Diberdayakan oleh Google TerjemahanTerjemahan
Program Pascasarjana
Fakultas Program Pascasarjana


Program Studi

Fakultas

Program Pascasarjana

  • Profile
  • Pejabat Struktural
  • Website

Profile Singkat

Pendidikan merupakan investasi paling strategis oleh karena dengan melalui jalur tersebut seseorang dapat mengubah cara berfikir yang konservatif menuju modern, dari yang sederhana menuju yang komplek, bahkan dari yang tidak logic menuju yang logic dan dapat dipertanggungjawabkan. Seiring hal tersebut, bagi Indonesia, seperti halnya di banyak negara lain, pendidikan pascasarjana bertanggung jawab atas kebutuhan dasar negara akan lahirnya pemimpin, para akademisi, profesional dan peneliti masa depan. Dengan demikian, pendidikan pascasarjana, terutama pada Program Magister, tidak hanya merupakan sumber pemimpin masa depan, melainkan juga menjadi sumber pemimpin dalam berbagai bidang sosial, budaya, ekonomi dan teknologi dalam dunia nyata pada waktu sekarang dan di masa depan. 

Program Magister pada memiliki dua orientasi yang berbeda, meskipun antara keduanya terdapat persamaan tertentu. Kedua orientasi itu adalah orientasi akademik dan orientasi profesi. Program Magister sebagai bagian dari pendidikan pascasarjana memiliki tiga karakteristik utama, yaitu bahwa program itu merupakan pendidikan lanjut (advanced), terfokus (concentrated) atau sebaliknya bersifat “broad-based”, dan sifat cendekia (scholarly); Sifat “lanjut” mengandung arti bahwa Program Magister dibangun di atas landasan pendidikan sarjana. Sifat lanjut bagi mahasiswa adalah dalam tingkat pendidikan yang dicapainya, dan penguasaan subyek (subject matter) yang ditekuninya secara lebih luas dan mendalam. Sifat terfokus merupakan karakteristik dari program yang bersifat akademik, sedangkan sifat “broad-based” merupakan karakteristik program profesi. Sifat cendekia berkenaan dengan proses pemerolehan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang selalu dikaitkan dengan perkembangan ilmu pengatahuan dan proses berfikir ilmiah. Selain ketiga karakteristik utama tersebut, unsur-unsur kontekstual pendidikan pada Program Magister sangat penting untuk difahami, yaitu bahwa dalam Program Magister mahasiswa diberi peluang untuk memperdalam pengetahuan, memperluas wawasan dan meningkatkan keterampilan, serta mengembangkan kematangan intelektual mereka.

Keberadaan UNISNU Jepara sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Swasta yang berada di pantura dituntut peka dan berkontribusi riil dalam penyiapan sumber daya manusia yang mumpuni dalam kancah kemajuan pendidikan di Indonesia. Melalui Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) dengan peminatan/konsentrasi supervisi pendidikan Agama Islam berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2744 Tahun 2012 tentang Izin Penyelenggaraan Program Magister pada Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta Tahun 2012 diharapkan memberikan harapan sekaligus nafas baru bagi geliat peningkatan pendidikan khususnya di Kabupaten Jepara.

Visi

Menjadi Program Pascasarjana yang unggul berhaluan Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah dan mampu bersaing pada level Internasional pada tahun 2028.


Misi

  1. Mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji;
  2. Memecahkan  permasalahan  ilmu  pengetahuan,  teknologi,  dan/atau  seni melalui pendekatan inter atau multidisipliner;
  3. Mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan international;
  4. Menyelenggarakan  pengelolaan pendidikan  yang  menekankan  pada  riset  ilmiah  dan tradisi ilmu Islam dalam konteks budaya modern;
  5. Mengembangkan  kajian  ilmu-ilmu  Islam  khususnya  di  bidang  Manajemen Pendidikan Islam sesuai tuntutan zaman semakin kompleks secara integratif, transformatif dan multikultural;
  6. Meningkatkan kajian dan penelitian ilmiah tentang manajemen pendidikan keislaman yang memiliki daya dorong terhadap pengembangan peradaban;
  7. Memperluas  jaringan  kerjasama  dengan  berbagai  pihak  untuk  peningkatan penyelenggaran, penelitian ilmiah dan pengabdian masyarakat.


Tujuan

  1. Mereproduksi dan mengembangkan tradisi pendidikan Islam seirama dengan tuntutan global;
  2. Mengembangkan  kemampuan  metodologis  peserta  program Pascasarjana dalam menyerap, mereproduksi dan mengembangkan manajemen pendidikan Islam seirama dengan tuntutan kemajuan umat;
  3. Mengembangkan  wawasan  keislaman  dan  pendidikan  yang  transendental inklusif dan membebaskan;
  4. Mampu  mengenali,  mengamati,  melakukan  pendekatan,  dan  memecahkan masalah secara  ilmiah,  serta  tanggap  terhadap  perubahan  dan  kemajuan pendidikan Islam di Indonesia;
  5. Mampu mengadakan penelitian    dan    mengembangkan    ilmu    tentang manajemen pendidikan Islam;
  6. Mampu   melahirkan   sarjana   setingkat   magister   yang   mampu   memiliki kemampuan metodologis dalam mengembangkan studi manajemen pendidikan Islam serta mampu memahami dan menganalisa fenomena sosial dan manajemen pendidikan yang berkembang dan pada gilirannya mampu memberikan solusi alternatif terbaik terhadap permasalahan pendidikan di masyarakat;
  7. Melahirkan lulusan magister bidang manajemen pendidikan Islam yang integratif dengan penguasaan keilmuan manajemen pendidikan Islam dan metodologi yang handal secara integratif dalam kerangka transformasi sosial yang humanis-transendental.


Pejabat Struktural

JabatanNama
Direktur Program Pascasarjana masa jabatan 2021—2025
Dr. H. Barowi, M.Ag.
Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Program Magister masa jabatan 2021—2025
Dr. H. Moh. Nasuka, M.Pd.
Kepala Bagian Tata Usaha Program Pascasarjana masa jabatan 2021—2025
Ahmad Zamroni, S.E.