Mahasiswa Unisnu Raih Juara 2 Lomba Cerpen Nasional

Mahasiswa Unisnu Raih Juara 2 Lomba Cerpen Nasional

Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara sekali lagi meraih prestasi di ajang nasional. Kali ini kabar baik tersebut datang dari mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fatma Ariyanti. Mahasiswi  semester akhir ini berhasil meraih juara dua dalam Kompetisi Lomba Menulis Cerpen Nasional 2021 batch 2 yang diselenggarakan oleh literasibangsa.id. (10/2/2021).

“Awalnya tahu dari Instagram, kebetulan saya sering ikut lomba cerpen online, jadi saya berinisisitif mengikutinya.” Ujar Fatma yang menjadikan menulis sebagai hobinya tersebut. “Sebenarnya menulis cerpen adalah hobi. Sebelumnya saya tidak punya target memenangkan lomba. Karena saya suka jadi menulis dan mengikuti lomba untuk mengisi luang. Kedepannya saya ingin mengikuti lebih banyak lomba sastra“. ujarnya

Di ajang Lomba Menulis Cerpen ini , Fatma mengirimkan Cerpen dengan Judul Parade di tengah Musim, sebuah Cerpen yang bercerita tentang parade/arak-arakan yg dilakukan di suatu desa sebagai ritual untuk memanggil hujan saat musim kemarau.

“Saya suka cerita-cerita mitos dan horror, dalam penulisan cerpen, biasanya saya memadukannya dengan budaya setempat, lebih ke fantasi dengan nafas kebudayaan lokal” Pungkas Fatma yang juga telah menerbitkan 2 buku, yakni 1 novelet (novel pendek) yang berjudul jangan dibaca dan antologi cerpen yang berjudul lucid (remaja). 


Lomba penulisan cerpen nasional ini diselenggarakan oleh literasi.id, sebuah platform edukasi digital, dimana penilaian karya cerpen yang terkirim dilakukan menggunakan system double blind review.sistem double blind review adalah sistem dimana juri tidak diperbolehkan membaca nama pemilik karya dalam penilaian, dan peserta tidak boleh mengetahui nama dewan juri selama periode perlombaan. Profil juri hanya akan dipublikasikan sesaat sebelum karya-karya pemenang diumumkan.