Mengusung Tema Ekonomi Kreatif, UNISNU JEPARA Gelar Kuliah Umum Internasional

Mengusung Tema Ekonomi Kreatif, UNISNU JEPARA Gelar Kuliah Umum Internasional

UNISNU.ac.id – Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara (UNISNU JEPARA) menyelenggarakan Kuliah Umum Internasional, Rabu (7/9/2022). Bertempat di Auditorium Lantai 3 Gedung Perpustakaan Unisnu Jepara, kuliah umum ini menghadirkan dua narasumber, yakni Prof. Md. Ts. Dr. Rusmadiah Anwar (Pengarah NDC UiTM Malaysia), dan juga Dr. Noor Azly Mohd Ali (KPP College of Creative Arts UiTM Malaysia).

Kuliah umum dengan tema “Creative Economy; The Role of Product Packaging in the Era of 4.0" ini diadakan secara luring dengan peserta dari unsur mahasiswa UNISNU JEPARA, dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Unisnu Jepara Channel agar transfer knowledge dari narasumber juga bisa dirasakan oleh masyarakat umum. (Klik - International Public Lecture Creative Economy 2022)

Rektor UNISNU JEPARA Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag dalam sambutannya mengemukakan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan emas bagi kita semua terutama mahasiswa, untuk dapat menambah pengalaman dan wawasan dalam bidang mengemas suatu produk, baik dari sisi desain, perlindungan, pengawetan, serta estetika.

“Narasumber yang kita datangkan adalah dosen dari Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia, tentunya akan banyak pengalaman baru bagi kita, mari manfaatkan dalam kesempatan diskusi kali ini”. Imbuh Rektor Unisnu Jepara.

Kepala UPT Layanan Internasional UNISNU JEPARA Muhammad Nashrul Haqqi, S.Th.I., M.Hum. menyampaikan bahwa Kuliah Umum Internasional ini adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh UPT Layanan Internasional. Semoga program ini mampu mencapai tujuan yang diharapkan bersama untuk kemajuan Unisnu Jepara kedepannya. “Terima kasih kepada narasumber yang telah berkenan datang dan berbagi ilmu kepada kita semua”. Pungkas Nashrul Haqqi.

“Kita harus menjadi pelaku dalam perubahan, melaju lebih cepat ke tahun 2050 dan menguasai teknologi untuk mempengaruhi industri desain.” Ujar Prof. Md. Ts. Dr. Rusmadiah Anwar. Lebih lanjut Profesor dari Malaysia itu mengatakan bahwa adalah beberapa tren yang dapat mengubah dunia desain pada tahun 2050, yakni 3D Printing, Evolution of retail start-ups, Innovative materials, Research, Big Data and Analytics, Wearable technology integration.

Sementara itu Dr. Noor Azly Mohd Ali dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam membuat desain kemasan, ada beberapa informasi data yang harus dikumpulkan, yaitu disketches of ideas, Create a Dieline, Insertting image and product information in Dieline, setelah itu baru Checklist on layout of packaging.  [Zak/Humas]

International Public Lecture Tahun 2022 3

International Public Lecture Tahun 2022 2