Mahahsiswa Unisnu Raih Juara 1 dan 3 Krenova 2019

Mahahsiswa Unisnu Raih Juara 1 dan 3 Krenova 2019

Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara raih juara 1 dan 3 lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova)  2019 tingkat Kabupaten Jepara. Karya terbaik yang menjadi juara 1 tersebut adalah Mesin Bagel Digital, karya Fransisco Nur Candranegara dan Nanggara Ricky Ardian. Kedua mahasiswa program studi Teknik Elektro tersebut berhasil menjadi yang terbaik di antara 14 peserta yang mengikutsertakan karyanya dalam ajang tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jepara melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Jepara. Sedangkan Juara 3 diraih oleh Ayu Ritno Fitriyani melalui karya rak yang dapat berfungsi sebagai tangga (Ratangga)

“Mesin ini tidak hanya akurat dalam pengerjaan begel sesuai ukuran yang dikehendaki, akan tetapi memeiliki kecepatan pembuatan hingga 7 buah per menitnya. Mesin ini dilengkapi sensor digital yang dihubungkan dengan Servo sehingga saat penarikan besi untuk ditekuk dan dipotong akan selalu akurat” Ujar Nanggara Ricky Ardian seusai acara puncak hakteknas dan penganugrahan Krenova 2019 Jepara di Marine Science Technopark (MSTP) Undip, Telukawur, Selasa (29/10/2019).

Lebih lanjut, Fransisco, rekan satu tim Nanggara juga mengatakan Mesin begel digital ini merupakan pengembangan dari mesin begel manual. “Kedepannya, selain pengembangan dari sisi ukuran dan bentuk, mesin ini juga direncanakan akan dikembangan secara portable, untuk menjawab kebutuhan teknologi bagi masyarakat saat ini dan kedepannya” Ujarnya.

Sementara itu, karya mahasiswa yang berhasil menjadi juara ketiga adalah ratangga “Keunggulan Ratangga ini selain dapat dijadikan rak buku dapat dicopot salah salu rangkanya dan dapat difungsikan menjadi tangga. Rangka pada Ratangga menggunkan system knock down dengan baut tanam menggunakan baut nanasan” Ujar Ayu Ritno Fitriyani. Lebih lanjut Ritno juga mengatakan rangka Ratangga dapat dijadikan tangga dengan kekuatan beban manusia hingga 100 Kg.

Raihan prestasi dalam Krenova 2019 merupakan buah dari usaha mahasiswa yang serius dan tidak patah semangat dalam berlatih dan uji coba untuk hasil yang terbaik. “Saya berharap prestasi mahasiswa tidak hanya berhenti di tingkat kabupaten saja, tentunya di tingkat provinsi harus bisa juara dan diharapkan bisa maju sampai tingkat nasional, walaupun harus dilakukan dg perjuangan yg sangat berat, tetapi kalau didasari dengan semangat juang yang tinggi tentu hal tersebut dapat tercapai” Ujar Ir. Gun Sudiryanto, M.M., Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu Jepara yang juga hadir dalam peringatan puncak Hakteknas dan penganugerahaan Krenova 2019 Kabupaten Jepara.