Media Grup Goes to Campus; News Anchor Harus Pede dan Berwawasan Luas

Media Grup Goes to Campus; News Anchor Harus Pede dan Berwawasan Luas

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara bekerja sama dengan Media Grup menyelenggarakan acara “Media Grup Goes to Campus”. Berlangsung di gedung perpustakaan Unisnu Jepara lantai 3, Selasa (23/7/2019), acara yang mengupas seluk beluk dunia jurnalistik ini dihadiri oleh sekira 200 peserta mahasiswa Unisnu Jepara. Hadir juga dalam kegiatan ini wakil rektor III Unisnu Ir. H. Mustofa, M.T. dan Direktur Pascasarjana Unisnu Jepara Dr. H. Barowi, M.Ag.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini jurnalis senior Metro TV Andi SG dan juga news anchor Metro TV Indra Maulana. Dalam paparannya, Andi SG menyampaikan materi tentang apa yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis, termasuk news anchor, “Modal utama yang harus dimiliki News Anchor adalah kepercayaan diri yang tinggi dan juga wawasan yang luas”. Ungkapnya. Lebih lanjut wartawan senior Metro TV ini juga mengatakan bahwa tugas utama seorang jurnalis adalah untuk menggali informasi dari narasumber.

Senada dengan Andi SG, Indra Maulana lebih lanjut menyampaikan pentingnya seorang jurnalis untuk “latihan fisik”, karena seorang jurnalis diharuskan untuk tahan banting, bahkan menunggu narasumber selama 24 jam merupakan hal biasa dalam dunia jurnalistik. Lebih lanjut Indra memaparkan bahwa seorang jurnalis maupun news anchor harus melakukan riset sebelum melakukan wawancara. “Ketika akan tampil di layar kaya, seorang jurnalistik harus melakukan riset terlebih dahulu, jurnalis harus tahu pokok bahasan dan juga background narasumbernya” ujarnya.

Satu hai yang juga perlu dilakukan dalam melakukan wawancara adalah Ice breaking, wartawan bukan penyidik dan penegak hukum, tugas wartawan adalah mengumpulkan informasi, jadi perlu adanya semacam pembukaan, perlu adanya ice breaking, gak langsung bertanya straight to the point.

Dalam acara ini kedua narasumber juga membahas beberapa interview yang sering digunakan dalam mengumpulkan berita, mulai dari phone call interview, on location interview, exclusive interview hingga teknik interview yang dibalut dalam kemasan talk show. Pada kesempatan ini Indra Maulana juga menuturkan pentingnya untuk menggali infoermasi secara all side, tidak hanya both side.

Selepas penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan simulasi dan praktik menjadi seorang pembawa acara. Empat mahasiswa Unisnu diberi kesempatan untuk “menasbihkan” dirinya menjadi pembawa acara. Sedangkan wakil rektor III unisnu jepara, didapuk menjadi narasumber yang diwawancarai oleh keempat mahasiswa secara bergantian.

Acara Media Grup Goes to Campus ini mendapat sambutan meriah dari para mahasiswa, seperti yang diungkapkan Husni Mubarok, salah satu peserta dari Prodi PGSD Unisnu “Acaranya sangat menarik sekali, baik kemasan maupun kontennya. Sebagai mahasiswa saya bangga dan sedikit grogi tadi karena mewawancarai secara langsung wakil rektor Unisnu, jarang-jarang ada kesempatan seperti ini.” Tuturnya