Mahasiswa UNISNU JEPARA Lakukan Pengamatan dan Sholat Gerhana Bulan Total

Mahasiswa UNISNU JEPARA Lakukan Pengamatan dan Sholat Gerhana Bulan Total

Lembaga Kajian Ilmu Falak Fakultas Syari'ah dan Hukum UNISNU JEPARA melaksanakan kegiatan peneropongan fenomena Gerhana Bulan Total di Pantai Tirto Samudra Bandengan Jepara, Selasa (8/12/2022). 

Kegiatan peneropongan gerhana bulan dipimpin oleh Hudi selalu dosen mata kuliah Ilmu Falak sekaligus sebagai pembina Unit Kegiatan Khusus (UKK) Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) FSH UNISNU JEPARA. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari UKK Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF), mahasiswa Unisnu Jepara, dan juga masyarakat umum. 

Fenomena Gerhana Bulan Total ini berlangsung pada tanggal 8 November di seluruh dunia. Kegiayan pemantauan dan peneropongan gerhana bulan dimulai pada pukul 16:07 WIB sampai dengan pukul 19.00 WIB. Selain melakukan pemantauan gerhana, pada pertengahan pemantauan juga dilakukan sholat Gerhana Bulan Total yang dipimpin oleh Emil Hakim Aba, mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum Unisnu Jepara.

Gerhana Bulan adalah fenomena yang terjadi ketika bulan tertutup oleh bayangan bumi. Peristiwa ini hanya dapat terjadi ketika posisi matahari, bumi, dan bulan tepat atau hampir membentuk garis lurus dan bulan berada dalam fase bulan purnama. Jenis dan durasi gerhana bulan bergantung pada jarak bulan terhadap simpulnya diorbit. 

Kegiatan ini mendapatkan antusias yang cukup baik dari mahasiswa dan juga kalangan masyarakat sekitar Pantai Bandengan. Di jepara sendiri Gerhana Bulan Total tidak nampak jelas, tetapi sekilas nampak dari titik pemantauan. 

"Fenomena Gerhana Bulan Total tidak berdampak apapun pada situasi dan kondisi lingkungan sekitar, tetapi sebagai akademisi kita harus melakukan pemantauan gerhana bulan guna mengetahui titik-titik terjadinya Gerhana Bulan Total" Ucap hudi selaku pembina Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) Unisnu Jepara. (dev/lpmbursa)