Jelang Penerjunan, Peserta KKN Dibekali Teknik Observasi dan Keadministrasian

Jelang Penerjunan, Peserta KKN Dibekali Teknik Observasi dan Keadministrasian

Panitia Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unisnu Jepara Lakukan Pembekalan Peserta KKN TA. 2018/2019 periode II. Bertempat di Lantai 3 Gedung Perpustakaan, pembekalan peserta hari pertama diikuti oleh 61 peserta KKN Reguler dan 45 Peserta KKN Alternatif yang akan ditempatkan di Desa Dermolo, Jinggotan, Kancilan, dan Pendem.

Materi Pembekalan hari pertama meliputi teknik keadministrasian dan teknik observasi. Dedi Merisa., S.H.I., Kabag Hukum, Humas dan Kerja sama bertindak sebagai pemateri teknik keadministrasian, sedangkan Hadi Ismanto., S.E., M.M., Wadek bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis bertindak sebagai pemateri teknik observasi. Pembekalan ini bertujuan untuk memudahkan peserta KKN dalam melaporkan, memetakan dan menyusun program kerja pada saat terjun ke lapangan.

“Dengan adanya pembekalan ini, diharapkan program kerja peserta KKN dapat menyentuh potensi yang ada di lokasi KKN dan mampu memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan potensi desa, khususnya di bidang pengembangan Inovasi berbasis pendidikan, Ekonomi dan dan teknologi” Ujar Dedi Merisa.

Peserta KKN mendapat pembekalan sesuai jadwal dari hari Senin sampai Minggu. Materi utama dari pembekalan KKN adalah teknik observasi dan keadministrasian, “Selain ke dua materi tersebut, para peserta juga akan mendapatkan materi tentang potensi dan deskripsi sosial budaya di masing-masing desa dan kecamatan. Pematerinya akan diisi oleh Camat dan MWCNU di masing-masing lokasi KKN. “Ujar Hadi Ismanto., S.E., M.M., Ketua Panitia KKN Unisnu Jepara  TA. 2018/2019

KKN Unisnu Jepara  TA. 2018/2019 mengangkat tema “Pengembangan Inovasi Desa Berbasis Pendidikan dan Teknologi”. Tema ini merupakan ikhtiar Unisnu untuk terus berkontribusi terhadap pembangunan dan pengembangan desa, sesuai dengan salah satu fungsi Tri Dharma perguruan tinggi, yakni dharma pengabdian masyarakat.

Mahasiswa yang akan terjun dalam kegiatan KKN  TA. 2018/2019 periode II,ini akan didampingi oleh 22 DPL di masing-masing desa tempat mereka mengabdi. Penerjunan peserta KKN akan dilaksanakan pada 23 Juli 2019 di Pendopo Kabupaten Jepara, dilanjutkan dengan penyerahan di tingkat desa keesokan harinya.

Di hari sebelumnya, Panitia Pelaksana KKN juga telah melakukan pembekalan kepada 22 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  KKN Unisnu Jepara periode II diikuti oleh 506 mahasiswa dan 22 Dosen Pembimbing Lapangan yang akan mengabdi di 4 Kecamatan Kab. Jepara, 1 Kecamatan di Kab. Kudus dan 1 Kecamatan di Kabupaten Demak.

Jadwal Pembekalan KKN bisa diakses di sini