Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Fakultas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan


Program Studi

Fakultas

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

  • Profile
  • Pejabat Struktural

Profile Singkat

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) pada awalnya merupakan salah satu fakultas yang ada di Perguruan Tinggi Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara di bawah naungan Yayasan INISNU Jepara (Akte Yayasan No 50 dari Notaris Benjamin Kusuma SH) pada Juli 1989, yang saat itu bernama Fakultas Tarbiyah, sesuai dengan Ijin dari Kopertais Wilayah X Jawa Tengah. Kemudian pada tahun 2013, UPPS menjadi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan sesuai dengan SK menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 149/E/O/2013 di bawah naungan Yayasan YAPTINU Jepara (yang semula bernama yayasan INISNU Jepara). Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara, bersama dua institusi yang lain, yaitu STIENU dan STTDNU pada tahun 2013, bergabung menjadi satu dan berubah nama menjadi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 149/E/O/2013.

Sejak berdirinya sampai tahun 2013 FTIK hanya memilki satu program studi yaitu PS Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada tahun 2013 menambah satu prodi baru yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) dibuka pada tahun 2013 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 149/E/O/2013.  Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD) didirikan pada tahun 2016 berdasarkan SK Menristek Nomor 247?KPT/I/2016 tanggal 26 Agustus 2016.dan pada tahun yang sama dibuka Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) berdasarkan SK Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 470/KPT/I/2016.

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dalam bidang pendidikan dan ilmu keguruan, yang menghasilkan sarjana yang unggul, cendekia, berakhlakul karimah dan berkepribadian ahlussunnah wal jama'ah pada tahun 2028.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dalam bidang pendidikan dan keguruan yang berkualitas guna mengembangkan sumber daya manusia yang unggul, cendekia, berakhlakul karimah dan berkepribadian ahlussunnah wal jama'ah.
  2. Melaksanakan peneltian dalam bidang pendidikan dan mepublikasikan hasil penelitian melalui media bertaraf nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam rangka membangun masyarakat yang terdidik, inovatif dan kreatif, berbudaya islami dan berkepribadian ahlussunnah wal jamaah.
  4. Memperluas jaringan kerjasama bidang pendidikan dan keguruan secara kontinyu dan selektif untuk mempercepat dan menjamin tercapainya tujuan Fakultas.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana pendidikan yang unggul, cendekia, berakhlakul karimah dan berkepribadian ahlussunnah wal jama'ah
  2. Menghasilkan produk penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu
  3. Mewujudkan masyarakat yang terdidik, berbudaya islami, inovatif dan kreatif melalui pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan.
  4. Menjalin kerjasama bidang pendidikan dan keguruan dengan berbagai pihak yang saling menguntungkan.


Pejabat Struktural


JabatanNama
Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masa jabatan 2021—2025
Drs. Abdul Rozaq, M.Ag.
Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni/Bidang I Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masa jabatan 2021—2025
Husni Mubarok, S.Pd.I., M.Pd.
Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya/Bidang II Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masa jabatan 2021—2025
H. Mufid, S.Ag., M.Ag.
Wakil Dekan Bidang Humas, Kerja Sama dan Promosi/Bidang III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masa jabatan 2021—2025
Nina Sofiana, S.Pd., M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Alex Yusron Al Mufti, S.Ag., M.S.I.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Hayu Dian Yulistianti, S.Pd., M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Erna Zumrotun, S.Pd., M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Muhammad Nofan Zulfahmi, S.Pd., M.Pd.
Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan masa jabatan 2021—2025
Azaz Riyadi, S.Kom.I.