Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Fakultas Sains dan Teknologi


Program Studi

Fakultas

Fakultas Sains dan Teknologi

  • Profile
  • Pejabat Struktural

Profile Singkat

Berdirinya Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu Jepara dari Akademi Teknologi Industri Kayu (ATIKA) yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Kota Ukir Jepara dengan ijin operasional dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dengan SK Nomor : 14/D/O/1993 dengan tiga Program Studi : Desain Kayu (D3), Manajemen Industri Kayu (D3) dan Teknik Mesin (D3).

Pada tahun 1998 ATIKA dihibahkan oleh Yayasan Pendidikan Kota Ukir Jepara kepada Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (YAPTINU) Jepara. Pada tahun 2004 Akademi Teknologi Industri Kayu (ATIKA) Jepara berubah bentuk menjadi Sekolah Tinggi Teknologi dan Desain Nahdlatul Ulama (STTDNU) Jepara dengan ijin oprasional dari Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) dengan SK Nomor : 193/D/O/2004 dengan menambah dua program studi baru  yaitu Desain Produk (S1) dan Tehnik Industri (S1).

Pada tahun 2013 berdirilah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara yang merupakan penggabungan dari tiga perguruan tinggi yaitu INISNU, STIENU, dan STTDNU Jepara. Dari Sekolah Tinggi Teknologi dan Desain Nahdlatul Ulama berubah menjadi Fakultas Sains dan Tehnologi UNISNU Jepara dengan membuka 8 program studi, yaitu Desain Produk (S1), Teknik Industri (S1) , Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Desain Komunikasi Visual (S1), Teknik Sipil (S1), Teknik Elektro (S1), dan Budidaya Perairan (S1).


Visi

Menjadi Fakultas Sains dan Teknologi Unggul dalam mengembangkan IPTEK, Seni dan Budaya serta Sumber Daya Manusia Cendikia, Berakhlakul Karimah dan Berkepribadian Ahlusuunah wal Jama'ah pada tahun 2029.


Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam bidang Sains     dan     Teknologi, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki  keunggulan kompetitif, beretika dan bermoral (akhlaqul karimah).
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama melalui kegiatan penelitian yang bermutu, publikasi ilmiah serta kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan, kerekayasaan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk memecahkan persoalan masyarakat sebagai upaya penetapan dan pengembangan ilmu pengetahuan sains dan teknologi.
  4. Melakukan evaluasi secara teratur untuk meningkatkan kualitas, profesionalisme, kapabilitas, akutabilitas dan tata kelola serta kemandirian dalam penyelenggaraan institusi.


Tujuan

  1. Menghasilkan mahasiswa yang memiliki kopetensi yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, berdaya saing tinggi, mampu bekerja sama, profesional dan berahlakul karimah;
  2. Menghasilkan penelitian dengan pendekatan yang memadukan kearifan lokal dan global yang berkontribusi positif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan dapat diterapkan dalam bentuk pengabdian pada masyarakat;
  3. Menghasilkan jalinan kerjasama yang sinergis antara perguruan tinggi, industri, masyarakat, pemerintahan dan pihak-pihak lainnya dalam rangka pembangunan bangsa yang unggul;
  4. Meningkatkan kompetensi SDM yang berkualitas, mampu melayani dan menjalankan tugasnya dengan baik


Pejabat Struktural

JabatanNama
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi masa jabatan 2021—2025
Dias Prihatmoko, S.T., M.Eng.
Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni/Bidang I Fakultas Sains dan Teknologi masa jabatan 2021—2025
Drs. Nurcahyo Kursistiyanto, M.Si.
Pejabat Sementara Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sumber Daya/Bidang II Fakultas Sains dan Teknologi 
Muhammad Choiru Zulfa, S.T., M.T.
Wakil Dekan Bidang Humas, Kerja Sama dan Promosi/Bidang III Fakultas Sains dan Teknologi masa jabatan 2021—2025
Drs. H. Suharto, M.Hum.
Ketua Program Studi Teknik Industri Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Gunawan Mohammad, M.T.
Ketua Program Studi Teknik Elektro Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Zaenal Arifin, S.T., M.T.
Ketua Program Studi Teknik Sipil Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Decky Rochmanto, S.T., M.T.
Ketua Program Studi Teknik Informatika Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Gentur Wahyu Nyipto Wibowo, M.Kom.
Ketua Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Danang Mahendra, S.Kom., M.Kom.
Ketua Program Studi Desain Produk Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Dwi Agus Susila, S.Sn, M.Sn.
Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Kukuh Dwi Wijanarko, S.Sn., M.Sn.
Ketua Program Studi Budidaya Perairan Program Sarjana masa jabatan 2021—2025
Arif Mustofa, S.T., M.Si.
Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Sains dan Teknologi masa jabatan 2021—2025
Prasetyo Nugroho, S.E.