Dua Mahasiswi Unisnu Kembali Raih Prestasi di Dua Ajang Kompetisi

Dua Mahasiswi Unisnu Kembali Raih Prestasi di Dua Ajang Kompetisi

Pagebluk Covid-19 yang tak kunjung usai tidak serta-merta menghambat mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara untuk terus berprestasi. Kali ini angin segar tersebut datang dari dua mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Dua mahasiswi tersebut yakni Nihlatun Niswah yang berhasil meraih medali perak di Kompetisi Sains Indonesia (KSI) POSI 2021 di bidang Fisika (14/2/2021), dan Indah Sari Agustin yang juga meraih medali Perak dalam Olimpiade AKM Literasi Nasional, (14/2/2021).

“Dari dulu memang lebih suka di perhitungan dan angka. Karena di fisika lebih banyak bermain dengan angka dan logika. Seperti suka aja bermain-main dengan angka, seperti ada tantangan tersendiri” Ujar Nihlatun Niswah, mahasiswi asal Desa Mindahan yang mengaku tertarik mengikuti Kompetisi Sains Indonesia setelah melihat pamflet Olimpiade di Media sosial Instagram.

Sistem perlombaan Ajang Kompetisi Sains Indonesia (KSI) POSI 2021 dilaksanakan secara daring, di bidang fisika, jumlah peserta yang berpartisipasi sebanyak 1085 peserta. “Untuk persiapan kali ini kurang lebih sekitar 2 minggu,” Lanjut Niswah yang di bulan Desember 2020 kemarin juga meraih medali emas dalam Olimpiade Sains dan Matematika di bidang Fisika – Astronomi.

Senada dengan Nihlatun Niswah, Indah, mahasiswi PGSD Semester dua ini mengaku tertarik mengikuti Olimpiade AKM Literasi Nasional dari Media sosial dan dari temannya. “Selain karena melihat dari medsos, Saya ikut karena termotivasi dari teman saya yang dapat emas beberapa bulan lalu, dari situ saya coba-coba mengikuti olimpiade. Target awal sebelumnya sih cuma ingin dapat sertifikat, lumayan nambah-nambah sertifikat dan pengalaman juga” Ujar indah yang baru pertama kali ini mengikuti Olimpiade AKM Literasi Nasional.

Lebih lanjut, Indah mengaku tidak ada persiapan khusus dalam mengikuti Olimpiade AKM Literasi Nasional ini. “Jujur tidak ada latihan khusus, dengan modal pengetahuan dan daya ingat dari SMK saja sih, ditambah dengan rasa penasaran dan nothing to lose.” Pungkasnya

Olimpiade AKM Literasi Nasional adalah sebuah event kompetisi yang diselenggarakan oleh Nice by Indonesia dalam rangka menyambut Asesmen Nasional 2021. Dengan masih adanya pandemi yang melanda dunia, berbagai macam kompetisi nasional maupun internasional kini beradaptasi dan diselenggarakan secara daring, hal ini menjadi celah dan kesempatan bagi mahasiswa untuk tetap unjuk gigi dan meraih prestasi.