Mengenang 25 Tahun Khidmah Mbah Sahal Mahfudh


UNISNU Jepara selenggarakan haul kesatu  Dr. KH. M.A Sahal Mahfudh pada Rabu (07/01), dihadiri oleh unsur Pimpinan, Dosen, Karyawan serta mahasiswa bertempat di Masjid Ar-Robbaniyyin Kampus UNISNU Jepara, dengan rangkain acara Tahtimul qur’an bil-Ghaib, Istighatsah, Do’a bersama, pembacaan sirah perjuangan mbah kyai Sahal ditutup dengan mauidzah khasanah oleh KH. Ali Irfan Mukhtar, BA.

Drs. Maswan, MM selaku ketua panitia menyampaikan bahwa haul yang juga sekaligus dalam rangka mengenang 25 tahun khidmah mbah kyai Sahal Mahfudh, agenda perdana ini diprakarsai oleh Fakultas Tarbiyah, Fakultas Dakwah, Fakultas Syariah serta Program Pasca Sarjana, sedangkan untuk pelaksanaan haul tahun berikutnya diharapkan dapat menjadi agenda Universitas.

Figur kharismatik ini memang sangat melekat pada tiga Fakultas tersebut mengingat sebelum bergabung menjadi UNISNU Jepara, selama 24 tahun INISNU Jepara dipimpin oleh mbah kyai Sahal Mahfudh sebagai Rektor sejak 1989 sampai 2013, hingga tidak lagi berkenan menjadi Rektor karena pertimbangan kondisi kesehatan.

Sejak awal pendirian, mbah kyai Sahal telah berperan aktif bersama para tokoh pendiri INISNU Jepara, antara lain KH Mahfudh Asymawi, H. Dahlan Kosim, SH dan H. Ali Irfan Mukhtar, BA dalam merealisasikan berdirinya perguruan tinggi di Jepara. Banyak hal yang patut kita teladani dari mbah kyai sahal, dalam menjalankan amanat sebagai Rektor, mbah kyai Sahal selalu menekankan kemandirian. Beliau tidak berkenan meminta bantuan kesana kemari untuk membangun kampus dan untuk mencukupi sarana penunjangnya. Yang dilakukan beliau adalah bagaimana mengelola keuangan kampus secara efektif dan efisien. Berhemat dikala terbatas, dan menabung dikala longgar, demikian sebagaimana disampaikan oleh Drs. H. Mahalli, M.Pd saat membacakan buku biografi Dr. KH. MA. Sahal Mahfudh dalam rangkain acara tersebut.