Hadirkan KH. Muhammad Haidar Muhaiminan Temanggung, Unisnu Gelar Halalbihalal

Hadirkan KH. Muhammad Haidar Muhaiminan Temanggung, Unisnu Gelar Halalbihalal

Universitas iIlam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara menggelar halalbihalal di Gedung MWC NU Tahunan Kompleks Kampus Unisnu Jepara dengan tema Menggapai Fitrah, Bersih Lahir dan Batin, Senin (24/5/2021).

pelaksanaan halalbihalal digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, semua peserta memakai masker, dan formasi kursi berjarak satu meter. 

“Sebelum Pandemi kegiatan halalbihalal melibatkan stakeholder eksternal, akan tetapi karena masih pandemi kegiatan ini khusus kalangan keluarga besar Unisnu, hadir secara langsung Ketua Umum Yaptinu, Sekretaris Umum Yaptinu,  Rektor, Wakil Rektor, dosen dan tenaga kependidikan Unisnu Jepara,” Ujar Nasuka, Ketua Panitia Halalbihalal Unisnu Jepara

“Alhamdulillah Halalbihalal 1442 H dapat menghadirkan Pengasuh Pondok Pesantren Kiai Parak Bambu Runcing Temanggung KH. Muhammad Haidar Muhaiminan,” imbuhnya.

Sementara itu,  Maya Dina Musfiroh dalam sambutannya menyampaikan kegiatan halalbihalal merupakan rangkian kegaitan Ramadan dan Idul Fitri 1442 H yang diawali dengan Santunan Yatim Piatu, Buka Puasa Bersama, dan Peringatan Nuzulul Qur’an, dilanjutkan dengan kegiatan Kunjungan Silaturrohim kepada Ketua Umum Yaptinu,  Rais Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jepara, Pimpinan Unisnu, dan Bupati Jepara.

“Dalam kesempatan ini, saya atas nama wakil dari dosen dan Tenaga Kependidikan  mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Ja’alana Allah wa iyyakum min al-‘Aidin wal-Faizin, wa antum kulla ‘amin bi khair, taqabbala Allah wa minna taqabbal ya karim. Mohon maaf lahir dan batin,” ungkapnya.

Dia menambahkan, karena masih pandemi dan tidak boleh ada kerumunan maka pelaksanaan halalbihalal mushofahah kami konversi  bil isyarat, nanti bapak/ibu hadirin berdiri dan tangan diletakkan di depan dada denga bentuk bersalaman dan kita baca sholawat. 

Rektor Unisnu Jepara Sa’dullah Assa’idi mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran panitia yang telah menyiapkan kegiatan halal bihalal dengan sebaik-baiknya, dengan memperhatikan protokol kesehatan dengan ketat. 

“Saya memberikan apresiasi kepada panitia, dalam pelaksanaan halalbihalal tidak ada kerumunan, baris di kasih jarak satu meter antar tempat duduk, disamping itu juga tidak ada jabat tangan. Halalbihalal dilakukan dengan cara bil isyarat, tentu ini inovasi baru yang diterapkan disaat kondisi masih pandemic seperti ini,” tandas Sa’dullah.

 Ketua Umum Yaptinu Shodiq Abdullah dalam sambutannya memaparkan tiga hal yang pertama memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang mampu berkarya di bidang non akademik yang membawa baik Unisnu. Kedua mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Ibu Dosen dan Tenaga Kependidikan. Ketiga mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Mohon maaf lahir dan batin.

“Kita hilangnkan negative thinking, kita kumpulkan energi positif, untuk bersama melangkag ke depan dengan penuh semangat membangun Unisnu. Duren-duren, roti-roti, sing , mbiyen-mbiyen, saiki yo saiki, ” ujar Shodiq tutup sambutan dengan pantun

Di akhir ceramah KH. Haidar Muhaiminan berpesan tiga hal yang harus dilakukan agar kita  dijadikan kekasih Allah. Pertama,  mengapuni orang-orang yang pernah menganiaya, kedua, berbuat baik kepada siapun yang berbuat jelek, dan ketiga, dikesempatan apapun jangan lepas ayat-ayat Allah swt.

“Perlu keberanian untuk mengampuni kepada orang-orang yang pernah berbuat dholim kepada kita, perlu kebijaksanaan atau sifat perwira kita, untuk berbuat baik kepada siapun yang pernah berbuat jelek pada kita,” ucap KH. Haidar.