Menanamkan Jiwa Kepemimpinan, BEM Unisnu Gelar Kegiatan LKKM

Menanamkan Jiwa Kepemimpinan, BEM Unisnu Gelar Kegiatan LKKM

BEM Universitas Nahdatul Ulama adakan Latihan Keterampilan Manajerial Mahasiswa (LKMM), Sabtu-Minggu (13-14/03/2021). Bertempat di Auditorium Lt. 3 Unisnu Jepara, Kegiatan yang diikuti Ormawa (Organissi Mahasiswa) ini mengangkat tema “Membentuk Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter dan Loyalitas Tinggi.”.

Terdapat 9 materi dalam kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, yakni Penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan, Pengendalian motivasi, dan uji publik buku pedoman organisasi. Ketiga materi tersebut disampaikan pada hari pertama oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) BEM Unisnu dan Komisi C Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM). Sedangkan 6 materi selanjutnya, yakni Perkembangan TIK, Kebijakan tentang kemahasiswaan, Advokasi, Negosiasi, dan Organisasi modern, disampaikan di hari kedua.

LKKM merupakan program kerja Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) BEM Unisnu, Dalam Kegiatan ini, para peserta mendapat latihan keterampilan manajerial dan juga simulasi dalam berorganisasi. Syahrul, selaku koordinator kemendagri mengatakan, tujuan dari kegiatan ini agar semua mahasiswa bisa mandiri dan bisa menerapkan sistem manajerial di ormawanya masing-masing.

Dikarenakan masih dalam masa pandemi, kegiatan ini dihadiri oleh 66 peserta, yakni perwakilan dari BEM Fakultas, UKM, UKK, dan HMPS. Kegiatan LKMM merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun di bawah naungan BEM Unisnu.

“Harapannya, setelah mengikuti kegiatan ini, ormawa semakin paham dengan sistem dan koordinasi yang semestinya, sehingga Ormawa Unisnu Jepara semakin baik dan terstruktur. Terutama bagi ketua organisasi diharapkan dapat menerapkan manajemen yang baik dalam organisasi, karena permasalahan dari tahun ke tahun masih sama, yakni sistematis organisasi yang dirasa semakin kurang. Maka diadakannya kegiatan LKMM ini semoga menjadi langkah kecil untuk menuu sebuah perbaikan“. Ungkap Qeiss, selaku presiden BEM Unisnu.

Di penghujung kegiatan LKMM, panitia dan peserta melakukan audiensi dan tanya jawab untuk lebih memahami dan mengetahui bagaimana cara menyampaikan aspirasi sesuai sistem menejerial yang baik kepada pihak Universitas. Tidak hanya menguasai manajerial saja tetapi juga lebih kreatif dan aktif dalam menjalankan organisasi agar tetap hidup dan terarah.