Gebyar PAUD 2019: Mengasah Kreativitas, Bakat dan Imaji Mahasiswa

Gebyar PAUD 2019: Mengasah Kreativitas, Bakat dan Imaji Mahasiswa

Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Nahdaltul Ulama (Unisnu) Jepara kembali menyelenggarakan kegiatan “Gebyar PAUD”, Rabu (17/7/2019) di Lantai 3 Perpustakaan Unisnu Jepara. Kegiatan tersebut merupakan kali ketiga diselenggarakan sejak tahun 2017. Gebyar PAUD merupakan praktik mata kuliah bagi mahasiswa Prodi PGPAUD untuk memenuhi Ujian Akhir Semester Genap TA 2018/2019.

Pada helatan tahun ini, selain mahasiswa mempraktikan kemampuan tari, juga dibalut dengan pementasan fasion show dari mahasiswa PGPAUD semester 6 bersama  anak usia dini. Gebyar PAUD 2019 dengan tema  “Pentas Seni Tari Karakter dan Fasion Show” dibuka secara resmi oleh Dekan FTIK Unisnu Jepara, Drs. H. Mahalli, M.Pd., dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi atas kreasi yang diinisiasi oleh semua elemen Prodi PGPAUD, dari mahasiswa sampai Kaprodi yang berperan penting atas suksesnya kegiatan ini. “Saya mewakili dari jajaran pimpinan mengucapkan terimakasih untuk semuanya, semoga acara ini bermanfaat kepada mahasiswa dan semua pihak yang terkait”. ujarnya.

Pementasan tari pada gebyar PAUD merupakan ujian praktik Mata Kuliah Pembelajaran Tari AUD bagi mahasiswa Prodi PGPAUD semester 4. Terdapat 6 kelompok Tari yang tampil secara bergantian, yaitu: Ducky Dance; Tari Melati; Tari Mentog-mentog; Tari Bunga Matahari; Tari Kucing dan Tari Rainbow Poni. Dosen Pengampu mata kuliah Tari AUD, Diah Ayu Mawarti, M.Pd.,  menekankan bahwa praktik mata kuliah sangat dibutuhkan bagi mahasiswa sebagai bekal saat nanti mahasiswa terjun sebagai pengajar Anak Usia Dini. "Kreativitas, bakat, kemampuan dan imaji mahasiswa mengucur deras dalam Gebyar PGPAUD 2019. Terima kasih kepada mahasiswa dan semua pihak yang mendukung kegiatan ini yang berani mencipta sebuah karya demi mengasah kemampuan untuk benar-benar siap dan layak menjadi Guru PAUD yang berkualitas”. Tuturnya saat ditemui disela-sela kegiatan.

Selain menjadi ujian praktik, pementasan tari dan fashion show ini juga dilombakan, supaya mahasiswa lebih bersemangat dalam mengemas pementasan mereka, ada tiga pemenang dalam kegiatan tersebut. Pementasan fashion show yang menampilkan beberapa tema, yaitu flora, fauna, princes dan super hero medapatkan dua pemenang pada dua kategori, kategori Make Up terbaik diraih oleh Septika Nanda Mildayanti bersama adek Adhwaul Maula Tsabita, kategori desainer terbaik diraih oleh Hidayataun Nasihah bersama adek Aurel Putri Aprelia. Sedangkan pementasan seni tari, kelompok Tari Ducky Dance meraih predikat Tari karakter terbaik.

Gebyar PAUD 2019 juga merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT Prodi PGPAUD Ketiga. Selamat HUT yang Ketiga Prodi PGPAUD, semoga semakin jaya, mengawal prestasi mahasiswa dan terus mencetak Generasi Muda NU yang berdaya saing.