DPL dan Ratusan Mahasiswa UNISNU Siap Diterjunkan KKN di Tahun 2020

DPL dan Ratusan Mahasiswa UNISNU Siap Diterjunkan KKN di Tahun 2020

Jepara - Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan ratusan mahasiswa UNISNU mengikuti pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) reguler dan alternatif untuk periode pertama pada tahun 2020 nanti. Kegiatan yang diawali pada Senin (16/12/2019) ini dibuka langsung oleh Rektor UNISNU Dr. H. Sa'dullah Assaidi, M.Ag. dan Ketua LPPM Purwo Adi N.

Mereka dibekali dengan materi-materi persiapan KKN dengan mengusung tema "Pengembangan Inovasi Desa Berbasis Pendidikan, Ekonomi dan Teknologi". Bertugas sebagi ketua Panitia Pelaksana Kuliah Kerja Nyata (PPKKN), Hudi, S.H.I menyatakan kesiapan peserta untuk KKN tahun 2020 sudah terkonsep dengan baik.

KKN periode pertama ini, direncanakan akan menyasar beberapa desa di 2 Kabupaten diantaranya Jepara dan Kudus. Adapun jumlah desa yang ditempati ada kurang lebih 24 lokasi, tersebar di Kecamatan Welahan dan Kembang untuk wilayah Jepara. Sedangkan di wilayah Kudus, menempati Kecamatan Kaliwungu dan Jati.

Tahap pembekalan peserta KKN juga telah dikonsep dalam 2 metode, pertama dalam materi klasikal berkaitan dengan wawasan dan kebijakan KKN, tata tertib dan pelaksanaan KKN, strategi pelaksanaan KKN, evaluasi, program kerja yang disampaikan oleh PPKKN. Sedangkan untuk melengkapi informasi mengenai wilayah Desa KKN, akan dilaksanakan Pembekalan Umum oleh Camat dan Ketua MWC NU setempat pada 28-29 Desember 2019.

Rektor UNISNU Dr. H. Sa'dullah Assaidi, M.Ag. dalam sambutannya, berpesan kepada para DPL untuk tulus mengabdi memberikan pembimbingan kepada mahasiswanya di desa. Sesuai dengan tema yang di usung, harapannya ada beberapa program menarik dan inovatif bisa di aplikasikan di masyarakat. Hingga indikator keberhasilan program KKN dapat di ukur sesuai dengan nilai kemanfaatannya dan tepat guna.

Senada dengan apa yang disampaikan oleh Rektor, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Purwo Adi Nugroho mengingatkan, tugas mulia ini harapannya bisa memberikan dampak signifikan dalam program KKN, baik feedback internal maupun eksternal. Karena index perkembangannya menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun, apalagi kita sudah menjajal keluar wilayah Jepara sejak beberapa tahun ini.

" Totalnya ada sekitar 507 Mahasiswa yang siap diterjunkan di KKN, baik itu yang program reguler dan alternatif semuanya akan ikut penerjunan mulai 21 Januari 2020 nanti " terang Ketua KKN Hudi. Sebelumnya juga mereka akan mengikuti program Bhakti Desa yang akan dilaksanakan pada 12 Januari 2020 bertempat di Desa Tahunan, mengingat lingkungan kampus berada di wilayah tersebut.