Dosen Unisnu Kenalkan Rancang Bangun Alat Kontrol Suhu Dan Kelembaban Kandang Ayam Otomatis

Dosen Unisnu Kenalkan Rancang Bangun Alat Kontrol Suhu Dan Kelembaban Kandang Ayam Otomatis

Dosen Unisnu Fakultas Sains dan Teknologi Unisnu Jepara melaksanakan program pengabdian masyarakat sebagai bagian dari kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bertempat di Desa Bumiharjo Keling Jepara, dua dosen Unisnu dari Prodi Teknik Elektro dan Prodi Teknik Industri M. Sagaf ST, MT. dan Budi Lofian, SE, MM, serta dibantu oleh 2 orang mahasiswa melakukan pelatihan rancang bangun alat kontrol suhu dan kelembaban kandang ayam otomatis. Kegiatan ini diikuti oleh kelompok usaha budidaya ayam broiler Bumiharjo Broiler.

"Dosen mempunyai kewajiban melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian, seperti kegiatan kita saat ini, pengabdian yang membantu kelompok usaha ayam broiler dalam meningkatkan hasil produksinya untuk memenuhi permintaan pasar”. Ujar M. Sagaf ST, MT, ketua tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat. Lebih lanjut, M Sagaf juga mengemukakan bahwa Kelompok usaha Bumiharjo Broiler ini mempunyai fasilitas 1 buah kandang untuk budidaya dengan kapasitas 2000 ekor ayam broiler, namun hasil panen masih belum dapat maksimal. Atas dasar itulah kemudian dosen Unisnu melakukan program pendampingan. 

Kelompok usaha budidaya ayam broiler Bumiharjo Broiler merupakan salah satu diantara beberapa kelompok usaha budidaya ayam broiler di kabupaten Jepara. Kelompok usaha ini diketuai oleh bapak M Khoirul Anam dan berlokasi di desa Bumiharjo kecamatan Keling kabupaten Jepara.

Program pendampingan berlangsung dari bulan Juli hingga Agustus. Tim pelaksana pengabdian masyarakat memberikan bantuan pendampingan dan pembuatan alat kontrol suhu dan kelembaban kandang otomatis menggunakan pemanas gas elpiji untuk masa brooding dan menggunakan blower dan mist sprayer untuk masa setelah brooding. Dengan adanya alat kontrol ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam bisnis ayam broiler, terutama masalah pengaturan suhu dan kelembaban kandang ayam.