong Pintar. Di Lorong Pintar tersebut, masyarakat dapat mengakses berkas dan data digital pemilu 2019. Menurut rencana, Lorong Pintar dapat diakses mulai awal Maret dampai dengan akhir tahun 2020. “Lorong Pintar merupakan pintu masuk untuk melakukan riset, jadi silakan dosen atau mahasiswa memanfaatkan,” imbuh Anggota KPU Kabupaten Jepara lainnya, Siti Nur Wakhidatun.


Penyelenggaraan pemilu 2019 di Kabupaten Jepara dianggap berjalan dengan lancar dan sukses, salah satu indikatornya yaitu partisipasi pemilih yang berada di atas angka rata-rata nasional. Ris Andy Kusuma, Divisi Hukum dan Pengawasan menyampaikan terima kasihnya kepada Unisnu Jepara. “Unisnu Jepara sangat berperan dalam bidang pendidikan kepada pemilih, salah satunya kami diberikan fasilitas untuk sosialisasi di kampus,” ujarnya.


Pada akhir pertemuan, Ketua KPU Kabupaten Jepara, Subchan Zuhri membagikan Laporan Pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2019 kepada Rektor. Hal itu sebagai bukti keterbukaan informasi publik.