Gelar Seminar Nasional, UNISNU Dorong Percepatan Transformasi Digital di Jepara

Gelar Seminar Nasional, UNISNU Dorong Percepatan Transformasi Digital di Jepara

UNISNU.ac.id – Saat ini, kemajuan teknologi dan pemahaman masyarakat terhadap layanan publik kian meningkat, masyarakat semakin menuntut lebih atas pelayanan yang diberikan dan senantiasa mengawasi, meluruskan dan mendorong laju pemerintah.

Melihat kondisi tersebut, Program Studi Teknik  Informatika UNISNU JEPARA bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Jepara dalam menyiapkan kerangka konsep penerapan teknologi digital, ikhtiyar itu diwujudkan dengan meneyelenggarakan seminar nasional bertajuk “Transformasi Digital Menuju Jepara Unggul”.

Seminar Nasional diselenggarakan pada Rabu (14/9/2022), di Auditorium Lantai 3 Gedung Perpustakaan Unisnu Jepara, menghadirkan empat narasumber, yakni Rektor Unisnu Jepara Dr. H. Sa’dullah Assa’idi, M.Ag. sebagai keynote speaker, Edy Supriyanta, ATD., S.H., M.M. (Pj. Bupati Jepara), Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D. (Ketua Umum Aptikom Pusat), dan Teguh Tamrin, M.Kom (Kepala PDPSI Unisnu Jepara).

Pj. Bupati Jepara mengajak mahasiswa untuk mendiskusikan perkembangan transformasi digital di Jepara. “Di era digital ini memang menjadi tugas kita semua untuk membangun jepara di permasalahan digitalnya, kami meminta Unisnu Jepara ikut mengawal har tersebut.” Ungkap Edy Supriyanta.

Edy Supriyanta juga mengajak mahasiswa berdialog mengenai permasalahan di Jepara. Ada yang bertanya mengenai metaverse, jalan rusak, serta pelabuhan.

Sementara itu, Rektor Unisnu Jepara mengemukakan, manusia tidak bisa terlepas dari data atau informasi. Sa’dullah Assa’idi pun mengajak untuk selalu tabayyun terhadap kabar atau informasi apapun.

“Dalam agama Islam ada namanya ikhbar atau informasi. Jadi disposisi iman itu pintu masuk untuk mendapatkan berita. Nabi Muhammad pertama kali mendapatkan wahyu membaca (iqro’), dalam konteks ini sesuatu itu menjadi pusat persenyawaan,” Jelas Rektor Unisnu Jepara.

Sementara itu, Professor Zainal Arifin Hasibuan menyinggung tentang pentingnya keamanan data saat ini. Ia meminta kepada mahasiswa untuk waspada terhadap penggunaan informasi yang mereka berikan kepada siapapun.

Ketua panitia Seminar Nasional Ir. H. Adi Sucipto, M.Kom. menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan secara luring dengan peserta mahasiswa Prodi TIF Unisnu Jepara, dosen, serta pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi, kegiatan ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Unisnu Jepara Channel (Klik - SEMNAS : Percepatan Transformasi Digital Menuju Jepara Unggul)

“Tujuan dilaksanakannya seminar nasional bertajuk  “Transformasi Digital Menuju Jepara Unggul” adalah untuk membekali dan menyiapkan mahasiswa Prodi Teknik Informatika dalam upaya membantu penerapan teknologi digital pada layanan pemerintah daerah dan membangun jiwa analitis kritis mahasiswa terhadap tantangan zaman di era digital”. Pungkas Adi Sucipto. [Zak/Humas]

Semnas TIF “Transformasi Digital Menuju Jepara Unggul”. 2

Semnas TIF “Transformasi Digital Menuju Jepara Unggul”. 3

Semnas TIF “Transformasi Digital Menuju Jepara Unggul”. 4