Lima Mahasiswa Unisnu Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke Brunei Darussalam

Lima Mahasiswa Unisnu Ikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke Brunei Darussalam

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara semakin berkomitmen untuk meningkatkan kualitasnya. Pada Jumat (21/7), bertempat di ruang seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Rektor Unisnu Jepara Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag secara resmi melepas Lima mahasiswa Unisnu yang akan mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke Universiti Brunei Darussalam (UBD), Brunei Darussalam. Kelima mahasiswa tersebut adalah Muhammad Rifqi Syauqi Nur (Fakultas Dakwah dan Komunikasi), Achmad Faisal Darmawan (Fakultas Saintek dan Teknologi), M. Badruddin (Fakultas Tarbiyah dan Keguruan), Mu’avidayanti (Fakultas Syariah dan Hukum) dan Ekky Puput Johandita (Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Kelima mahasiswa Unisnu tersebut akan berada di Brunei Darussalam dari 24 Juli – 3 Desember 2017. Mereka  akan menuntut ilmu di Universiti Brunei Darussalam School Of Economic, dan Faculty of Art and Social Science Universiti Brunei Darussalam.

Acara Pelepasan Mahasiswa dihadiri oleh Rektor Unisnu Jepara, Wakil Rektor I, Wakil Dekan dari masing-masing fakultas dan beberapa Kaprodi. Pertukaran pelajar tersebut merupakan tindak lanjut atas kerjasama yang telah dijalin Unisnu dengan Universiti Brunei Darussalam (UBD) selama hampir satu tahun ini. Sebelumnya, 21 mahasiswa Asal UBD telah melakukan kegiatan Community Outreach Programme atau yang biasa disebut KKN di Jepara. Kerjasama ini merupakan langkah strategis Unisnu, karena Universiti Brunei Darussalam merupakan Universitas peringkat 123 Asia. Hanya ada 3 universitas di Indonesia yang ada di atasnya, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB)

Dalam sambutannya Rektor Unisnu Jepara Dr. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag mengatakan bahwa ini merupakan langkah nyata dari Unisnu dalam melakukan kerjasama Internasional. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa untuk menjaga tata krama, kesopanan dan kejujuran seperti  slogan Unisnu, yakni cendikia dan berakhlakul karimah. “Sering-sering Melakukan diskusi dengan banyak orang, karena ini merupakan kesempatan untuk menambah ilmu sebanyak-banyaknya dan juga menambah wawasan tentang berbagai macam budaya” tutupnya.

“Ini merupakan kesempatan bagi kami untuk mengembangkan diri dalam bersosialisasi dengan orang dari latar belakang budaya yang berbeda” ujar Ekky, salah satu mahasiswi yang mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa ke Brunei darussalam. “Selain itu kesempatan ini juga sarana untuk mengaplikasikan kemampuan kami dalam berbahasa inggris, karena bahasa pembelajaran yang digunakan di Brunei sana adalah bahasa inggris” Lanjut mahasiswi yang juga aktif di organisasi KSR PMI Unisnu Jepara ini.

Mahasiswa Unisnu Akan bertolak dari Jepara hari Minggu pagi (23/17) ke semarang, selanjutnya mereka akan ke jakarta dan transit ke Malaysia terlebih dahulu sebelum menuju ke Brunei Darussalam. Selama 6 bulan di Brunei Darussalam, rencananya ke-5 mahasiswa Unisnu akan menginap di Asrama Kampus Universiti Brunei Darussalam.