Harlah ke-29; Unisnu Peduli, Unisnu Berbagi

Harlah ke-29; Unisnu Peduli, Unisnu Berbagi

Dalam rangka Peringatan Hari Lahir ke-29, Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara mengadakan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah santunan dhuafa yang diselenggarakan pada Selasa (28/7/2020). Kegiatan santunan tersebut mengambil tema “Unisnu Berbagi dan Migunani Tumraping Liyan”. Tema tersebut diambil dengan harapan semakin bertambahnya usia Unisnu Jepara, maka semakin terasa pula kemanfaatan Unisnu Jepara kepada masyarakat dalam hal apapun, khususnya di bidang pendidikan.

Sebanyak 29 dhuafa menerima santunan yang diserahkan langsung di kediaman masing-masing oleh Rektor Unisnu Jepara, Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag., Wakil Rektor I Dr. H. Akhirin, M.Ag., Wakil Rektor III Ir. H. Mustofa Muhtar M.T., Kepala Biro III Drs. Suliyono, MM., dan didampingi oleh panitia Harlah ke 29 Unisnu Jepara.

Santunan yang diterima dhuafa tersebut berupa paket sembako dan uang tunai. Sebelumnya, panitia harlah ke 29 Unisnu Jepara telah mendata dan cek lokasi para penerima santunan di 5 kecamatan, yakni Tahunan, Pakis Aji, Batealit, Kedung dan Pecangaan. Hal ini dilakukan supaya santunan ini tepat sasaran. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Unisnu bekerja sama dengan Komunitas Relawan Jepara.

Rektor Unisnu Jepara mengatakan, kegiatan santunan dhuafa telah menjadi tradisi baik dan merupakan program rutin Unisnu Jepara dalam rangkaian Harlah, hal ini merupakan bentuk kepedulian bahwa keberadaan Unisnu Jepara juga dapat dirasakan oleh masyarakat. “Dhuafa telah kita data, dan santunan ini langsung kita serahkan ke alamat. Harapan kami, kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada sesama serta membawa keberkahan kepada Unisnu Jepara”, imbuhnya.

Tidak hanya santunan dhuafa, berbagai kegiatan untuk menyambut Hari lahir ke 29 Unisnu Jepara yang jatuh pada 7 Agustus 2020 telah disusun oleh panitia harlah, dengan mengusung tema “Sinergi Jam’iyyah, Jami’ah dan Jama’ah NU, Merupa Peradaban Islam Nusantara”. Rangkaian kegiatan Harlah ke 29 Unisnu Jepara diantaranya adalah peletakan batu pertama pembangunan pondok pesantren mahasiswa, Khaul pendiri, Istighosah dan 29 Tahtimul Qur’an bil ghaib dan bin nadhor; Webinar Nasional; serta Lomba resensi kitab kuning.

“Setidaknya ada tiga manfaat yang bisa diperoleh saat kita berbagi dengan sesama, diantaranya adalah membuat perasaan bahagia, menularkan kebaikan, dan meningkatkan rasa peduli. Tentunya masih banyak nilai-nilai positif yang kita dapat dengan berbagi kepada sesama”. Ujar Drs. Suliyono, MM., Ketua Panitia Harlah ke-29 Unisnu Jepara.